Sukses

Kedai Kopi Kuno dengan Tema Video Gim Retro, Pengunjung Bisa Main Sepuasnya Gratis

Minum kopi sambil bermain permainan lawas tahun 90-an sepertinya adalah kegiatan yang menyenangkan, apalagi jika ditemani oleh orang terkasih saat masa liburan akhir tahun yang di depan mata. Jika tertarik dengan hiburan tersebut, Anda bisa mengunjungi Kedai Kopi Kuno.

Liputan6.com, Jakarta - Minum kopi sambil bermain gim lawas tahun 90-an sepertinya adalah kegiatan yang menyenangkan, apalagi jika ditemani oleh orang terkasih saat masa liburan akhir tahun yang sudah di depan mata. Jika tertarik dengan hiburan tersebut, Anda bisa mengunjungi Kedai Kopi Kuno.

Kafe yang berada di daerah Grogol, Jakarta Barat ini memiliki tema Video Game Retro khas 90-an. Bukan hanya sebagai hiasan, pengunjung juga dapat bermain berbagai permainan lawas yang akan memberikan sensasi seperti mengunjungi masa tersebut lewat permainan yang dimainkan.

"Koleksi (gim) yang paling menarik yang bisa jadi daya tarik di Kedai Kopi Kuno ini, terutama ada Arcade Game atau kita lebih mengenal dengan ding dong. Sampai kita jadikan logo kedai kami ada ding dongnya," ungkap Agung HB, Pemilik Kedai Kopi Kuno, kepada Liputan6.com, melalui sambungan telepon, Senin, 27 November 2023.

Selain ding dong, kafe ini menyediakan berbagai permainan yang bisa dimainkan oleh para pengunjung, seperti Xbox 360, Nintendo, dan PS1. Pengunjung tidak dipungut biaya jika ingin memainkan permainan tersebut, jelas Agung.

Pada satu tahun awal pembukaan, pengunjung yang ingin bermain permainan ding dong akan dikenakan biaya dua ribu rupiah untuk satu kali main. Namun, ternyata yang banyak datang ke kedai tersebut adalah kalangan Gen Z yang lahir di atas tahun 2000. 

Berbeda dengan generasi yang lahir di atas tahun 90-an, mereka cenderung sayang apabila menukarkan uang dengan permainan. Oleh karena itu, tahun berikutnya permainan tersebut menjadi gratis untuk para pengunjung.

"Mereka sayang untuk menukarkan uang dua ribu rupiah itu, jadi cuma pegang-pegang aja tapi tidak main, mereka kurang tertarik apalagi ditambah biaya gitu kan," ungkap Agung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Interior Unik Bertema Retro Game Tahun 90an

Dari segi interior, kebanyakan koleksi dari kedai ini adalah berbagai permainan lawas di bawah tahun 2000 yang menghiasi kedai seperti Casio Game Watch (gimbot) dari berbagai jenis; Playstation 1,2,3, dan 4; Nintendo dari seri awal sampai seri terakhir; dan SEGA. Namun, kedai kopi ini juga memiliki koleksi selain permainan seperti kamera, majalah, dan komik lawas.

"Sebelum saya buka kedai kopi ini, saya memang sudah hobi koleksi barang-barang lawas, terutama lebih di segmen permainan atau game retro itu. Seiring berjalannya waktu kita merambat hampir ke semua barang vintage," jelas Agung.

Agung mengungkapkan bahwa yang menjadi pemantik dalam membuka kedai tersebut adalah karena koleksi yang dimilikinya dirasa cocok dengan usaha kedai kopi. Oleh karena itu, ia membuka usaha tersebut.

Inspirasi dari konsep kedai kopinya datang dari dirinya yang memang menyukai dekorasi. "Untuk dekorasi, segala macam itu murni emang kita sendiri sih yang punya ide, kayak menaruh jalanan atau trek tamiya di tembok itu kita tidak ada inspirasi, sampai akhirnya sekarang banyak yang ikuti," jelas Agung.

Untuk permainan lawas seperti ding dong dan Playstation ia menjelaskan bahwa inspirasinya datang dari kedai kopi di Jepang yang memiliki ding dong di kedai kopi. Dalam mendapatkan koleksinya, Agung menjelaskan jika berasal dari luar negeri ia menggunakan aplikasi Ebay. Selain itu, ia melakukan hunting melalui komunitas Facebook dan juga membelinya dari toko barang bekas.

3 dari 4 halaman

Studio Foto

Jika tertarik untuk mengabadikan momen dengan interior unik yang dimiliki oleh kedai tersebut, para pengunjung bisa menyewa studio foto di dalam Kedai Kopi Kuno. Biaya untuk menyewa studio foto tersebut adalah Rp500 ribu per 2 jam dengan kapasitas yang muat hingga 37 orang.

Agung menyebutkan bahwa saat ada yang menyewa studio foto, maka kedai akan ditutup untuk sementara waktu. "Seandainya ada pembeli, kita hanya menyediakan makanan untuk dibawa pulang selama lagi ada yang sewa studio," jelasnya.

Lebih lanjut ia juga mengungkapkan bahwa studio foto tersebut berada di bagian dalam kedai, namun pengunjung yang menyewa juga dipersilahkan jika ingin menggunakan bagian luar kedai tersebut.

Untuk menu makanan, kedai ini menyediakan menu warung kopi pada umumnya seperti berbagai mie instan, kentang, sosis, dan roti bakar. Menu makanan jadul yang disediakan di kedai ini ada mie sakura dan telur gulung. Menu makanan tersebut berkisar di antara Rp10.000–Rp25.000.

Kedai kopi ini menghadirkan minuman dengan empat kategori yaitu kopi, mocktail, teh, dan minuman berbasis susu dengan harga mulai dari Rp18.000–Rp25.000. Menu rekomendasi yang menjadi favorit pengunjung dari kedai tersebut adalah kopi gula aren dan kopi baileys non alkohol.

4 dari 4 halaman

Lokasi dan Jam Operasional

Lebih lanjut, untuk menjaga kualitas pelayanan, kedai kopi tersebut selalu memantau rating pada ulasan di Google dan memperbaiki layanan jika ada keluhan yang masuk. Mereka juga bersikap ramah kepada pengunjung yang datang agar merasa betah saat berkunjung ke kedai tersebut.

Kedai kopi ini memiliki kapasitas pengunjung pada area dalam ruangan dan luar ruangan sebanyak 30 orang. Kedai Kopi Kuno ini berlokasi di Jalan Latumenten VI Gg. 2 No.9, RT.9/RW.5, Jelambar, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11460.

Kafe tersebut buka setiap harinya mulai dari pukul 16.45 sampai 03.00. Namun, jika sudah tidak ada pengunjung yang datang, kedai akan tutup pada pukul 01.00.

Untuk penyewaan studio foto, buka mulai pukul 11.00 sampai 18.00. Para pengunjung yang ingin berfoto di studio tersebut diharuskan melakukan pemesanan maksimal satu hari sebelumnya karena studio harus disiapkan terlebih dahulu. Informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi akun Instagram kedai kopi kuno yaitu @Kedaikopikuno.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.