Sukses

4 Sambal Lezat nan Unik di Indonesia, Mana yang Jadi Kesukaan Kamu?

Bagi masyarakat Indonesia, sambal merupakan salah satu cocolan pendamping lauk yang wajib ada.

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat Indonesia, sambal merupakan salah satu cocolan pendamping lauk yang wajib ada. Rasanya yang gurih, lezat, dan pedas memberikan efek ketagihan untuk terus menyantap sebuah makanan. 

Karena kebiasaan masyarakat Indonesia yang tak bisa lepas dari sambal, hingga saat ini sudah banyak sekali olahan sambal-sambal khas dan unik yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air.

Rasanya yang beragam tentu akan memberikan kesan tersendiri saat memakannya. Hal tersebut membuat sambal-sambal khas dan unik ini wajib untuk kamu coba. Nah, berikut ini deretan sambal terunik yang ada di Indonesia dan wajib kamu tahu, check it out!

1. Sambal Terasi

Siapa yang tak tahu sambal terasi? Yup, olahan sambal terasi ini memang salah satu samal khas masyarakat sunda dan menjadi salah satu sambal yang paling terkenal di Indonesia. Alasannya karena, sambal ini menggunakan bahan utama terasi lalu diulek dengan cabai, tomat, gara, dan bawang merah. 

Rasanya yang sangat khas dan unik ini membuat sambal terasi jadi cocolan favorit masyarakat Indonesia. Biasanya, sambal terasi dihidangkan dengan lalapan dan sayur asem.

2. Sambal Ganja

Selanjutnya ada sambal khas dari Aceh nih, walaupun namanya sambal ganja, tetapi sambal ini tak terbuat dari ganja, lho. Sambal ini dibuat dari belimbing wuluh, udang kukus dan campuran rempah-rempah lainnya yang khas seperti seperti cabai merah dan rawit, bawang merah, batang serai dan daun jeruk. Nama lain dari sambal ganja adalah asem udeung.

3. Sambal Colo-Colo

Sambal colo-colo adalah sambal yang populer di Sulawesi dan Maluku. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal colo-colo mulai dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat.

Sambal ini memiliki rasa yang segar, pedas dan manis yang bisa membuat lidah penikmatnya bergoyang, biasanya sambal ini dijadikan pendamping saat memakan ikan bakar dan goreng.

4. Sambal Cencalok

Yang terakhir ini ada sambal cencalok yang berasal dari Riau, sambal ini sangat populer di daerah tersebut karena olahannya yang unik dan menarik untuk di santap. Alasannya, di sambal cencalok ini terdapat udang yang difermentasi dipadukan dengan rasa gurih dan pedas yang nikmat. 

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal cencalok ini sangat mudah dijumpai, seperti cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, serai, daun salam, cencalok atau udang fermentasi, garam dan gula pasir.

Nah itulah sederet olahan sambal-sambal terunik dan khas dari berbagai daerah di Indonesia. So, mana yang menjadi favorit kamu?

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.