Sukses

Pria Inggris Lemparkan Tikus Berwarna Bendera Palestina ke Restoran McDonald's Birmingham

Pria dengan kepala yang ditutupi bendera Palestina itu membuka bagasi mobilnya, yang terpampang pelat nomor "PAIISTN". Dia mengeluarkan kotak berisi tikus tersebut dan membawanya masuk ke pintu restoran McDonald's di Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang warga Inggris yang diyakini aktivis pro-Palestina punya cara unik untuk menunjukkan kemarahannya pada Israel dan sekutunya. Ia membagikan video dirinya menyerbu sebuah restoran McDonald's di Birmingham, Inggris dengan puluhan tikus hidup yang sudah ia semprotkan dengan warna bendera Palestina.

Video ini ramai setelah diunggah di akun TikTok @amirroyal_1 dan kemudian dibagikan ulang akun @samaaden2020 pada 3 November 2023. Video diawali dengan gambar tiga peti plastik, masing-masing berisi tikus yang dicat merah, hijau, dan satu lagi berwarna hitam.

Pada gambar berikutnya, pria tersebut memperlihatkan dua pelat nomor bertuliskan "PAIISTN" yang berarti "Bebaskan Palestina" sebelum mencampur semua tikus tersebut dalam satu kotak besar. Pria dengan kepala yang ditutupi bendera Palestina itu kemudian terlihat membuka bagasi mobilnya dan mengeluarkan kotak berisi tikus tersebut.

Dia langsung membuang tikus-tikus tersebut keluar dari kotaknya sesaat tiba di pintu masuk restoran. Para pengunjung yang berada di sana pun sontak kaget dan terdengar berteriak. Pria dengan hoodie berwarna hitam itu pum kemudian berteriak, "Bebaskan saja Palestina!” dan “Boikot Israel! Sial Israel!” saat dia berlari kembali ke mobilnya.

Video tersebut diakhiri dengan gambar yang ditumpangkan di atas rekaman yang menyerukan boikot terhadap McDonald's, Starbucks, dan Disney atas dugaan dukungan mereka terhadap Israel. Dikutip Ynetnews, Rabu, 8 November 2023, juru bicara resto cepat saji tersebut mengkonfirmasi kejadian dan mengatakan bahwa hewan pengerat itu telah dikeluarkan dari restoran, yang kemudian dibersihkan sepenuhnya.

Polisi Inggris menyelidiki insiden tersebut. Insiden ini terjadi setelah gerai McDonald's di Israel mengumumkan bahwa mereka akan menyumbangkan makanan gratis untuk pasukan militer Israel selama perang melawan Hamas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan Gratis untuk Pasukan Israel

"McDonald's menyediakan makanan gratis untuk IDF, (pasukan militer Israel). Kita harus berpegang pada prinsip-prinsip kita dan mengambil tindakan yang sejalan dengan keyakinan kita. Mari kita boikot McDonalds karena mendukung perusahaan yang terlibat dalam konflik adalah hal yang salah, terutama jika menyangkut hilangnya nyawa orang yang tidak bersalah," kritik salah satu pengguna Twitter terkait aksi waralaba milik Israel itu, seperti dikutip dari News Week, Minggu, 15 Oktober 2023.

Poster kritik tersebut juga berbunyi: "Mari kita tingkatkan kesadaran dan dorong akuntabilitas dari merek-merek ini. Ingat, suara dan tindakan setiap individu dapat membuat perbedaan dalam membentuk dunia yang lebih adil."

McDonald's kembali menambahkan makanan selebritas dengan waktu terbatas selama beberapa tahun terakhir. Artis yang telah bekerja sama termasuk Saweetie, BTS, J Balvin, Travis Scott, Cardi B, dan Offset, yang pesanannya ditambahkan sebagai makanan dengan kemasan khusus.

Mengutip dari laman Koreanboo, Rabu, 8 November 2023, kolaborasi terbaru antara NewJeans bermitra dengan McDonald's telah berlangsung sejak Juni 2023. Girl group tersebut mengampanyekan khusus di 10 wilayah berbeda di Asia untuk mempromosikan sandwich ayam dan McNuggets dari jaringan makanan cepat saji tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Kolaborasi NewJeans dengan McDonald's Diprotes

Promosi itu termasuk kemasan edisi terbatas khusus dan bahkan merchandise, seperti stiker atau photocard para anggota. Beberapa lokasi juga memiliki grafis dan standee NewJeans. Kemitraan ini berlanjut beberapa bulan kemudian ketika McDonald's Singapura meluncurkan kolaborasi NewJeans, mempromosikan item menu baru, termasuk ayam manis dan pedas Korea dan frappé sea salt dark chocolate.

Banyak fans yang sangat antusias dengan kolaborasi ini, bahkan berharap kolaborasi ini akan go international. Namun, kini banyak warganet kini mendesak boikot terhadap McDonald's.

Semakin banyak orang yang akhirnya sadar akan konflik yang terjadi di Jalur Gaza, menyuarakan kecaman mereka terhadap isu hak asasi manusia. Apalagi, korban yang berjatuhan atas serangan Israel juga termasuk anak-anak.

Pihak McDonald's tidak menunjukkan dukungan kepada masyarakat yang menderita di Gaza. Sebaliknya, pelanggan bahkan melihat kemasan sandwich berwarna biru dan putih, seperti bendera Israel yang menunjukkan di mana dukungan perusahaan berada.

4 dari 4 halaman

Tak Hanya McDonald's yang Diboikot

Akibatnya, masyarakat di seluruh dunia, terutama di negara-negara seperti Amerika Serikat dan Malaysia, mendesak boikot terhadap McDonald's. Jadi, mereka menyarankan masyarakat untuk menghindari godaan kolaborasi terbaru NewJeans.

Tak hanya McDonald’s, jaringan makanan cepat saji global lainnya seperti Domino's Pizza dan Burger King juga tak lepas dari aksi boikot. Beberapa di antaranya memboikot Starbucks setelah perusahaan tersebut menggugat serikat pekerjanya pada Oktober 2023 atas akun media sosial serikat pekerja yang mengunggah dukungan untuk warga Palestina.

Demonstrasi yang diselenggarakan oleh kelompok lokal yang berafiliasi dengan BDS sedang terjadi di seluruh dunia. Secara sederhana, Boycott, Divestment and Sanctions (BDS) Movement adalah gerakan protes non-kekerasan global.

Gerakan ini berusaha menggunakan boikot ekonomi dan budaya terhadap Israel, divestasi keuangan dari negara, dan sanksi pemerintah untuk menekan pemerintah Israel supaya mematuhi hukum internasional dan mengakhiri kebijakan kontroversialnya terhadap Palestina. Kebijakan yang sekarang digambarkan oleh beberapa pakar hak asasi manusia dan pakar hukum sebagai apartheid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini