Sukses

Tiba di Indonesia Meriahkan Piala Dunia U-17, Mantan Pemain Timnas Belgia Radja Nainggolan Langsung Beli Batik

Mantan pesepak bola tim nasional Belgia, Radja Nainggolan datang ke Indonesia untuk memeriahkan gelaran Piala Dunia U-17 2023. Ia langsung membeli batik di Sarinah, Jakarta, begitu tiba di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan pesepak bola tim nasional Belgia, Radja Nainggolan datang ke Indonesia untuk memeriahkan gelaran Piala Dunia U-17 2023. Ia langsung menyempatkan diri membeli batik di Sarinah, Jakarta.

Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram Erick Thohir. Ketua Umum PSSI sekaligus Menteri BUMN ini menyebut Radja Nainggolan langsung pergi ke Sarinah Thamrin setibanya ia di Indonesia.

"Selamat datang di Indonesia, Radja Nainggolan!" Sampai di Indonesia, Radja Nainggolan langsung jalan-jalan ke Sarinah untuk lihat produk asli Indonesia sekalian beli batik," tulis Erick dalam keterangan unggahannya pada Selasa, 7 November 2023.

Pria berambut tipis ini terlihat mengenakan kaus putih dan celana panjang cokelat muda saat melihat-lihat beberapa kemeja batik. Ia kemudian mencoba dan merasa cocok dengan sebuah kemeja batik lengan pendek berwarna hitam.

Kehadiran Radja di Indonesia adalah untuk ikut memeriahkan gelaran Piala Dunia U-17 2023 yang akan berlangsung di empat kota di Indonesia. Meski lahir dan tinggal dari Belgia, dari namanya kita sudah bisa mengetahui kalau berdarah Indonesia. Ibunya, Lizy Bogaerts berasal dari Belgia dan ayahnya Marianus Nainggolan berasal dari Batak, Indonesia.

Selain pernah memperkuat timnas Belgia, Radja pernah bermain di sejumlah klub ternama Eropa seperti Antwerp, Calgliari, AS Roma dan Inter Milan. Pemain berusia 35 tahun ini sudah pensiun memperkuat timnas Belgia tapi masih bermain di klub Italia, SPAL.

Selama di Indonesia, Radja bersama pesepak bola wanita Indonesia berdarah Jerman, Sabrina Dressler akan mempromosikan Piala Dunia U-17 2023 yang akan dimulai pada Jumat, 10 November 2023. "Ini sebuah kebanggaan buat kita semua. Kita bisa menghadirkan para legenda kita dan tentu tidak lain kehadiran mereka ini untuk membantu promosi Piala Dunia U-17," kata Erick pada konferensi pers yang berlangsung di Jakarta, Rabu, 8 November 2023, dikutip dari Antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Radja Nainggolan Duta PIala Dunia U-17

"Yang terpenting juga memberi inspirasi kepada anak-anak muda Indonesia bahwa kita ada kalau kita mau. Jadi saya berharap nanti para figur yang hadir ini, baik Radja, baik Sabrina, bisa terus membagikan bagaimana perjalanan hidup mereka untuk menjadi yang terbaik," tambahnya.

Erick menceritakan bahwa PSSI sempat terpikir untuk menggunakan tokoh publik di luar dunia sepak bola, tapi kemudian diputuskan untuk menggunakan jasa Radja dan Sabrina. "Dari diskusi waktu itu kami, panitia lokal, akhirnya memutuskan bahwa kembali ke akar. Lalu kita juga mencari alternatif pasti maunya sepasang, kalau tidak laki lagi, laki lagi," ujar Erick.

"Nah itu kita cari ada perempuan ada laki dan kita lihat juga figurnya cocok makanya kita coba mengontak Radja dan Sabrina. Kebetulan slotnya bisa ketemu," tambahnya. Radja mengaku gembira dapat kembali mengunjungi Indonesia dan dapat berkontribusi di ajang sekelas Piala Dunia U-17.

"Saya senang dan antusias untuk menjadi duta bagi Piala Dunia U-17 2023. Merupakan suatu kegembiraan untuk kembali ke akar saya dan saya berharap Indonesia akan mendapatkan hasil yang baik," ucapnya. Radja mengatakan belum mengenal timnas Indonesia yang diturunkan pada ajang dwi tahunan itu, namun menginginkan mereka dapat memperlihatkan permainan terbaiknya.

3 dari 4 halaman

Harapan Radja Nainggolan

"Untuk saya, yang terpenting adalah memberikan yang terbaik dan hasilnya tidak terlalu penting karena kemampuan Indonesia masih di bawah rata-rata. Namun, untuk masyarakat, untuk organisasi (PSSI), bisa bermain di Piala Dunia U-17 di Indonesia ini adalah sesuatu yang bisa dibanggakan," kata Radja.

"Mungkin, bakal ada keajaiban dalam sepak bola. Mereka bisa mendapatkan hasil yang bagus, tetapi tergantung seberapa kuat mereka mengejar itu," tambahnya.

Pada Piala Dunia U-17, timnas Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko. Semua pertandingan Grup A akan dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, kecuali pertandingan terakhir antara Ekuador melawan Panama yang akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo.

Piala Dunia U-17 2023 diadakan di empat kota yaitu Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya pada 10 November sampai 2 Desember 2023. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Vinsensius Jemadu mengatakan pihaknya optimistis event besar tersebut bisa meningkatkan jumlah wisatawan, terutama wisnus. Jumlah pergerakan wisnus di tahun ini diakuinya masih jauh dari target meski kini sudah memasuki bulan November.

4 dari 4 halaman

Jumlah Penonton Piala Dunia U-17 2023

Jika dilihat secara agregat, periode dari Januari sampai September 2023, perjalanan wisnus meningkat sebesar 12,81 persen dibanding tahun lalu atau dengan total 626,009 juta perjalanan. "Jadi, kita tinggal menambah beberapa ratus juta lagi untuk mencapai 1 miliar (pergerakan)," jelas pria yang biasa disapa Vije ini di The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin, 6 November 2023.

Vije menambahkan, Piala Dunia U-17 2023 bakal menampilkan 52 pertandingan selama hampir satu bulan. Jumlah penonton tiap pertandingan diprediksi minimal 10 ribu penonton, bahkan bisa jauh lebih banyak karena itu baru perikiraan awal dan minimal.

"Kalau 10 ribu penonton saja tiap pertandingan, jadi 52 pertandingan bisa mencapai 520 ribu penonton dan kemungkinan besar bisa lebih apalagi kalau pas timnas kita main atau laga semifinal dan final. Mereka juga bukan hanya menonton pertandingan, tapi ada juga yang jalan-jalan ke tempat wisata," terang Vinsensius.

"Piala Dunia U-17 juga berpotensi banyak wisman, begitu juga dengan konser Coldplay. Kemungkinan banyak yang menginap di Jakarta dan pergi ke tempat-tempat wisata atau belanja, harapannya tentu mereka akan tinggal lebih lama dan banyak belanja," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini