Sukses

5 Langkah Nikmati Layanan RE.UNIQLO Studio, Olah Pakaian Lama dan Rusak supaya Tidak Jadi Limbah Tekstil

RE.UNIQLO Studio di gerai La Piazza Kelapa Gading, Jakarta Utara merupakan yang ke-7 di Asia dan pertama di Indonesia. Apa saja layanan remake yang ditawarkan?

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan ritel global asal Jepang, UNIQLO, meresmikan RE.UNIQLO Studio pertama di Indonesia. Layanan yang bermaksud "memberi kehidupan baru pada pakaian," sebut Corporate Affairs Director PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO) Irma Yunita, diperkenalkan berbarengan dengan pembukaan toko ke-67 mereka di La Piazza Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang secara resmi akan mulai beroperasi pada Jumat, 10 November 2023.

"Ini merupakan toko terakhir yang kami resmikan tahun ini," sebut Corporate PR and Sustainability Manager UNIQLO Indonesia, Yulia Rahcmawati, saat ditemui di bilangan Jakarta Utara, Rabu, 8 November 2023. "Kami sangat bersemangat dalam memberi pengalaman belanja yang jauh lebih spesial."

RE.UNIQLO Studio merupakan layanan perbaikan baju, remake dengan salah satunya melalui embroidery, dan donasi pakaian layak pakai melalui Recycle Box sebagai inisiasi untuk menekan jumlah limbah tekstil. Secara global, layanan ini telah tersedia di 35 toko UNIQLO di 16 negara.

Di Asia, RE.UNIQLO Studio mulai diresmikan tahun lalu. Total ada tujuh lokasi: Jepang, Tiongkok, Malaysia, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Indonesia. Khusus layanan perbaikan baju dan remake, pihaknya menerapkan lima langkah pemanfaatan:

  1. Konsultasikan kebutuhan Anda dengan staf di sana.
  2. Isi formulir pemesanan sesuai jenis layanan yang Anda setujui.
  3. Lakukan pembayaran sesuai jenis layanan yang Anda setujui.
  4. Pesanan diproses setelah pembayaran berhasil.
  5. Sertakan struk pembelian saat melakukan pengambilan produk ini.

Layanan repair menyasar kaus, kemeja, cut and sewn, dan celana jeans berwarna biru denim, dibanderol mulai dari Rp25 ribu. Sementara itu, embroidery bisa dilakukan di semua produk, kecuali produk bayi dan anak, pakaian dalam, topi, kaus kaki, sarung tangan, produk kaus berbahan Supirma, AIRism, produk ULD, produk Fleece, dan produk koleksi kolaborasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangan Sampai Jadi Sampah Tidak Terkelola

Embroidery tidak bisa dilakukan di area dekat tulang, dekat jahitan baju, saku, dan kerah. Sebagai catatan, layanan ini hanya berlaku untuk produk UNIQLO yang dibeli di gerai mana pun. Yulia berkata, "Ada 60 desain gambar yang bisa dipilih untuk dibordir."

Pelanggan juga bisa memberi inisial atau nama. "Harganya mulai dari Rp70 ribu, dan banyaknya (embroidery) bisa disesuaikan bujet dan pilihan konsumen," ia menyebut, seraya menambahkan bahwa ada tiga font yang bisa dipilih untuk membutuhkan tulisan.

Proses pembordiran biasanya memakan waktu 15--20 menit, namun waktu tunggu bisa jadi lebih panjang bila permintaan sedang tinggi. "Kami usahakan selesai di hari yang sama (saat antrean mengular), tapi kalau tidak bisa, nanti pelanggan dipersilakan mengambil setelah dihubungi staf kami," papar Irma.

Jadi, mengapa memilih embroidery sebagai layanan ekstra? Ia  menjawab, "(Embroidery) familiar di mana pun. Simpel, tapi semua orang suka." Ia menambahkan bahwa ke depan, pihaknya akan menambah layanan untuk "memperpanjang masa pakaian," yang akhirnya diharapkan berkontribusi pada berkurangnya volume sampah tekstil.

Alih-alih dibuang dan jadi sampah tidak terkelola dan membebani lingkungan, layanan RE.UNIQLO Studio diharapkan mendorong pelanggan mengenakan pakaian mereka secara lebih lama, dan akhirnya "mengurangi limbah pakaian," sebut Yulia.

3 dari 4 halaman

Fasilitas Self Checkout

Elaborasi pengalaman berbelanja menarik lainnya juga hadir melalui fasilitas self checkout guna memudahkan pelanggan untuk membayar dan mengemas barang belanjaan mereka sendiri. UNIQLO La Piazza jadi toko kedua setelah cabang di Pondok Indah Mall 1 yang menyediakan layanan tersebut.

"Nantinya akan ada staf yang berjaga untuk membantu konsumen menggunakan fasilitas self checkout, supaya tidak bingung bagaimana caranya," kata Yulia, menambahkan bahwa fasilitas ini merupakan salah satu trik mengurangi antrean kasir yang bisa saja mengular.

"Walau sebenarnya setiap outlet sudah punya ketentuan tersendiri untuk mengurai antrean di kasir," ia menambahkan. Dengan luas 2018 meter persegi, UNIQLO La Piazza terbagi jadi beberapa seksi, termasuk koleksi atasan seperti kemeja kerja dan kasual, kaus, kaus polo, maupun koleksi UT.

Ada juga kaus hasil kolaborasi, seperti dengan Meitantei Conan, Hokusai : Art of Water, Attack on Titan, dan Jujutsu Kaisen Season 2. Tidak ketinggalan, Anda juga akan menemukan koleksi gaun dan bawahan, koleksi Sport Utility Wear dan Proteksi Sinar UV, koleksi jaket dan sweat untuk luaran, serta travel essential.

4 dari 4 halaman

Jangan Lewatkan Berbagai Promo

Selama periode pembukaan pada 10--16 November 2023, UNIQLO La Piazza menyediakan berbagai promo dan penawaran terbatas, yakni:

  • Exclusive Thermal Tumbler terbatas, yang punya empat warna pilihan, dengan pembelanjaan senilai Rp500 ribu berlaku untuk kelipatan dan selama persediaan masih ada.
  • Pengguna baru aplikasi UNIQLO akan mendapatkan UNIQLO App Welcome Coupon senilai Rp25 ribu.
  • Harga eksklusif mulai dari Rp59 ribu untuk koleksi tertentu hanya di UNIQLO La Piazza, seperti kemeja flannel lengan panjang untuk pria, wanita, dan anak-anak; koleksi rok model celana rapi untuk wanita dan anak-anak; celana pendek rileks stretch; dan koleksi kaus katun kerah bulat lengan pendek untuk anak-anak.
  • Penawaran terbatas untuk beberapa koleksi atasan, koleksi innerwear, serta koleksi busana anak-anak.
  • Setiap pembelian dua buah UNIQLO T-Shirt (UT), pelanggan akan mendapat koin yang dapat ditukarkan dengan satu permainan khas Jepang, Gachapon, dan penawaran ini hanya berlaku tiga hari: 10, 11, dan 12 November 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.