Sukses

Ghibli Park Jepang Ulang Tahun ke-1, Dirayakan dengan Buka Wahana Kampung Mononoke

Sejauh ini, Ghibli Park di Jepang telah membuka empat dari lima wahana yang direncanakan akan diselesaikan pembangunannya pada musim semi 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ghibli Park, taman bermain yang didedikasikan untuk mewujudkan film animasi produksi Studio Ghibli ke dunia nyata, akhirnya berulang tahun ke-1 pada Rabu, 1 November 2023. Merayakan ulang tahun pertama mereka, taman bermain di Jepang itu menambahkan satu wahana baru.

Wahana itu didasarkan pada film Princess Mononoke yang ditayangkan perdana pada 1997. Area Kampung Mononoke terinspirasi dari lanskap kampung di kaki gunung di Jepang. Mereka juga memamerkan patung Demon Spirit raksasa dan seluncuran bertema karakter dewa babi hutan Lord Okkoto.

Di area tersebut, pengunjung juga bisa menikmati pengalaman membuat kue beras tradisional lokal yang dinamakan Gohei-mochi di Tatara-ba, yakni nama pabrik baja di film tersebut. Kampung Mononoke menjadi area keempat dari lima wahana yang direncanakan dibuka di Ghibli Park.

Tiga lainnya yang sudah beroperasi penuh juga terinspirasi dari film populer Studio Ghibli, Spirited Away dan My Neighbor Totoro. Sementara, area terakhir yang disebut Lembah Penyihir didesain terinspirasi film Kiki's Delivery Service dan How'l Moving Castle.

Wahana tersebut direncanakan akan dibuka pada 16 Maret 2024 setelah Ghibli Park ditutup untuk umum pada 13 Februari 2024--15 Maret 2024 untuk perawatan. Pihak taman bermain akan menyelesaikan seluruh pembangunan taman bermain itu pada musim semi 2024.

Mengutip Japan Today, Jumat, 3 November 2023, tiket masuk wahana Kampung Mononoke dijual dalam paket tiket bersama Ghibli's Grand Warehouse. Pengunjung diminta membeli tiket sebelum datang ke lokasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buka Lowongan Pekerjaan

Dengan waktu persiapan hanya sekitar setengah tahun lagi untuk menyelesaikan penyempurnaan taman, mereka harus segera merekrut pekerja baru untuk bekerja di wahana tersebut. Ghibli Park pun telah mengunggah informasi pembukaan lowongan kerja untuk staf operasional dan sales di laman mereka.

Mengutip SoraNews24, Jumat, 13 Oktober 2023, lowongan itu tersedia untuk level pemula, dengan posisi yang tersedia adalah untuk pekerja penuh waktu dan paruh waktu. Pihak taman juga menyebut pelamar tidak perlu sudah berpengalaman.

Mereka nantinya bertanggung jawab untuk memonitor ruang pamer dan benda pamer, melayani pelanggan dan menjadi pemandu, menjual merchandise, dan manajemen inventaris. Selain itu, Ghibli Park mencari staf khusus untuk bekerja di restoran bawa pulang yang baru yang berlokasi di Lembah Penyihir. 

Detail tentang restoran tersebut tidak dicantumkan secara publik, tetapi deskripsi pekerjaannya menyebutkan 'Memasak dan menyiapkan minuman sederhana'. Kedengarannya restoran itu mengulang adegan toko roti Guchokipanya dari "Kiki's Delivery Service", terutama karena dari cuplikan yang disediakan musim panas lalu, gedung toko roti tersebut akan menjadi salah satu tempat yang dapat dikunjungi para penggemar Ghibli di Lembah Penyihir.

3 dari 4 halaman

Tekankan pada Karakter

Seperti halnya posisi staf operasi dan penjualan, lowongan itu terbuka bagi pelamar yang tidak berpengalaman. "Rekan kerja senior Anda akan membimbing dengan penuh perhatian, sehingga Anda dapat merasa aman untuk memasuki lingkungan kerja baru Anda," bunyi deskripsi pekerjaan tersebut.

Lowongan itu juga terbuka bagi pelamar yang sudah lama tak bekerja. Artinya jika Anda sudah keluar dari pekerjaan tetap dalam beberapa tahun terakhir, hal itu tidak akan merugikan Anda.

Tampaknya Ghibli Park lebih menekankan pada karakter pelamar dibandingkan resume profesionalnya. "Kami menantikan masukan dari individu yang bersungguh-sungguh dan tulus serta senang bekerja dengan orang lain," kata pihak taman hiburan, dan detail selengkapnya dapat ditemukan melalui situs web Ghibli Park.

Taman bermain Ghibli Park resmi dibuka untuk publik pada Selasa, 1 November 2022. Figur Totoro yang menyeringai menyambut para pengunjung di area masuk. Pembukaannya turut diumumkan di Twitter Studio Ghibli lewat tulisan 'Selamat!' dan ilustrasi deretan sosok yang menyerupai makhluk roh Totoro dan ditandatangani oleh salah satu pendiri perusahaan, Hayao Miyazaki. 

 

4 dari 4 halaman

Wahana yang Sudah Eksis

Mengutip AFP, Rabu, 2 November 2023, wahana-wahana tersebar di area 7,1 hektare dari total kawasan seluas 194 hektare di Nagakute, Prefektur Aichi, yang bisa ditempuh kurang dari dua jam dari Kyoto dengan kereta api. Tempat ini menampilkan area terbuka yang luas sesuai dengan pentingnya alam dalam film-film Ghibli.

Ghibli Park saat ini baru membuka tiga wahana. Salah satu wahana yang sudah dibuka saat ini adalah "Hill of Youth". Itu adalah pintu gerbang ke taman yang memiliki menara lift yang terinspirasi oleh film Ghibli, "Castle in the Sky". Cat Bus yang empuk, No-Face seukuran aslinya, dan sejumlah bangunan rekreasi dari film-film mereka siap untuk dikunjungi setelah Jepang kembali membuka perbatasannya untuk turis asing pada 11 Oktober 2022. 

Ada pula Hutan Dondoko yang membangkitkan gaya retro dari film klasik My Neighbor Totoro yang dirilis pada 1988. Di dalamya terdapat jalan setapak pedesaan dan sosok Totoro yang sangat besar.

Wahana utama adalah Ghibli's Grand Warehouse, yakni taman dalam ruang berbentuk seperti hanggar dengan berbagai atraksi. Terdapat setidaknya 14 set yang terinspirasi dari 13 film klasik Ghibli. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sepanjang gang yang dirancang agar terlihat seperti adegan pembuka film Spirited Away, atau duduk di kursi kereta berlapis beludru merah di gerbong di sebelah karakter film No-Face.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.