Sukses

Emping Jadi Kosakata Baru di Kamus Bahasa Inggris Tertua di AS Merriam Webster

Emping menjadi salah satu dari 690 kosakata baru yang ditambahkan di kamus bahasa Inggris Merriam Webster.

Liputan6.com, Jakarta - Kosakata baru terus bermunculan seiring semakin banyaknya penduduk dan kompleksnya komunikasi yang tercipta, khususnya di dunia maya. Hal itu pula ditangkap oleh para ahli bahasa dengan menambahkan lebih banyak kata ke dalam kamus sebagai dokumen tercatat. Siapa sangka emping juga masuk dalam daftar kosakata baru.

Para September 2023, para pemikir di Merriam-Webster menambahkan 690 kata dan frasa baru ke dalam kamusnya. Merriam-Webster merupakan kamus bahasa Inggris tertua di Amerika Serikat. George dan Charles Merriam menjadi pendiri perusahaan penerbitan yang menerbitkan buku tersebut di bawah nama G & C Merriam Co. pada 1831 di Springfield, Massachussetts.

"Tanda-tanda bahasa yang sehat antara lain terciptanya kata-kata, dipinjamnya kata-kata dari bahasa lain, dan diberikannya makna baru pada kata-kata yang sudah ada. Berdasarkan penelitian terbaru kami, dengan senang hati kami menginformasikan kepada Anda bahwa bahasa Inggris sangat (sangat!) menyehatkan," demikian bunyi unggahan blog tentang tambahan kosakata baru itu, dikutip dari laman Today, Selasa (17/10/2023).

Sumber kata-kata ini berasal dari mana-mana, seperti kata-kata tidak masuk akal yang pertama kali diciptakan di 'The Simpsons'. Contohnya 'cromulent', sebuah kata sifat informal yang berarti dapat diterima atau memuaskan. Kamus itu juga menghadirkan bagian yang didedikasikan untuk kata-kata terkait makanan. Banyak di antaranya menjadi trending di media sosial selama beberapa waktu.

Emping misalnya. Mereka menjelaskan bahwa emping adalah kata benda yang didefinisikan sebagai 'kerupuk atau keripik agak pahit yang populer di Indonesia yang terbuat dari biji pohon melinjo (Gnetum gnemon) yang dikeringkan dan dipipihkan'.

Selain emping, ada pula nasi jollof. Mereka mendefinisikannya sebagai 'hidangan nasi Afrika Barat yang dimasak dengan saus tomat dan bawang bombay yang biasanya dibumbui dengan bawang putih, thyme, cabai, dan rempah-rempah lainnya dan sering kali disertai dengan daging, ikan, atau sayuran'.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Salah Satu Menu Jamuan Kenegaraan

Emping yang bisa ditemukan jadi menu pelengkap bubur ayam nyatanya tidak hanya dinikmati masyarakat biasa. Makanan itu juga pernah disajikan dalam jamuan kenegaraan yang dihadiri sejumlah pemimpin negara G20 di Bamboo Dome, halaman belakang The Apurva, Kempinski, Nusa Dua Bali, pada Selasa, 15 November 2022.

"Well, enjoy your lunch," kata Jokowi yang mempersilahkan para tamu undangan santap siang itu, dikutip dari kanal Bisnis Liputan6.com.

Sebagai tuan rumah, Indonesia menyajikan menu Nusantara, termasuk berbagai macam menu baik untuk yang vegetarian maupun non-vegetarian. Bagi yang non vegetarian, menu pembuka disajikan selada udang Bangka, cumi bumbu rujak, dan sate pusut Mandalika. Sedangkan, menu vegetarian terdiri dari selada tahu Bangka, bunga labu bumbu rujak dan sate pusut nangka.

Untuk makanan utama, Indonesia menyajikan panggang ikan barramundi bumbu Bali, terik sirloin wagyu, dan nasi ungu urap sayur. Makanan utama ini didampingi emping Yogya dan kerupuk udang.

Makanan tersebut mewakili Sumatera, Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara Barat. Sementara, menu utama vegetarian yakni labu panggang bumbu Bali, terik tempe bacem dan nasi ungu urap sayur juga emping Yogya yang renyah.  Terakhir, makanan penutup untuk vegetarian dan non-vegetarian adalah puding Nangka dan kelapa muda yang disiram gula palem.

 

3 dari 4 halaman

Proses Pembuatan Emping

Mengutip laman Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta, proses pembuatan emping dilakukan dalam beberapa langkah. Pertama adalah mengupas kulit buah melinjo yang sudah tua. Kulit buah melinjo disayat dengan piau atau dikelupaskan dengan tangan, kemudian dilepaskan sehingga diperoleh biji melinjo tanpa kulit.

Biji melinjo yang telah dikupas dikeringkan, kemudian disimpan terlebih dahulu kurang lebih 2--3 hari sebelum diolah lebih lanjut agar kadar airnya menurun. Kemudian, biji melinjo disangrai di dalam wajan bersama pasir sambil diaduk-aduk sampai matang selama 10 hingga 15 menit.

Langkah ketiga adalah pemisahan biji melinjo dari kulit kerasnya. Biji dikeluarkan dari wajan, kemudian dipukul untuk memecahkan kulit keras dari biji melinjo. Pemukulan harus hati-hati agar isi biji melinjo tidak rusak. Untuk emping melinjo yang tipis, biji yang telah dilepaskan kulit kerasnya secepat mungkin dipipihkan menjadi emping melinjo.

Pemipihan dilakukan secara manual dan memerlukan keterampilan yang khusus yang hanya diperoleh melalui latihan dan pengalaman yang cukup lama. Ketika proses pemipihan, ujung pemukul dapat dibungkus dengan menggunakan plastik ini untuk menghindari lapisan emping melinjo yang menempel pada ujung pemukul.

Kemudian, lapisan tipis emping melinjo dilepaskan dari landasan pemipih dengan menggunakan serokan seng atau alumunium. Setelah itu, emping basah ini dijemur sampai kering hingga kadar airnya kurang dari 90 persen.

4 dari 4 halaman

Cara Menggoreng Emping

Emping melinjo menjadi salah satu menu pendamping untuk menyantap beragam sajian. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait cara menggorengnya yang dapat berpengaruh pada rasa.

Salah-salah, emping melinjo akan terasa pahit jika tak sesuai takaran dan cara menggorengnya. Lalu, bagaimana rahasia supaya tidak terlalu pahit? Simak selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com.

Bahan-bahan:

1 kg emping melinjo mentah

1 liter minyak sayur

400 gram margarin

Cara menggoreng:

1. Panaskan minyak sayur.

2. Tambahkan margarin dan tunggu sampai leleh.

3. Ambil emping secukupnya dan masukkan dalam minyak yang sudah panas.

4. Goreng dengan api sedang sambil dibolak-balik sampai mengembang.

5. Setelah warnanya kecoklatan, angkat dan tiriskan.

6. Angin-anginkan dan emping siap dimasukkan dalam stoples.

Yang perlu Anda ketahui, rahasianya tidak lain pada margarin yang dipakai. Pastikan margarin berkualitas baik karena akan membuat rasa emping kian gurih dan tidak terlalu pahit. Pastikan pula emping dalam kondisi kering sebelum digoreng agar emping mekar sempurna dan super renyah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.