Sukses

Viral Pemilik Warung Bang Madun Nyak Kopsah Ngamuk Usai Dapat Ulasan Buruk dari Food Vlogger

Dari awal kedatangannya, sang food vlogger sudah mulai dibuat tidak simpati dengan kondisi warung Bang Madun Nyak Kopsah yang lokasinya dekat dengan kali tersebut. Pemilik warung pun 'mengamuk' usai dapat ulasan buruk.

Liputan6.com, Jakarta - Food vlogger A Juju sedang menjadi sorotan karena ulasan buruknya saat datang mereview warung Madun Oseng Nyak Kopsah di kawasan Cipondoh, Tangerang. Pemilik warung makan itu juga seorang konten kreator yaitu Ahmad Yani atau yang lebih dikenal dengan Bang Madun Nyak Kopsah.

Saat menyambangi dan membuat video di warung Madun Oseng Nyak Kopsah, A Juju memberikan penilaian jujur soal tempat usaha milik Bang Madun 'Nyak Kopsah'.  Dilihat dari unggahan video akun TikTok @makanlurr pada 14 September 2023, si pemilik video yaitu A Juju tengah mengulas dengan memperlihatkan kondisi warung makan hingga beragam menu yang ditawarkan di warung makan tersebut.

Dari pertama kedatangannya, A Juju sudah mulai dibuat tidak simpati dengan kondisi warung yang lokasinya dekat dengan kali tersebut. Ia pun sudah mulai mengomentari warung tersebut dinilainya kurang menarik perhatiannya.

"Pas kita masuk, ini beneran deh aromanya kurang wangi. Nah ini dia tempatnya, agak berantakan tapi nggak apa-apa," kata A Juju. "Kalinya hitam, nggak sedap jadinya kalau makan. Kenyamanan gue sebagai pengunjung kurang," sambungnya.

Bukan hanya kondisi warungnya yang dinilai kurang rapi, A Juju juga dibuat terkejut melihat harga yang ditawarkan dari menu-menu yang disuguhkan. Sebut saja telur dadar seharga Rp65.000 hingga ikan bakar Rp150 ribu namun dalam kondisi dingin. "Gue pikir harga makanannya murah, ini buat gue ya mahal," kata pemilik nama asli Julian ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bungkus Makanan dengan Kantong Kresek

Terakhir, A Juju semakin dibuat tak simpati usai mendapatkan kantong kresek saat dirinya dan teman-temannya itu ingin membawa atau membungkus pulang makanannya.  Alih-alih diberikan wadah yang layak untuk membungkus makanannya, A Juju justru diberikan plastik alias kantong kresek berwarna merah, yang diduga untuk membungkus makanannya yang tersisa di meja. "

"Ini kita minta bungkus, tapi bungkus sendiri. Ya udah kita bungkus, ini langsung dikresekin ya? kayak sampah," ucapnya. Sontak saja review yang dibuat oleh sang food vlogger langsung viral.

Sampai berita ini ditulis, unggahan tersebut sudah dilihat lebih dari 10,4 juta kali, disukai lebih dari 381 ribu kali dan banyak mendapatkan reaksi warganet. Salah satunya reaksi dari sang pemilik warung makan yakni Bang Madun 'Nyak Kopsah'.

Melalui unggahan akun TikTok @st.jenab, pengusaha warung makan Betawi itu akhirnya angkat suara.  Bukannya minta maaf dan terima kasih atas kritikan dan review yang dibuat A Juju. Bang Madun justru dibuat naik pitam oleh sang food vlogger.

3 dari 4 halaman

Kemarahan Bang Madun

Bang Madun lantas menyoroti kantong kresek yang dianggap A Juju untuk membungkus makananannya ke rumah. Dalam video tersebut, Bang Madun terlihat geram dan kesal mengingat, tidak mungkin plastik berwarna merah itu sengaja diberikannya untuk membungkus makanan yang ingin dibawa pulang ke rumah, apalagi tanpa menggunakan wadah lagi.

"Nih kantong kresek, 25 tahun berjualan, nggak mungkin pakai kresek doang! Makanya gue bilang, nanya dulu. Main bikin video aja lu!" kata Bang Madun. Mengenai kantong kresek berwarna merah, Bang Madun mengatakan, A Juju saat itu memang hanya meminta plastik tanpa mengatakan dengan jelas kebutuhannya untuk apa.

"Waktu itu tu bocah emang minta plastik, dikasih plastik merah. Dia nggak ngomong bakal apa. Harusnya elu tanya dulu, buat apa," kata Bang Madun masih dengan nada tinggi.

"Secara logika, ini nggak mungkin buat bungkus nasi. Astagfirullah. Elu jangan ngomong krasak, kresek. Kalau dari dulu pakai kresek, orang nggak akan mampir ke sini," tukasnya.

"Sekalipun di rumah lu kaga ada sampah, jangan mulut lu kaya sampah," tambah Bang Madun. 

4 dari 4 halaman

Tuai Pro Kontra

Atas kejadian ini, Bang Madun berharap agar siapapun food vlogger yang datang ke warungnya, izin terlebih dahulu jangan tiba-tiba datang begitu saja, agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

"Konfirmasi sama yang punya warung. Izin, biar punya adab," kata bang Madun. Ia mengaku tidak keberatan warung makannya diulas dengan jujur dan apa adanya, asalkan meiminta izin sebelum membuat video.

Pemilik usaha kuliner di Tangerang itu sangat marah dan sampai harus ditenangkan oleh orang di sampingnya. Bang Madun mengaku bahwa usaha kuliner sangar berarti bagi kehidupan karyawan hingga anak-anak yatim tanggungannya.

Pernyataan dari Bang Madun Nyak Kopsah itu menuai pro dan kontra dari warganet. Banyak yang mendukung pernyataan Bang Madun, bahkan ada yang menilai A Juju harus minta maaf pada Bang Madun. Namun tak sedikit juga yang menganggap reaksi Bang Madun berlebihan dan kurang bijak.

Sejauh ini, review Warung Makan Madun Oseng Nyak Kopsah masih bintang empat di Google Maps. Nyak Kopsah baru-baru ini juga memperlihatkan dukungan orang-orang yang mengunjungi warungnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini