Sukses

Koleksi Wiron Didiet Maulana di New York Fashion Week Indonesia Now Dilirik Pemilik Toko di New York

Didiet Maulana mengaku koleksi yang ditampilkannya di New York Fashion Week: Indonesia Now sudah mendapatkan pembeli meski belum dijual secara resmi.

Liputan6.com, Jakarta - Tuntas sudah desainer Didiet Maulana dan timnya menampilkan deretan koleksi busana mereka di New York Fashion Week (NYFW) Indonesia Now The Shows Spring Summer 23/24. Dalam show yang digelar Rabu, 13 September 2023, waktu setempat, IKAT Indonesia by Didiet Maulana membawa karya berjudul "Wiron."

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (15/9/2023), Wiron diambil dari kata "wiru" dalam bahasa Jawa yang berarti lipatan-lipatan kecil memanjang, bersusun pada kain. Koleksi busana siap pakai wanita itu mewakili kedinamisan gerak anak muda dan siluet baru yang memancarkan wanita Indonesia yang optimistis dan energik.

"Kami menyematkan inspirasi ini melalui siluet yang anggun dan modern pada karya seperti long vest, wrap dress, wrap skirt, long coat, dan light weight trench coat, serta menampilkan koleksi baju renang dengan sentuhan motif tenun Ikat Indonesia," kata Didiet.

Detail lipit terlihat jelas pada desain rok panjang dan gaun-gaun. Ia terinspirasi dari penggunaan teknik wiron pada kain batik Jawa sebagai impresi keanggunan wanita Indonesia dengan kehalusan tutur geraknya. 

Koleksi itu juga menghadirkan bralette yang menggambarkan penggunaan kemben dalam busana tradisional wanita Indonesia dan outer dalam potongan oversized serta bervolume yang mengambil inspirasi siluet busana baju bodo dari Sulawesi. Efek kontras diaplikasikan dengan padu padan bahan, seperti organza dan tulle dengan bahan tenun ikat yang memberi unsur dinamis, serta mempertemukan kesan modern dengan motif tradisional Ikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Elemen Aksesori Pemanis

Tak lengkap busana tanpa aksesori. Didiet pun sudah menyiapkannya sejak jauh-jauh hari, termasuk bagaimana mempresentasikannya agar lebih menarik minat pembeli.

Ia memadankannya dengan sepatu, anting-anting bordir, kalung, serta tas rotan yang mengusung detail berbahan tenun ikat dan manik-manik. Walau identik dengan kesan etnik, ia merancangnya agar kesan urban nan modern lah yang lebih menonjol.

Seluruh koleksi busana mengambil tren warna spring/summer 2024, seperti nutshell, fondant pink, dan cyber lime. Ia maksudkan untuk menghadirkan nuansa yang vibrant, energik, dan harmonis, tapi tetap membumi. Pemilihan kombinasi warna ini terinspirasi warna-warna tropis pemandangan alam yang adadi Indonesia, seperti pantai, pegunungan, bukit, dan hutan alam karena Indonesia terkenal dengan keindahan kekayaan alamnya yang harmonis.

"Koleksi ini diharapkan dapat memancarkan harapan untuk memberi rasa persatuan dalam indahnya keberagaman budaya yang harmonis dan optimisme bagi semua yang memakainya, serta sebagai apresiasi untuk para perajin di berbagai daerah di Indonesia," sambung Didiet.

3 dari 4 halaman

Dilirik Pemilik Toko di New York

Usai show digelar, Didiet mengaku banyak yang memuji karyanya, bahkan ada yang langsung ingin membeli koleksinya. "Tapi ini kan masih sampling ya untuk koleksi Spring/Summer 2024, jadi ya belum kita jual," ujarnya.

Meski begitu, ia menyatakan tawaran menggiurkan dari sejumlah toko di New York berdatangan sesuai acara. Mereka ingin agar label Didiet bisa ikut mengisi rak-rak toko mereka dengan karya tenun, meski ia tak mendetailkan pihak dimaksud.

"Saya mendapatkan tawaran multibrand store untuk memasukkan produk ke sana. Semoga dalam waktu dekat," ujarnya.

Menurut Didiet, tawaran itu sekaligus jadi bukti bahwa wastra Indonesia sebenarnya memiliki potensi pasar yang besar di luar negeri. Ia bahkan sempat melihat sejumlah department store di New York sudah memajang beragam item fesyen bermotif tenun ikat keluaran high end brand dunia.

"Jadi, menurut saya ini kesempatan kita untuk bisa melebarkan saya ke dunia internasional," katanya seraya berharap bisa segera memiliki toko sendiri di luar negeri dengan pelanggan berskala internasional.

 

4 dari 4 halaman

Mimpi Berikutnya

Setelah mencicipi New York Fashion Week, Didiet berharap bisa kembali memamerkan karyanya di pekan mode dunia lain. Paris Fashion Week dan London Fashion Week adalah impiannya. "Doakan saja," katanya.

Sebelumnya, New York Fashion Week dipilih jadi panggung untuk memamerkan deretan karya anak bangsa. Koleksi tujuh desainer sekaligus jenama fesyen Indonesia untuk mejeng di New York Fashion Week (NYFW) The Shows - Spring Summer 2023/2024.

Peragaan busana ini menyuguhkan koleksi bernuansa kekayaan budaya Nusantara di panggung NYFW The Shows, bagian rangkaian resmi dari New York Fashion Week. Fashion show lewat group show "Indonesia Now" tersebut berlangsung di Spring Studios, New York, Amerika Serikat, pada Rabu, 13 September 2023, pukul 11.00 waktu New York.

Ketujuh desainer dan jenama fesyen dan aksesori Indonesia yang bakal tampil di NYFW The Shows, yakni Ghea Panggabean, IKAT Indonesia by Didiet Maulana, Ivan Gunawan, LAVANI by AMERO X LIVETTE, AYUMI, Kimberly Tandra X Mandy's Shoes, dan Merdi Sihombing. Masing-masing dari mereka menyuguhkan karya terinspirasi budaya dan keunikan alam Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.