Sukses

Anak Bupati Ponorogo Punya Nama Unik, Jian Ayune Sundul Langit, Apa Artinya?

Nama anak Bupati Ponorogo mencuri perhatian publik lantaran keunikannya. Banyak warganet yang memuji Sugiri Sancoko karena memberikan nama yang unik dan indah kepada putrinya.

Liputan6.com, Jakarta - Anak Bupati Ponorogo, Jawa Timur, Sugiri Sancoko mencuri perhatian publik karena memiliki nama yang unik. Sang bupati memberi anaknya dengan nama Jian Ayune Sundul Langit. Nama tersebut dianggap tak biasa dan unik oleh publik.

Nama sang anak diketahui saat Sugiri Sancoko membagikan video kelulusan putrinya tersebut lewat akun Instagramnya @sugirisancoko26. Sebagai seorang ayah, Bupati Ponorogo ini mengunggah momen wisuda sang anak dengan menuliskan namanya yang unik.

"Selamat yaa ndukk.. Jian Ayune Sundul Langit @jianayune,” tulis Sugiri Sancoko, dikutip dari unggahan akun Instagramnya pada Senin (14/8/2023). 

Jian Ayune Sundul Langit yang diketahui akrab dipanggil Jian atau Jeje ini dinyatakan lulus dengan predikat pujian dari jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan dan Ilmu Politik (FISIP) dalam Upacara wisuda Universitas Padjadjaran (UNPAD) di Bandung, Gelombang IV Tahun Akademik 2022/2023.

Dalam unggahan tersebut, terlihat nama sang anak yang dipanggil sebagai lulusan dengan predikat pujian. Selain itu, ada beberapa foto momen keluarga Sugiri Sancoko yang merayakan kelulusan putri mereka.

Nama Jian Ayune Sundul Langit sendiri diambil dari bahasa Jawa. Dalam arti harfiah, Jian artinya wah untuk mengungkapkan rasa kagum. Kemudian, Ayune diambil dari kata Ayu yang artinya cantik. Lalu Sundul adalah menyundul atau mentok. Sedangkan Langit artinya tidak ada yang lebih tinggi. Jadi Jian Ayune Sundul Langit bisa diartikan rasa kagum karena cantiknya mentok sampai ke langit.

Sontak saja, nama unik sang putri langsung mencuri perhatian publik lantaran keunikannya. Banyak warganet yang memuji Sugiri Sancoko karena memberikan nama yang unik dan indah kepada putrinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Namanya Secantik Orangnya

Begitu pula dengan Jian yang juga dipuji karena namanya dianggap sangat cocok dan sesuai dengan dirinya. Jian dipuji cantik oleh banyak warganet karena sama seperti nama yang diberikan oleh orangtuanya tersebut.

"Masyaallah pak.. Nama putrinya unik pak,” komentar seorang warganet.

"Nama adalah doa, dan doanya pak giri terkabul,” komentar warganet lainnya.

"Namanya kalimat bahasa Jawa , yg artinya memuji Krn takjub kecantikan anaknya," kata warganet lainnya.

"Jian ayune hrs smpe ke atiiiii.....," timpal warganet lainnya.

Tidak hanya Jian Ayune Sundul Langit saja. Anak kedua dan ketiga Bupati Sugiri ternyata juga tak kalah unik. Dilansir dari beberapa sumber, nama anak keduanya adalah Lintang Panuntun Qolbu, dan anak bungsunya, Gibran Cahyaning Pangeran..

Nama Lintang menggambarkan cahaya dan bintang, Sementara Panuntun merujuk pada tuntunan, dan Qolbu merujuk pada kalbu. Sedangkan nama Gibran Cahyaning Pangeran mengambil inspirasi dari tokoh sastrawan terkemuka Kahlil Gibran dan mengekspresikan cahaya Tuhan.

3 dari 4 halaman

Sulitnya Menyebut Nama Siswa Gen Z

Di sisi lain, Generasi Z yang lahir antara 1997 hingga 2012 terus mengejutkan dunia dengan perubahan dan tren yang mereka bawa. Salah satu fenomena terbaru yang muncul adalah penamaan anak-anak Gen Z dengan nama yang unik, panjang, dan sulit dibaca.

Tidak seperti generasi sebelumnya yang cenderung menggunakan nama-nama tradisional atau populer, Gen Z tampaknya lebih tertarik pada nama-nama yang unik dan berbeda. Ini bisa mencakup nama yang memiliki ejaan yang tidak konvensional, penggunaan huruf-huruf tidak biasa, atau bahkan gabungan dari beberapa nama.

Hal itu terlihat dari sebuah unggahan akun Twitter @kegblgnunfaedh yang memiliki lebih dari 8,3 juta pengikut. Pada Selasa, 1 Agustus 2023, akun tersebut mengunggah sebuah foto dan video dengan keterangan 'Luar biasa namanya, Takut Typo saat nulis' yang dilengkapi dengan emoji tertawa.

Video itu menunjukkan daftar kehadiran 26 siswa kelas X saat mata pelajaran seni budaya di sebuah sekolah. Yang membuat unggahan tersebut menarik dan menjadi viral bukanlah jumlah siswa yang hadir atau absen, melainkan nama salah satu siswi yang tertera dalam daftar tersebut.

Nama unik dan jarang ditemui ini menimbulkan berbagai reaksi dan komentar dari pengguna media sosial. "Guys, guys, ini nomor 19 bacanya gimana ya?" tanya guru tersebut sambil merekam video dan menyoroti sang pemilik nama.

4 dari 4 halaman

Nama yang Tak Biasa

"Revaveroesy Veisaqireina Mulawarman," jawab pemilik nama dengan lancar.  Selanjutnya, guru tersebut pun mengeja kembali nama tersebut dengan perlahan dan tersendat sendat. "Namanya susah banget," komentar guru itu.

Alhasil hal ini mengundang gelak tawa murid-murid di kelas tersebut yang pastinya sudah biasa dengan mengeja nama sulit temannya itu. "Jangan nyalahin anak Gen Z yg ngasih nama pasti ortu milenial,"komentar seorang warganet.

Dalam unggahan yang sama, akun Twitter dengan nama @yoe_nahh membagikan sebuah foto yang memancing tawa banyak pengguna. Foto tersebut diunggah di kolom komentar pada Rabu, 2 Agustus 2023, dan menampilkan sebuah nama yang tak biasa, Jean D'Arc Gwyneth Stella Beckinshield.

Dalam keterangan yang ia sertakan, @yoe_nahh menulis, "Yang nulis ijazah harus hati2.""Apakah nasibnya bakal dibakar juga," komentar akun @pawseidonn lengkap dengan emoji menangis. Komentar ini merujuk kepada nasib tragis yang dialami oleh pahlawan nasional Perancis, Jeanne d'Arc, yang dibakar di tiang pancang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini