Sukses

Serba-serbi Lengkuas, Bahan Pembuat Jamu Kudu Laos

Indonesia dilimpahi kekayaan hayati yang biasa dijadikan bahan-bahan untuk mengolah jamu. Ada jenis tanaman yang jadi bahan utama untuk membuat jamu yang biasa dikonsumsi.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dilimpahi kekayaan hayati yang biasa dijadikan bahan-bahan untuk mengolah jamu. Ada jenis tanaman yang jadi bahan utama untuk membuat jamu yang biasa dikonsumsi.

Dikutip dari "Jamu Ramuan Tradisional Kaya Manfaat"oleh Rifqa Army, Selasa, 8 Agustus 2023, tanaman tersebut adalah anggota keluarga Zingerberaceae, termasuk dalam keluarga ini adalah jahe, kunyit, kencur, dan lengkuas.

Tanaman ini berkhasiat masing-masing dan diolah menjadi beberapa jenis jamu yang berbeda. Tanaman keluarga Zingerberaceae merupakan jenis tanaman yang mudah ditemukan di sekitar.

Beberapa kalangan membudidayakan jenis-jenis tanaman ini dan disebut sebagai tanaman obat keluarga (TOGA). Jenis tanaman keluarga Zingerberaceae mudah tumbuh dan perawatannya tidak sulit.

Penanamannya dapat langsung di tanah atau memanfaatkan wadah, seperti pot atau polybag (jenis plastik untuk menanam tanaman). Keberadaan tanaman obat keluarga yang mencakup jahe, kunyit, kencur, dan lengkuas menjadikan jamu disebut juga obat rumahan.

Tanaman-tanaman obat tersebut dicampur dengan bahan-bahan yang tersedia di dalam rumah, seperti garam, gula, dan berbagai jenis rempah-rempah. Sementara, lengkuas (Languas galanga) adalah salah satu tanaman yang telah digunakan di dunia pengobatan sejak sekitar abad ke-6.

Tanaman ini masuk ke Indonesia pertama kali di daerah Palembang, Sumatra Selatan. Menurut penjelasan Marco Pollo, orang-orang Jawa baru menanam dan memperjualbelikan lengkuas pada abad ke-13.

Lengkuas diolah dalam bentuk jamu yang disebut kudu laos. Jamu ini memiliki fungsi untuk masalah lambung, masuk angin, dan untuk meningkatkan nafsu makan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ramuan Kudu Laos

Ramuan kudu laos terdiri atas bawang putih, mengkudu, merica putih, buah asam, gula pasir, gula jawa, dan garam. Bawang putih memiliki fungsi sebagai antiseptik, antibakteri, dan antiinflamasi. Mengkudu direkomendasikan untuk masalah hati.

Merica putih digunakan untuk menghangatkan tubuh, dan buah asam, yang mengandung vitamin B, baik digunakan untuk masuk angin dan diare. Selain itu, terdapat juga ramuan yang terdiri atas lengkuas, daun lengkuas, dan merica putih.

Manfaat dari ramuan ini baik digunakan untuk orang yang memiliki masalah kulit seperti herpes. Kekayaan hayati lain yang dimiliki Indonesia adalah rempah-rempah. Ramuan jamu pun tidak terlepas dari bahan-bahan tersebut.

Selain memanfaatkan kekayaan hayati Indonesia, penggunaan rempah-rempah juga mempertimbangkan khasiat setiap jenis tanaman tersebut. Rempah-rempah yang biasa digunakan dalam ramuan jamu adalah biji pala, merica putih dan hitam, ketumbar, kayu manis, cengkih, dan biji adas. Bahan-bahan itu dalam kehidupan sehar-hari juga biasa digunakan sebagai bumbu masak atau bahan untuk makanan dan minuman. 

3 dari 4 halaman

Pemanfaatan Rempah

Dikutip dari "Jamu Gendong Solusi Sehat Tanpa Obat" oleh Sukini, Minggu, 19 Maret 2023, setiap penjual jamu gendong pasti menjualnya. Kedelapan jenis jamu gendong itu, yakni kunyit asam, beras kencur, cabe puyang, pahitan, kunci suruh, kudu laos, uyup-uyup atau gepyokan, dan sinom.

Selain kedelapan jenis jamu ini, masih ada jenis jamu lain, tetapi lebih bersifat sebagai pelengkap. Ada penjual jamu yang menjualnya, ada pula yang tidak.

Jamu jenis lain selain delapan yang seolah menjadi keharusan tersebut, antara lain jamu temulawak, secang, semelak, galian singset, watukan, pegalinu, dan serai. Kadang penjual jamu gendong juga menyediakan jamu bubuk atau pil dan kapsul hasil produksi industri jamu.

Nama jamu ini diambil dari bahan utama yang digunakan untuk membuatnya. Kudu berasal dari kata mengkudu, sedangkan laos merupakan sebutan lain untuk lengkuas.

Sesuai dengan namanya, bahan utama untuk membuat jamu kudu laos adalah buah mengkudu dan rimpang lengkuas. Namun, untuk menambah manfaat jamu kudu laos untuk kesehatan, bahan-bahan lain dapat ditambahkan untuk membuat jamu ini.

4 dari 4 halaman

Bahan-Bahan hingga Manfaat

Simak bahan-bahan, cara membuat, hingga manfaat dari jamu kudu laos berikut ini:

Bahan-bahan jamu kudu laos:

  • 100 gram buah mengkudu/pace
  • 50 gram lengkuas muda
  • 3 siung bawang putih
  • 3 buah cabe jamu
  • 25 gram asam jawa
  • 3 lembar daun pandan
  • 1 sendok teh biji kedawung
  • 5 butir merica
  • 250 gram gula batu
  • 1/4 sendoh teh garam
  • 3 liter air

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Cuci semua bahan hingga bersih, kecuali gula dan garam.
  2. Kupas buah mengkudu dan lengkuas, kemudian iris tipis-tipis.
  3. Tumbuk atau gerus buah mengkudu, lengkuas, cabe jamu, bawang putih, asam jawa, biji kedawung, dan garam.
  4. Didihkan air, lalu masukkan bahan-bahan yang sudah ditumbuk.
  5. Tambahkan daun pandan, gula batu, dan butiran merica.
  6. Masak jamu hingga matang dan airnya sedikit menyusut sambil diaduk-aduk pelan.
  7. Saring jamu.
  8. Jamu kudu laos siap disajikan. 

Manfaat jamu kudu laos, sebagai berikut:

  1. Menurunkan tekanan darah.
  2. Melancarkan peredaran darah.
  3. Menghangatkan badan.
  4. Membuat perut terasa nyaman.
  5. Menambah nafsu makan.
  6. Melancarkan haid.
  7. Menyegarkan badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.