Sukses

25 Cara Menghilangkan Bau Badan dari Bahan Alami hingga Mengubah Kebiasaan Sehari-hari

Bau badan ternyata bisa diatasi dengan berbagai perawatan menggunakan bahan alami hingga mengubah kebiasaan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Bau badan memang bukan masalah yang bisa dianggap sepele, karena bisa mengganggu rasa percaya diri. Apalagi buat yang kesehariannya disibukkan dengan berbagai aktivitas padat dan harus bertemu dengan banyak orang. Kebayang dong jika orang-orang di sekitar merasa nggak nyaman dengan kehadiranmu karena muncul bau tubuh yang bikin nggak nyaman?

Alasan inilah yang membuat bau tak sedap pada tubuh ini harus segera diatasi karena juga bisa jadi tanda masalah kesehatan. Namun, nggak perlu khawatir karena ada banyak cara menghilangkan bau badan yang bisa dicoba, mulai dari menggunakan bahan alami hingga mengubah kebiasaan sehari-hari. Gali lebih dalam, yuk!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Kenali Penyebab Bau Badan yang Mengganggu

Banyak yang mengira kalau bau badan muncul karena keringat. Tapi, anggapan tersebut sebenarnya salah lho, karena keringat sebenarnya merupakan cairan yang nggak berwarna dan berbau. Sebagai informasi, keringat memiliki komposisi yang terdiri dari garam, protein, dan minyak yang semuanya bukan zat pemicu bau. Jadi, dari mana asalnya bau tak sedap pada tubuh?

Jawabannya adalah bakteri dari luar cairan keringat itu sendiri. Ada jutaan bakteri tidak berbahaya yang menempel pada permukaan tubuh manusia dan membantu pertahanan alami kulit. Bakteri ini sendiri hidup dan berkembang biak di lingkungan yang lembap dan kaya nutrisi, misalnya saja ketiak. Mereka memakan keringat manusia dan memprosesnya dalam sistem metabolisme yang kemudian memicu aroma tak sedap pada keringat seperti bau cuka, keju, hingga bawang.

Selain itu, aroma tak sedap pada tubuh ini juga bisa muncul dipicu oleh beberapa faktor, apa saja sih?

1. Konsumsi Makanan

Makanan yang dikonsumsi ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab bau badan nggak sedap. Misalnya saja konsumsi bawang, kubis, hingga brokoli ternyata bisa memicu bau tak sedap karena jenis makanan tersebut mengandung banyak sulfur. Zat tersebut bisa larut, masuk ke pori-pori, aliran darah, dan urin.

2. Mengidap Penyakit Tertentu

Aroma tak sedap yang keluar dari tubuh ternyata juga bisa jadi tanda kondisi medis tertentu. Misalnya saja gangguan tiroid, disfungsing ginjal atau hati, sampai kanker. Jadi, bisa disimpulkan kalau penyakit yang mengganggu sistem metabolisme tubuh bisa menyebabkan keringat berbau tak sedap.

3. Kondisi Obesitas

Tahu nggak sih kalau orang dengan kelebihan berat badan atau yang biasa disebut obesitas ternyata cenderung mengalami masalah bau tak sedap pada tubuhnya? Hal ini dipicu oleh pori-pori yang tersembunyi di area lipatan badan yang cenderung memiliki suhu hangat. Kondisi tersebut membuat bakteri tubuh makin subur. Semakin banyaknya bakteri yang tumbuh, makin besar juga faktor yang memicu aroma tak sedap tersebut.

4. Produksi Keringat Berlebih

Kalau kamu mengalami produksi keringat berlebih, besar kemungkinan muncul kondisi keringat yang bau. Hal ini berkorelasi dengan semakin banyak tubuh mengeluarkan keringat, maka semakin besar juga kemungkinan bakteri yang tumbuh dan berkembang biak sehingga memicu bau tak sedap pada tubuh.

5. Kurang Menjaga Kebersihan

Ini dia salah satu alasan yang juga bisa bikin kamu mengalami bau keringat. Jarang mandi hingga jarang mengganti baju dapat menjadi kebiasaan yang bisa memunculkan bau tak sedap pada tubuh dan bikin orang lain nggak nyaman.

3 dari 12 halaman

Apakah Bau Badan Bisa Hilang?

Bau badan memang kondisi yang terjadi di luar kendali seseorang. Namun, bukan berarti nggak bisa diminimalisir kok. Ada banyak cara yang bisa membantu meminimalisir masalah tersebut, mulai dari penggunaan bahan alami hingga mengubah kebiasaan sehari-hari. Yuk, saatnya coba lakukan sendiri di rumah!

1. Mandi Teratur

Kalau ingin mengatasi masalah bau tak sedap pada tubuh, hal pertama yang wajib dilakukan tentu saja mandi secara teratur. Pastikan mandi rutin 1-2 kali sehari terutama setelah melakukan berbagai aktivitas di luar rumah. Hal ini penting untuk membersihkan tubuh dari keringat dan bakteri yang menempel.

2. Gunakan Sabun Antibakteri

Selain mandi secara teratur, dukung juga dengan menggunakan sabun antibakteri yang memiliki formula terbaik melawan pertumbuhan bakteri. Nggak hanya menyingkirkan bakteri dan kuman yang menempel saja, tapi juga melindungi tubuh dari perkembangbiakan bakteri yang menyebabkan bau tak sedap tersebut.

4 dari 12 halaman

3. Gunakan Deodoran yang Mengandung Antiperspirant

Deodoran bisa menjadi pertolongan pertama untuk mengatasi masalah aroma tubuh yang tak sedap. Produk yang satu ini memiliki formula untuk melindungi ketiak dari perkembangbiakan bakteri yang menyebabkan bau badan.

Jangan lupa pilih juga deodoran yang mengandung antiperspirant bagi pemilik keringat berlebih. Zat tersebut dapat membantu menghambat produksi keringat, sehingga meminimalisir kondisi keringat berlebih yang dialami.

4. Cukur Bulu Ketiak Secara Teratur

Rambut halus yang tumbuh di area ketiak disinyalir juga bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri yang subur. Hal ini disebabkan karena bulu ketiak bisa menyebabkan area tersebut makin lembap. Nah, untuk mengatasi masalah bau tak sedap yang dialami, kamu bisa mengawalinya dengan mencukur bulu ketiak juga.

Namun, perhatikan cara shaving yang tepat agar tidak menyebabkan iritasi. Pastikan pisau cukur yang dipakai bersih dan ganti pisau cukur secara rutin untuk menjaga ketiak tetap sehat dan bebas iritasi.

5 dari 12 halaman

5. Manfaatkan Cuka Apel

Penggunaan bahan alami juga bisa jadi salah satu pilihan untuk mengatasi masalah bau badan yang mengganggu. Misalnya saja dengan memanfaatkan cuka apel. Bahan yang satu ini dikenal dengan zat antibakteri yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri pada tubuh.

Campurkan cuka apel dengan air, simpan dalam botol spray. Semprotkan cairan tersebut di daerah ketiak dan lipatan tubuh lainnya selama 15 menit sebelum mandi. Cara ini bisa dilakukan setiap pagi untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau tak sedap pada tubuh.

6. Gunakan Baking Soda

Cara mengatasi bau tak sedap pada tubuh lain yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan baking soda. Sebagai informasi, baking soda memiliki sifat untuk menetralkan asam dan basa. Jadi, bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan aroma tak sedap secara alami. Jika sering mengalami masalah ini, gunakan baking soda di bagian tubuh yang sering berkeringat, misalnya saja ketiak hingga lipatan tubuh lainnya.

7. Pakai Daun Sirih

Daun sirih merupakan bahan alami yang memiliki kandungan antibakteri. Jadi, bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah bau tak sedap pada tubuh. Caranya mudah, rebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Jika sudah mendidih, tuang air rebusannya ke dalam bak mandi dan gunakan untuk mandi 2 kali sehari.

6 dari 12 halaman

8. Keringkan Tubuh dengan Benar

Coba ingat-ingat kembali, apakah cara mengeringkan tubuh setelah mandi yang dilakukan selama ini sudah benar? Sisa air yang masih tersisa pada tubuh, terutama di area lipatan yang mudah berkeringat seperti ketiak bisa menyebabkan kondisinya jadi makin lembap. Hal ini membuat bakteri penyebab bau badan jadi mudah berkembang biak.

9. Pilih Pakaian yang Menyerap Keringat

Bagi yang sering mengalami masalah bau tak sedap pada tubuh dan keringat berlebih, harus benar-benar memperhatikan pakaian yang digunakan nih. Pastikan pakaian yang digunakan dapat menyerap keringat dengan baik untuk mencegah kondisi tubuh jadi lembap yang memudahkan berkembang biaknya bakteri. Selalu membawa pakaian ganti juga disarankan bagi yang mengalami masalah keringat berlebih untuk mencegah aroma tak sedap muncul.

7 dari 12 halaman

10. Olahraga Teratur

Jangan lupa olahraga rutin karena banyak pendapat yang mengatakan kalau aktivitas fisik bisa membantu mengurangi masalah bau tak sedap pada tubuh. Saat sedang olahraga, tubuh jadi aktif bergerak yang memproduksi keringat. Nah, proses ini bisa membantu proses pembuangan lemak lewat keringat yang bisa terjadi secara olahraga. Jadi, bisa membantu membersihkan tubuh juga!

11. Mandi dan Ganti Pakaian Setelah Olahraga

Olahraga rutin memang baik untuk kesehatan dan bisa membantu mengatasi bau tak sedap pada tubuh. Namun, perhatikan juga cara merawat diri setelah olahraga supaya tidak menjadi pemicu bau badan.

Segera mandi dan ganti pakaian yang kering dan bersih setelah olahraga. Hal ini dilakukan untuk mencegah keringat menumpuk yang memicu pertumbuhan bakteri penyebab aroma tak sedap pada tubuhmu.

12. Hindari Makanan Pedas

Demi mencegah munculnya aroma tak sedap yang mengganggu, perhatikan juga makanan yang dikonsumsi. Kurangi makanan pedas yang bersifat panas. Hal ini disebabkan karena makanan pedas dapat memicu produksi keringat berlebih yang memperbesar peluang pertumbuhan bakteri penyebab bau badan.

8 dari 12 halaman

13. Minum Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang bisa meminimalisir bau tak sedap pada badan. Konsumsi minuman ini dianjurkan bagi yang bermasalah dengan kondisi tersebut. Selain diminum langsung, kamu juga bisa mengompres ketiak dengan kantung teh hijau yang sudah direndam ke dalam air hangat. Cara ini dapat membantu mengatasi pori-pori tersumbat dan mengatasi keringat.

14. Kurangi Konsumsi Kafein

Kopi dan minuman lain yang mengandung kafein memang bisa jadi mood booster dalam beraktivitas. Namun, batasi konsumsinya karena kafein dapat merangsang tubuh memproduksi banyak keringat. Kondisi keringat berlebihan ini yang kemudian menjadi tempat subur perkembangbiakan bakteri yang menyebabkan bau tak sedap pada tubuh.

9 dari 12 halaman

15. Perbanyak Minum Air Putih

Bukan rahasia lagi kalau minum air putih sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh. Tapi, ternyata nggak hanya itu saja kok. Air putih juga dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, termasuk bakteri penyebab bau tak sedap pada keringat. Kebutuhan cairan tubuh yang terpenuhi juga bisa mencegah produksi keringat berlebih.

16. Ganti Pakaian Secara Rutin

Menjaga kebersihan diri adalah salah satu cara ampuh untuk mencegah bau tak sedap yang muncul pada tubuh. Jadi, usahakan untuk mengganti pakaian secara rutin setiap hari. Jangan lupa cuci juga pakaian yang sudah dipakai untuk menghilangkan bakteri dan kotoran yang menempel, karena jika digunakan ulang tanpa dicuci bisa memicu keringat berbau tak sedap.

17. Hindari Produk Susu Berlebihan

Tahukah kamu kalau susu ternyata berpotensi menyebabkan bau tak sedap pada tubuh? Minuman yang satu ini mengandung protein yang tinggi, sehingga bisa memicu proses pemecahan untuk dicerna tubuh. Proses ini menimbulkan hidrogen sulfida dan metil perkaptan yang bisa menimbulkan aroma tak sedap dari tubuh. Jadi, sebaiknya hindari konsumsi produk susu secara berlebihan untuk mencegah munculnya bau tak sedap pada keringat.

10 dari 12 halaman

18. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Bagi yang bermasalah dengan aroma tubuh yang nggak sedap, perbanyak makan buah dan sayur bisa jadi salah satu cara mengatasinya. Misalnya saja buah citrus seperti jeruk dan lemon yang ternyata dapat mengurangi akumulasi racun dalam tubuh dan membatasi pertumbuhan bakteri penghasil bau.

Selain itu, sayuran hijau seperti bayam, kale dan selada air memiliki kandungan klorofil tinggi untuk menetralkan senyawa penyebab bau. 19. Perhatikan Kesehatan Kulit

20. Kurangi Konsumsi Daging Merah

Daging merah menjadi salah satu makanan penyebab bau badan paling utama. Pasalnya, makanan ini sulit dicerna tubuh sehingga bisa menyisakan residu yang dilepaskan bersama keringat. Ketika bercampur dengan bakteri, bisa bikin bau menyengat yang cukup tajam pada badan. Jadi, sebaiknya batasi konsumsi daging merah ya!

11 dari 12 halaman

21. Latihan Relaksasi

Stres yang dialami ternyata juga bisa menjadi pemicu keringat berlebih pada tubuh. Selain itu, hormon stres juga bisa memicu bau menyengat muncul. Untuk mengatasinya, sebaiknya mulai lakukan aktivitas yang bisa menenangkan pikiran seperti latihan relaksasi. Meditasi atau yoga bisa jadi alternatif yang dipilih.

22. Gunakan Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki kandungan minyak atsiri untuk membantu menghilangkan bau tak sedap pada tubuh. Kamu bisa mengonsumsinya langsung sebagai lalapan atau menjadikan kemangi sebagai minuman herbal. Cara membuatnya mudah, jemur daun kemangi hingga kering, lalu tumbuk hingga halus. Seduh dengan air hangat dan konsumsi sebagai minuman herbal.

23. Manfaatkan Jus Lemon

Kamu juga bisa membuat body spray alami dari jus lemon. Caranya mudah, campur air perasan lemon dan air, masukkan ke dalam botol spray. Semprotkan pada bagian tubuh yang sering berkeringat, seperti ketiak. Kandungan asam sitrat di dalamnya dapat membunuh bakteri penyebab bau.

24. Istirahat yang Cukup

Kurang tidur bisa mempengaruhi sistem imun dan keseimbangan tubuh yang kemudian memicu pertumbuhan bakteri lebih banyak. Kondisi ini bisa menyebabkan bau badan. Jadi, sebisa mungkin atur jadwal istirahat dan pastikan waktu tidur ideal 7 jam setiap malamnya.

12 dari 12 halaman

25. Konsultasi ke Dokter

Jika kondisi keringat bau tak sedap yang dialami disebabkan karena gejala penyakit tertentu, maka cara mengatasi yang bisa dilakukan adalah konsultasi ke dokter. Biasanya bau tak sedap pada tubuh terjadi ketika mengonsumsi obat-obatan tertentu. Nah, dengan berkonsultasi langsung dengan ahlinya, kamu bisa mendapatkan rujukan penanganan yang tepat.

Jangan sampai bau badan mengurangi rasa percaya diri dan menurunkan kualitas hidupmu. Yuk, saatnya lakukan langkah penanganan yang tepat agar terbebas dari masalah tersebut!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.