Sukses

Kelembapan Udara dalam Ruangan Tidak Seimbang Bisa Picu Penyakit, Ini Solusinya

Kelembapan udara di dalam ruangan harus selalu dijaga kestabilannya.

Liputan6.com, Jakarta Kelembapan udara di dalam ruangan harus selalu dijaga kestabilannya. Apalagi, kita tinggal di Indonesia yang beriklim tropis dengan udara panas dan lembapnya sepanjang tahun, jika tidak dijaga kestabilannya, beragam penyakit akan mengintai sepanjang waktu.

Selain itu, kelembapan udara di dalam ruangan juga dapat menjadi indikator dalam menjaga kesehatan pernafasan dan kulit, lho. Yup, jika kamu seringkali memiliki permasalah kesehatan kulit seperti eksim atau kekeringan pada kulit yang timbul di sekujur tubuh, itu menandakan kelembapan udara terlalu rendah.

Sedangkan, jika kelembapan udara berada di tingkat yang tinggi, hal itu akan membuat jamur dan tungau menjadi pemicu alergi dan penyakit pernafasan. Pasalnya, kandungan air dalam udara yang sangat lembap akan terasa lebih sulit untuk dihirup, sehingga membuat kamu bernapas lebih cepat sehingga mengganggu ritme pernafasan dan memicu gejala asma.

Dengan berbagai dampak yang dapat ditimbulkan oleh kelembapan udara, maka dapat disimpulkan bahwa menjaga keseimbangan kelembapan udara merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan. Kadar air yang baik adalah yang seimbang, tidak kurang ataupun berlebihan.

Salah satu langkah yang bisa diambil adalah dengan menggunakan CAMS dari Panasonic di dalam ruangan untuk menjaga kelembapan udara agar tidak memunculkan ragam penyakit. So, apa sih teknologi Complete Air Management System (CAMS) dari Panasonic? Apa juga kelebihannya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kualitas Udara Tetap Terjaga

Complete Air Management System (CAMS) merupakan manajemen sistem tata udara dengan AI tercanggih yang menggunakan sensor IAQ remote controller dan terhubung dengan AI pada program Cloud untuk menganalisa kualitas udara rumah Anda serta menentukan pengaturan optimal dari air conditioning dan ventilasi. 

Sistem tersebut bukan hanya pendingin udara semata, namun juga merupakan kesatuan manajemen sistem tata udara yang membuat udara di dalam ruangan tidak hanya dingin, tapi juga membuat sirkulasi udara menjadi baik dengan ada perangkat supply air fan yang membantu menarik udara masuk, mem-filter, dan membuang udara lainnya ke luar.

Dengan teknologi tersebut, CO2 dalam ruangan tetap terjaga kestabilannya dan akan menukarnya dengan udara yang banyak mengandung oksigen dari luar ruangan. Ventilasi juga akan menyesuaikan udara masuk berdasarkan berapa banyak orang dalam ruangan.

Selain itu, kemampuan filtrasi yang tinggi pada Complete Air Management System juga berfungsi menghilangkan partikel berbahaya seperti PM2.5 dari udara di setiap sudut ruangan (termasuk debu dalam rumah) digantikan dengan udara dan oksigen dari luar ruangan.

Nah, ketika udara terasa lembap, Anda merasakan udara yang basah dan tidak nyaman. Anda juga merasakan kegerahan karena keringat tidak dapat menguap dengan mudah. Complete Air Management System pun dapat menjaga level kelembapan yang tepat untuk udara yang nyaman.

Menariknya, untuk mengoperasionalkan Complete Air Management System, IAQ remote controller terkoneksi dengan program Cloud melalui aplikasi smartphone. Terdapat banyak fungsi, tetapi Anda hanya perlu mengatur temperatur dan menggunakan bantuan AI secara keseluruhan.

3 dari 3 halaman

Bantu Keseharian

Complete Air Management System dapat memonitor temperatur, kelembapan, CO2 dan PM2.5 secara konstan dengan sensor IAQ  dan mengontrol secara otomatis air conditioner dan supply fan. Inilah cara kerja Complete Air Management System dalam keseharian pada kamar tidur dari 3 anggota keluarga.

Cara kerja tersebut dapat menjaga kualitas udara tetap baik dan membantu Anda sehari-hari. Pasalnya, CAMS memiliki empat sensor untuk memonitor kondisi udara, seperti IAQ remote controller memiliki 4 sensor - temperatur, kelembapan, CO2, PM2.5 - dan memonitor secara konstan kualitas udara ruangan.

Selain itu, CAMS juga memiliki algoritma yang canggih. Cara kerjanya, data akan dianalisa secara konstan dan dikirimkan ke program Cloud. Algoritma unik tersebut dapat menterjemahkan dan mengirimkan perintah operasi untuk menjaga kualitas udara di dalam ruangan.

Tak hanya itu, CAMS dari Panasonic juga memiliki kontrol otomatis. Maksudnya? Ya, Air Conditioner dan Supply fan serta aliran udara dikontrol oleh program Cloud yang berguna untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan tetap aman.

Dengan teknologi Complete Air Management System dari Panasonic, manajemen udara segar akan tercipta, energi dapat dihemat, dan kenyamanan saat tidur di dalam ruangan pun akan terasa. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini