Sukses

Mengenal Daun Beluntas, Salah Satu Bahan Jamu Madura untuk Melancarkan Persalinan

Daun beluntas atau bluntas pada jamu Madura memiliki khasiat yang baik untuk meningkatkan kesuburan hingga menjaga kesehatan rahim.

Liputan6.com, Jakarta - Jamu sudah dikenal masyarakat Indonesia yang diwariskan secara turun-temurun oleh leluhur terdapat di berbagi pulau di Indonesia. Tak hanya Jawa, Madura merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan produk jamunya.

Hal ini seiring dengan kebiasaan masyarakat Madura menjaga kesehatan dengan rutin mengonsumsi jamu. Jamu madura dengan khasiat untuk kesehatan ibu dan anak termasuk salah satu yang paling terkenal. 

Mengutip dari buku Kaerifan Lokal Orang Madura, Jamu untuk Menjaga Kesehatan Ibu dan Anak, Rabu, 19 Juli 2023, mengonsumsi jamu tradisional dapat dibedakan berdasarkan fase kehidupan seseorang atau siklus pertumbuhan dan perkembangan, yakni anak-anak, remaja, dan dewasa. Jenis jamu untuk anak, antara lain ada jamu sinom atau kunir asem yang mengatasi batuk, nafsu makan, dan perut kembung.

Saat remaja dan dewasa seorang perempuan akan mengonsumsi jamu galian putri atau sehat wanita. Sedangkan setelah menikah hampir sama hanya ada tambahan jamu penyubur kandungan dan jamu perawatan kehamilan. 

Selanjutnyauntuk jamu setelah melahirkan minum jamu bersalin lengkap antara lain ada jamu pejje, empot-empot, galian rapet, cebokan, parem bawah dan atas. Jamu untuk memperlancar persalinan tersebut digunakan ibu yang melahirkan supaya tetap sehat dan tubuh akan kembali bugar.

Jamu yang diminum merupakan racikan dari bahan seperti daun-daunan seperti beluntas, kesembuan, jebbeu, kepak tana, daun mengkudu, meniran, hingga daun kates. Daun-daunan ini ditumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan serbuk jamu yang terdiri dari temu lawak, kunyit, kunci, temu ireng dan temu putih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Khasiat Daun Beluntas

Jamu dari daun-daunan tersebut dimaksudkan untuk melancarkan keluarnya air asi. Di samping itu juga harus memperbanyak makan sayur-sayuran hijau. Nah, salah satu bahan Jamu Madura untu persalinan adalah daun beluntas.

Mengutip dari kanal Hot Liputan6.com, Rabu, 19 Juli 2023, manfaat daun beluntas untuk rahim dapat dimanfaatkan para wanita. Daun beluntas atau dikenal dengan nama latin pluchea indica adalah tumbuhan semak yang tumbuh liar di daerah tropis. Tumbuhan ini banyak ditanam di pekarangan rumah sebagai pagar alami.

Bukan cuma mempercantik pekarangan, daun beluntas juga terkenal akan khasiat kesehatannya. Daun beluntas biasanya dimanfaatkan sebagai obat herbal dalam bentuk minuman, ekstrak, atau dimakan sebagai lalapan. Manfaat daun beluntas di antaranya untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit.

Manfaat daun beluntas untuk rahim dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. Khasiat didapat dari kandungan antioksidan dan senyawa tanaman lainnya yang menyehatkan. Walau manfaat daun beluntas untuk rahim tampak menjanjikan, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait khasiatnya. 

3 dari 4 halaman

Daun Beluntas Bantu Atasi Keputihan

Keputihan merupakan cairan yang dikeluarkan dari kelenjar kecil di vagina dan serviks. Cairan ini keluar dari vagina setiap hari untuk mengangkat sel-sel mati dan kotoran, sehingga menjaga vagina dan saluran reproduksi tetap bersih dan sehat.

Tetapi, ada beberapa jenis keputihan yang dapat mengindikasikan infeksi. Ragi atau infeksi bakteri biasanya menyebabkan keputihan yang tak normal. Daun beluntas memiliki sifat anti bakteri yang bisa mencegah dan mengatasi keputihan. Salah satu cara mengatasi keputihan yang disertai rasa gatal dan nyeri yakni mengonsumsi ekstrak daun beluntas.

Ekstrak daun beluntas memiliki kandungan antioksidan yang berperan penting dalam menjaga kesehatan rahim. Sehingga mengonsumsi air rebusan daun beluntas secara rutin bisa mencegah berbagai macam penyakit rahim.

Daun beluntas pun memiliki sifat anti bakteri yang bisa mencegah infeksi pada jaringan reproduksi. Terdapat berbagai macam infeksi bakteri yang bisa menyerang organ reproduksi, letaknya di antaranya endometritis, cervicitis, dan infeksi vagina.

4 dari 4 halaman

Daun Beluntas Sebagai Anti-Kanker

Kadar minyak atsiri daun beluntas 5 persen juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, sedangkan pada kadar 20 persen dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherechia coli. Di samping itu daun beluntas mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas dalam tubuh.

Antioksidan terkenal perannya dalam mencegah berbagai macam kanker, termasuk pula kanker rahim dan serviks. Kanker serviks adalah salah satu kanker yang membunuh banyak wanita di dunia. Mengonsumsi daun beluntas bisa membantu mencegah kanker pada rahim.  

Beberapa kandungan yang terdapat pada daun beluntas ternyata juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan persendian. Ini membuat daun beluntas baik untuk mengatasi pegal linu. Untuk mendapatkan manfaat dari daun beluntas, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara merebus 3--4 daun beluntas yang sudah di bersihkan. Lalu minum air rebusan daun beluntas hingga pegal linu hilang.

Dilansir dari laman Pharmaceutical Sciences Asia, daun beluntas merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang dapat mengobati rematik. Pasalnya ekstrak daun beluntas memiliki efek anti inflamasi yang berperan penting mengatasi peradangan yang sering menjadi gejala rematik. 

Disclaimer: Jamu adalah ramuan tradional berbahan alami yang bisa membantu kesehatan tubuh. Bila ada keluhan kesehatan, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini