Sukses

Setelah Dior, Model Indonesia Jacey Philana Tampil di Show Valentino yang Dihadiri Son Ye Jin

Setelah debut di show Dior, model Indonesia Jacey Philana menambah portofolio saat berjalan di pertunjukan Valentino di gelaran Paris Haute Couture Fashion Week 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah debut di show Dior, awal pekan ini, Model Indonesia Jacey Philana menambah portofolionya di gelaran Paris Haute Couture Fashion Week 2023, Kamis, 6 Juli 2023. Kali ini, Jacey Philana membawakan koleksi busana Valentino yang show-nya juga dihadiri aktris Korea Selatan, Son Ye Jin.

Di unggahan Instagram-nya, agensi sang model, Persona Management, menulis, "Jacey Philana @jaceyphilana @persona_mgt @3mmodels @theclawmodels for @maisonvalentino Haute Couture Fall Winter 2023-2024 @parisfashionweek."

Di sederet foto dan video yang dibagikan ikon Jakarta Fashion Week 2023 itu tampak mengenakan gaun hijau olive ringan di bawah outer biru langitnya yang rumit. Luaran itu dilengkapi aksen emas berkilap yang membuatnya tampil canggih.

Rambut hitam panjang Jacey kedapatan digerai, sementara ia mengenakan bow heels lancip yang serasi. Selain saat berjalan di runway, unggahan itu juga memperlihatkan sekeping momen di balik panggung show Valentino.

Mengutip Vogue, Jumat (7/7/2023), "Kesederhanaan" dan "Paradoks" merupakan pendorong konseptual yang membingkai show koleksi haute couture Pierpaolo Piccioli yang berlangsung di lahan megah Château de Chantilly. "Kesederhanaan menyelesaikan kerumitan," katanya, mengutip seniman Constantin Brancusi.

Piccioli menyebut pertunjukan itu "Un Château." "Agak paradoks untuk ditampilkan di situs sejarah yang saya yakini sebagai metafora untuk status dan kekuasaan, sebuah simbolisme yang harus dipertanyakan dan dikontekstualisasikan kembali," ucapnya lagi.

Mementaskan couture défilé en plein air di Paris Couture Week 2023, keluar dari interior megah Château adalah cara Piccioli menampilkan metafora untuk membebaskan penyempitan kehidupan elitis yang berdinding, membuka pengasingan hak istimewa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dihadiri Son Ye Jin

Piccioli, yang studionya sangat terampil dalam menghidupkan bahkan artefak yang paling rumit sekalipun, percaya bahwa esensi couture sangat sederhana. Ia menjelaskan hal ini dengan menunjukkan koleksi tanpa teknik kembang api dan tipu muslihat yang berlebihan.

"Ini semua tentang menyembunyikan upaya yang dibutuhkan untuk mencapai kesederhanaan," katanya.

Draping, salah satu konstruksi haute couture yang paling menantang, menanamkan siluet vertikal, murni, esensial yang menentukan gerakan dengan vitalitas, modernitas, serta dengan dampak canggih yang begitu melekat pada estetika Valentino.

Show ini jadi acara internasional pertama yang dihadiri aktris Korea Son Ye Jin setelah ia mengambil jeda singkat usai menikah, hamil, dan melahirkan. Ratu melodrama ini menghiasi pertunjukan Valentino Haute Couture dengan tampilan off-the-runway.

Bintang drakor Thirty-Nine ini mewujudkan kekuatan dan feminitas dalam ansambel Winter 2023 miliknya. Dari blazer hitam besar hingga tas pegangan atas dan sepatu bot kulitnya, istri Hyun Bin ini menyalurkan gaya Valentino yang chic.

 

3 dari 4 halaman

Show Debut

Sebelum ini, Jacey sudah lebih dulu menendai debutnya di Paris Couture Week dengan membawakan koleksi Dior. Di unggahan Instagram-nya, 3 Juli 2023, agensi perempuan asal Jakarta ini, Persona Management, menulis, "Jacey Philana @jaceyphilana @persona_mgt @3mmodels @theclawmodels DEBUT for @dior Couture Autumn-Winter 2023-2024 @parisfashionweek Paris Couture Week."

Di foto yang dibagikan, Jacey terlihat mengenakan gaun panjang putih di bawah broken white long outer. Rambutnya ditata jadi bun rendah yang rapi, membuat setiap bagian busana rancangan desainer Maria Grazia Chiuri itu terlihat gamblang.

Sebelumnya akhirnya debut di Paris Couture Week, Jacey sudah lebih dulu terpilih jadi ikon Jakarta Fashion Week (JFW) 2023, catat Fimela. Ia juga telah membawakan koleksi sejumlah desainer lokal, termasuk Biyan Wanaatmadja, Ria Miranda, Sebastian Gunawan, dan Didi Budiardjo.

Show debutnya, yakni koleksi couture Dior terbaru, melansir AP, 4 Juli 2023, memanfaatkan lanskap seniman Marta Roberti sebagai latar belakang pertunjukan. Desainnya, terinspirasi kekuatan, feminisme, dan kepercayaan, bersinar melawan kreasi fantastis burung eksotis dan pohon halus Roberti.

Aktris Natalie Portman dan Rosamund Pike termasuk di antara tamu VIP Dior yang terpikat perpaduan alam imajinatif koleksi dan latar belakang pergelaran busana Dior. Koleksi Chiuri mendapatkan kekuatannya dari masa lalu, sebuah penghormatan untuk keabadian.

4 dari 4 halaman

Dinamis dan Modern

Jubah krep dengan lengan panjang yang menjuntai memberi kesan klasik, dengan kepangan rambut model yang dikumpulkan dari masa lalu. Halus dan bersahaja, hiasan anting-anting mutiara atau emas menambahkan keanggunan yang tenang.

Sementara, bentuk tunik dan pita klasik memainkan siluet nostalgia, semuanya ditandai dengan proporsi yang longgar dan pesona bersahaja. Namun, ini bukan sekadar pengulangan sejarah.

Kemilau dan gemerap visualnya memberi "napas" koleksi yang dinamis dan modern. Kecanggihan yang tertahan kadang-kadang diselingi dengan lengan Renaisans, tanda khas kreasi Chiuri dari masanya di Valentino, menjembatani masa lalu dan masa kini.

Di tengah renungan klasik, kemeja putih disebut "mematahkan kesinambungan yang halus." Karya seni yang diilhami Roberti melapisi dinding, menghembuskan kehidupan ke landasan pacu, mengubahnya jadi jajaran modern di mana model, menyerupai dewa dewi yang indah, seolah tampak melayang.

Jaket dan mantel pahatan, dilipat di bawah dada, bersama palet putih, krem, perak, dan emas pucat yang tenang, semuanya mencerminkan patung dan kolom klasik. Mutiara, terjalin dengan warna-warni benang perak, menonjolkan banyak ansambel, melambangkan kesucian. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini