Sukses

Media Inggris Rilis Daftar 10 Stadion Terbaik Dunia, Salah Satunya Gelora Bung Karno

Daftar stadion terbaik yang didapatkan Gelora Bung Karno diberikan Ticketgum setelah melakukan penilaian terhadap 140 stadion di seluruh dunia menggunakan berbagai aspek.

Liputan6.com, Jakarta - Media ternama Inggris The Sun, melalui media sosial akun Instagramnya @thesunfootball belum lama ini merilis 10 stadion terbaik di dunia menurut Ticketgum. Dari daftar tersebut ternyata terdapat nama Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Peringkat tersebut diberikan Ticketgum setelah melakukan penilaian terhadap 140 stadion di seluruh dunia menggunakan berbagai aspek. Melansir The Sun, Rabu, 28 Juni 2023, dalam menyusun peringkat stadion terbaik di dunia tersebut Ticketgum menilainya berdasarkan lima kriteria.

Lima kriteria tersebut adalah Google ratings (penilaian dari Google), Google Search (tingkat pencarian di situs Google), kapasitas stadion, rata-rata penonton tiap pertandingan dan rata-rata gol yang tercipta.  Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta masuk dalam 10 stadion terbaik.

Stadion kebanggan masyarakat Indonesia tersebut masuk pada peringkat kedelapan dengan mengantongi nilai 75,52. SUGBK kalah dari sejumlah stadion yang sudah kondang di dunia sepak bola. Peraih peringkat tertinggi adalah Estadio Mineirao di Brasil dengan nilai 83,40.

Peringkat kedua diduduki oleh Celtic Park di Kota Glasgow, Skotlandia dengan nilai 80,74.Stadion kebanggan masyarakat Inggris, Wembley menempati peringkat ketiga dengan rating 79,45.  Metlife Stadium di Amerika Serikat menempati urutan keempat dengan rating 79,03. Estadio Olimpico Universitario dan Estadio Asteca di Meksiko berada di ranking lima dan enam.

Satu strip diatas SUGBK, ada stadion kebanggaan fans Manchester United, yaitu Old Trafford dengan rating 75,98. Sedangkan SUGBK berhasil mengungguli stadion kebanggaan klub asal Spanyol, Santiaga Bernabeu dan Gillette Stadium di Amerika Serikat yang masing-masing menempati peringkat ke-9 dan ke-10.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Staidon untuk Kegiatan Politik

Peringkat tersebut sepertinya tidak terlalu mengejutkan.Pasalnya, Stadion Utama Gelora Bung Karno kerap jadi tempat penyelenggaraan laga-laga internasional yang dijalani Timnas Indonesia maupun klub Persija Jakarta. Laga terakhir yang dilangsungkan di stadion ini adalah laga Timnas Indonesia vs Argentina pada 19 Juni 2023.

Terpilihnya SUGBK sebagai dalam daftar 10 stadion terbaik dunia dibagikan ulang sejumlah akun media sosial, salah satunya akun Instagram @unikinfo_id.

"MEDIA Inggris, The Sun menyebut 10 stadion terbaik di dunia. Menariknya, salah satu di antaranya adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta termasuk ke dalam daftar tersebut,” tulis akun tersebut daam unggahannya pada Rabu, 28 Juni 2023.

Unggahan itu mendapat banyak komentar dari wargaet. Ada yang memuji, tapi ada juga yang mencibir karena kriterianya kurang meyakinkan atau kerap dipakai sebagai kegiatan politik.

"Efek habis buat lawan argentina, terus disorot media luar,” komentar seorang warganet.

"Tapi stadionnya sering buat acara diluar sepakbola. Contohnya minggu kemarin ada acara semua orang pakai seragam merah,ancur lebur rumputnya plus banyak sampah. 😢😂😢😂," tulis warganet lainnya.

"Emang gbk itu stadion bola??? Itu mah tempat konser sama buat kampanye.. Salah tuh media inggris," komentar warganet lainnya.

"Karna sering dipake konser jadi termasuk terbaik...," timpal warganet lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Sementara itu, Indonesia mendapat pelipur lara usai batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. FIFA secara resmi telah menunjuk Tanah Air sebagai lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 yang dijadwalkan berlangsung pada akhir tahun ini. Federasi sepak bola dunia itu memastikan Indonesia menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-17 2023 usai membuat pengumuman resmi Jumat (23/6/2023) kemarin.

Kesempatan ini didapat setelah Peru batal menggelar kompetisi akibat ketidaksiapan infrastruktur. Adapun Piala Dunia U-17 diagendakan bergulir mulai 10 November hingga 2 Desember mendatang. Akan tetapi, jadwal penyelenggaraan FIFA U-17 World Cup rupanya menuai perhatian dari masyarakat.

Pasalnya, ajang Piala Dunia U-17 2023 saling tumpang tindih dengan jadwal konser Coldplay. Sebagaimana diketahui, band asal Inggris bakal menggelar konser di Jakarta pada 15 November 2023.

Mereka bakal menggunakan Gelora Bung Karno, sebagai venue, sehingga dikhaawatirkan bakal saling ‘berebut’ dengan lokasi pelaksanaan Piala Dunia U-17.  Ketua Umum PSSI Erick Thohir pun angkat bicara menanggapi situasi ini. 

 

4 dari 4 halaman

Konser Coldplay di SUGBK

Ia mengaku tidak bisa memastikan apakah akan ada perubahan pada jadwal konser Coldplay di GBK. Namun, pihaknya berkomitmen bakal berupaya duduk bersama demi mencari solusi.

"Tentu hari ini presscon untuk sepak bola, bukan (konser) Coldplay. Jadi saya tidak bisa menyatakan apakah Coldplay itu (jadwalnya) mundur atau tetap," tutur Ketum PSSI dalam konferensi pers di Menara Dana Reksa, Jakarta, Sabtu (24/6/2023), melansir kanal Bola Liputan6.com.

"Itu yang saya katakan, kita (perlu) duduk bersama, mencari solusi. Karena dua-duanya event bagus buat Indonesia. Jangan kita sentral ego, bahwa ini yang benar, yang lain harus ngalah. Tidak, kita cari solusi," tandas sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu.

Meski begitu, Erick juga menegaskan bahwa lapangan tim nasional pada dasarnya harus siap untuk kepentingan timnas. Pasalnya selain Piala Dunia U-17, pasukan sepak bola Merah Putih juga punya agenda melakoni FIFA Matchday pada November mendatang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini