Sukses

Mengenal Cypon, Cosplayer Asal Cilacap dengan Banyak Prestasi

Bagi Cypon, menjadi cosplayer ternama adalah mimpinya sejak awal.

Liputan6.com, Jakarta - Nama lengkap wanita milenial asal Cilacap kelahiran 20 Agustus 1999 ini adalah Fanda Kanugrahaeni. Tapi ia lebih dikenal dengan nama panggung Cypon. Sudah sejak lama dirinya menekuni dunia cosplay. Bahkan, dirinya sudah menekuni bidang ini sejak tahun 2014 lalu.

Pemilik akun Instagram @ci.pon ini mengatakan, menjadi cosplayer ternama adalah mimpinya sejak awal. Pada tahun 2014, dirinya mulai masuk ke dunia cosplay dengan karakter Rikka Takanashi dari anime Chunnibyou.

"Setelah itu saya melanjutkan karir sebagai group idol dance cover dari anime LoveLive yang diberi nama Starrush. Saat itu saya melakukan dance cover sambil cosplay dengan karakter yang ada didalam karakter anime tersebut," cerita dia. Diakuinya, setelah dirinya graduate dari Starrush, ia memilih mengikuti group idol dari SMA-nya yang bernama idol group Galaxias.

"Disitu saya menjalani idol group selama 1 tahun di berbagai event yang berada di Purwokerto," katanya. Usai lulus SMA dirinya pun memutuskan untuk hijrah dan pindah ke ibukota Jakarta. Di Jakarta, ia masih berusaha untuk tetap fokus bekerja di bidang yang sama. Cosplay tetap menjadi pilihannya.

Perjuangannya pun tak sia-sia. Sebab dirinya terbukti mampu membuktikan diri bisa bertahan dan sukses di bidang tersebut. Berbagai event cosplay berhasil diikutinya, seperti Ennichisai 2019, dimana dirinya berhasil menjadi cosplayer dengan karakter favoritnya yaitu Toga Himiko dari My Hero Academia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cosplayer dan Idol Group

Di saat karirnya tengah moncer, pandemi Covid-19 tiba-tiba melanda dunia, termasuk di Indonesia. Berbagai event pun otomatis dihentikan. Di saat itulah dirinya sempat vakum selama beberapa tahun hingga kemudian memutuskan untuk kembali pindah ke kota lain.

"Saya memutuskan untuk pindah ke Yogyakarta. Di kota ini saya kembali menjalani karir saya dengan menjadi cosplayer di berbagai event di Yogyakarta. Saya juga aktif mengupload cosplay saya di Instagram @ci.pon," ungkapnya.

Selama menjadi cosplayer, Cypon juga cukup berprestasi. Dirinya tercatat pernah menjuarai beberapa kejuaraan, seperti Juara 2 Dance Cover LoveLive di Egao Japan Festival 2015 dan Juara Coswalk dalam acara Botani Cosplay Invasion 3 pada 2019.

"Mimpi saya ke depan, akan terus melanjutkan karir sebagai Cosplayer di berbagai event yang ada. Dan juga ingin melanjutkan karir sebagai idol group," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini