Sukses

Ada Pusat Oleh-Oleh Jakarta di Spot Budaya Dukuh Atas, Jual Suvenir Kreasi UMKM Lokal

Di pusat oleh-oleh Jakarta di Spot Budaya Dukuh Atas itu terdapat vending machine yang menjajakan beragam suvenir kreasi UMKM lokal.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta Experience Board (JXB) telah meresmikan Jakarta Creative Zone by JXB - Buy Local, yang berlokasi di Jalan Sudirman, tepatnya di Spot Budaya Dukuh Atas. Tempat pusat informasi turis yang juga berisi aneka oleh-oleh khas Jakarta tersebut dibangun dalam rangka mendukung program Kegiatan Strategis Daerah 2020 Pemprov DKI Jakarta mengenai Rencana Aksi ‘Implementasi Street Kiosk’ Program Penyediaan Ruang Usaha.

Peluncuran dilakukan pada Kamis, 14 Juni 2023, dan dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Keuangan Pemprov DKI Jakarta Sri Haryati, Wakil Wali Kota Jaksel Edi Sumantri, para kepala dinas dan jajaran Pemprov DKI Jakarta, Dewan Komisaris dan Direksi JXB, serta perwakilan seluruh BUMD DKI Jakarta. 

Di Creative Zone by JXB - Buy Local, pelancong dapat menemukan aneka suvenir buatan UMKM lokal dengan desain menarik yang menampilkan corak budaya Jakarta, mulai dari kaos, tote bag, piring, dompet, dan masih banyak suvenir lainnya. Selain itu, pejalan kaki maupun turis bisa mendapatkan informasi terkait pariwisata di Jakarta dengan adanya monitor layar sentuh yang menyediakan berbagai informasi.

Pada bagian direktori tempat makan di Jakarta, pengunjung dapat mencari bar and lounge, makanan tradisional, restoran, kafe hingga street food di Jakarta. Ada pula rekomendasi penginapan hingga acara-acara yang diselenggarakan di Jakarta.

Fasilitas ini juga dilengkapi dengan area duduk, instalasi kreatif, ruang komunal, dan vending machine yang menjual cindera mata karya UMKM lokal. Nantinya, Vending Machine berisi suvenir tersebut akan disebar di beberapa titik di Jakarta. Dengan mengintegrasikan pariwisata, UMKM dan ruang publik kreatif, Buy Local diharapkan dapat menjadi kebanggaan dan persembahan bagi masyarakat seiring menyambut kemeriahan HUT ke-496 DKI Jakarta. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Creative Zone Kedua oleh Jakarta Experience Board

Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda DKI Jakarta Sri Haryati mengapresiasi hadirnya Jakarta Creative Zone by JXB Buy Local. "Dengan hadirnya Buy Local, maka akan berkontribusi pada peningkatan sektor pariwisata dan UMKM. Kedua sektor yang sedang terus kami gencarkan untuk mewujudkan Jakarta sebagai pusat ekonomi," jelas Sri Haryati pada peresmian JXB - Buy Local tersebut.

"Sebanyak 60 persen pelaku usaha ekonomi Jakarta berasal dari UMKM sehingga hadirnya fasilitas ini memberikan ruang dan semangat kepada UMKM," tambahnya.

Saat ini, JXB sudah memiliki dua titik creative zone dengan dua edisi berbeda. Sebelum Buy Local, pada 11 Juni 2023 JXB baru saja meresmikan Jakarta Creative Zone by JXB - Riverview di kawasan Banjir Kanal Barat. Berbeda tema dengan edisi Buy Local, Jakarta Creative Zone by JXB-Riverview dilengkapi dengan smart glass toilet, area kuliner serta ruang interaksi sebagai tempat aktivasi kreatif di ruang publik.

Novita Dewi, Direktur Utama JXB mengatakan, "Yang Riverview itu lebih ke pusat kreatif dan pelatihan. Jadi akan banyak pelatihan-pelatihan yang akan dijalankan di sana dengan melibatkan banyak komunitas. Seperti yang kemarin pelatihan untuk upcycling kain-kain fabrik untuk menjadi tas dan lain-lain."

"Sementara yang Buy Local lebih mengajak teman-teman membeli produk lokal kemudian menampilkan suvenir-suvenir khas Jakarta serta ada pusat informasi turis yang bekerja sama dengan Disparekraf," ujarnya saat diwawancarai Liputan6.com. Nantinya, JXB juga berencana menambahkan photo booth dengan baju tradisional Betawi dan encim yang dapat disewa. Tiket-tiket event di Jakarta juga akan dijual di Buy Local.

3 dari 4 halaman

Sasar Anak Muda dan Turis

Ide membuat Creative Zone by JXB - Buy Local sudah dicetuskan sejak 2020 dan pembangunannya dimulai pada 2022. Pada pembukaan perdananya ini, Buy Local menggaet enam jenama UMKM lokal dengan kualitas premium untuk menjual produk-produk kreatifnya.

Keenam jenama tersebut adalah Kitaoneus Asia yang merupakan wadah advokasi bagi anak-anak berkebutuhan khusus yang salah satu produknya adalah boneka. Ada pula kolaborator lainnya, yaitu Sepiring Indonesia, Rekarekat, Tioria by Caramia, Minilab 99, dan Peggy's Art.

Sepiring Indonesia menjual aneka peralatan makan seperti piring, mangkok dan gelas dengan ilustrasi menarik yang menggambarkan budaya Indonesia. Tioria by Caramia menjual T-Shirt bergambar ondel-ondel hingga selendang bergambar bajaj, Peggy’s Art menjual Boneka Kayu Patung Betawi, Rekarekat menjual Puzzle bergambar budaya Jakarta dan Minilab 99 di antaranya menjual pouch serut. 

JXB bekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta untuk mengkurasi jenama terpilih, termasuk UMKM binaan kedua Dinas tersebut.

"Kriteria UMKM yang dipilih adalah yang produknya up-to-date, eye catching, dan kreatif karena sasaran kami adalah anak muda dan turis. Selain itu harus lokal, autentik, tidak diproduksi dari luar negeri dan tidak diimpor," ujar Azizah Rahmazahra, Product Supervisor Jakarta Experince Board kepada Liputan6.com. 

4 dari 4 halaman

Wadah UMKM Lokal Unjuk Gigi

Kisaran harga suvenir yang dijual di Buy Local cukup beragam, mulai dari kartu pos seharga Rp8.000 per lembar hingga yang paling mahal ialah nampan kayu seharga Rp1,19 juta. JXB menerapkan sistem rolling atau pergantian jenama sehingga semua UMKM di Jakarta bisa terlibat dan berpartisipasi.

"Saya mengajak rekan-rekan semua untuk bergabung, bersinergi dan sama-sama menghadirkan fasilitas pariwisata yang mumpuni di tengah kota. Kami juga mengundang UMKM untuk memanfaatkan ruang ini agar produknya lebih dekat dengan masyarakat," ujar Novita Dewi, Direktur Utama JXB. 

Para pelaku UMKM yang ingin produknya dijual di Jakarta Creative Zone by JXB - Buy Local dapat mendaftarkan diri di situs web jxboard.co.id pada bagian 'Calling for Tenants'. Azizah mengatakan, "Tidak hanya di sini saja, banyak Creative Zone di Jakarta yang memanfaatkan UMKM lokal sehingga UMKM memiliki banyak peluang dan berkesempatan untuk berjualan di tempat-tempat lain juga."

Dengan lokasinya yang strategis, ini akan memudahkan masyarakat dan turis yang sedang mencari suvenir khas Jakarta. Jakarta Creative Zone by JXB - Buy Local buka setiap hari pada pukul 07.00 hingga 21.00 WIB saat weekday dan pukul 06.00 hingga 22.00 WIB saat weekend. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.