Sukses

Rekomendasi Sederet Event untuk Isi Libur Tanggal Merah Bulan Juni 2023

Dari acara budaya, musik, sampai kuliner, berikut sejumlah event untuk mengisi libur tanggal merah bulan Juni 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Juni hampir menjelang, apakah Anda punya rencana berlibur dalam 30 hari ke depan? Kalau iya, Anda mungkin ingin menyambangi sejumlah event untuk mengisi tanggal merah bulan Juni 2023.

Sebagaimana diketahui, ada tiga tanggal merah dan satu cuti bersama pada Juni 2023. Mereka adalah:

  • Kamis, 1 Juni 2023: Libur Nasional Hari Lahir Pancasila
  • Jumat, 2 Juni 2023: Cuti Bersama Hari Raya Waisak
  • Minggu, 4 Juni 2023: Libur Nasional Hari Raya Waisak 2567 BE
  • Kamis, 29 Juni: Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah

Di waktu-waktu itu, terdapat sejumlah acara di berbagai daerah di Indonesia yang menarik untuk disambangi. Sementara libur Waisak dan Iduladha akan diisi sederet ibadah bagi umat Buddha dan Muslim, Anda yang tidak merayakan salah satu atau keduanya bisa menjadwalkan pergi ke deretan acara menarik. Berikut beberapa rekomendasinya, dikutip dari berbagai sumber, Senin, 29 Mei 2023.

Gelar Melayu Serumpun (30 Mei--2 Jun 2023)

Melansir situs web Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Gelar Melayu Serumpun adalah ajang silaturahmi yang mempertemukan Etnis Melayu dari berbagai wilayah dan negara, dengan budaya lain. Acara berisi atraksi seni kearifan lokal ini digelar sebagai sarana promosi pariwisata Kota Medan.

Kegiatan ini melibatkan beberapa negara tetangga yang memiliki kedekatan rumpun dan diikuti hampir seluruh Kabupaten/Kota se-Sumatra Utara dan beberapa provinsi di Indonesia. Dengan tema "Takkan Melayu Hilang di Bumi," tahun ini merupakan kali ke-6 event di momen tanggal merah bulan Juni 2023 tersebut digelar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Festival Salo Karajae (31 Mei--4 Jun 2023)

Festival Salo Karajae merupakan acara tahunan yang diselenggarakan untuk mempromosikan pariwisata Sulawesi Selatan, khususnya Kota Parepare. Ini merupakan festival pesisir sungai terbesar di Sulawesi Selatan dengan mengeksplorasi kearifan lokal masyarakat sekitar pesisir Sungai Karajae.

Pelaksanaan event berlangsung di kawasan wisata Tonrangeng River Side, mengangkat berbagai lomba-lomba unik, seperti lomba perahu hias, lomba perahu naga, perahu kayak, lomba memancing, lomba tangkap bebek. Tahun ini, lomba tarik tambang perahu akan masuk dalam rangkaian lomba.

Ada juga lomba tari kreasi, lomba tari mappadendang, lomba tari gandrang bulo, dan lomba masak makanan laut untuk oleh para pelaku UMKM.

Pesona Belitung Beach Festival (1--4 Juni 2023)

Pesona Belitung Beach Festival Tahun 2023 akan mengusung keragaman seni budaya bernuansa kebaharian yang berkembang di Kabupaten Belitung. Ini kemudian dipadukan dengan keindahan alam pantai dan berbasis geopark Belitong.

Rangkaian kegiatannya akan diisi parade budaya, fun walk, serta berbagai lomba bernuansa kebaharian. Selain itu, ada juga pameran pelaku ekonomi kreatif dan produk kuliner.

3 dari 4 halaman

Festival Budaya Sa-Ijaan

Berlangsung di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, event ini mengangkat tema "KOTABARU GERBANG NUSANTARA" yang bermakna upaya pengembangan pariwisata di Kabupaten Kotabaru dalam persiapan menyongsong ibu kota Nusantara dengan berbasis seni pertunjukan.

Festival Bunga dan Buah (2--4 Juni 2023)

Di tahun 2023, Festival Bunga dan Buah akan kembali digelar dengan tema "The Beauty of Karo" guna menunjukkan keindahan Kabupaten Karo melalui Karnaval Mobil Hias di sepanjang jalan arteri Kota Berastagi yang dihiasi beragam bunga dari Kabupaten Karo. Selama event, pengunjung diperbolehkan makan buah gratis dengan total seberat satu ton.

Semasa Piknik (2--4 Juni 2023)

Semasa Piknik adalah event tahunan yang diadakan Semasa untuk mengajak warga Jakarta mendukung ekonomi kreatif dan UMKM lokal sambil menikmati kegiatan outdoor lewat piknik bersama. Tahun ini, acara tersebut akan terselenggara di Taman Lapangan Banteng Jakarta.

Festival Van Der Wijck (2--3 Juni 2023)

Berlangsung di Yogyakarta, Festival Van Der Wijck 2023 mengusung tiga konsep utama, yaitu back to nature, local engagement, dan authentic experience. Sebagai pengejawantahan konsep back to nature, penggunaan kantong plastik, botol/gelas/piring plastik, dan styrofoam akan sangat diminimalkan.

Java Jazz Festival 2023 (2--4 Juni 2023)

Java Jazz Festival akan kembali hadir tahun ini untuk yang ke-18 kali. Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2023 akan digelar selama tiga hari, pada 2--4 Juni 2023, di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran. Penyelenggaraannya menampilkan line-up dengan lebih dari 125 musisi Indonesia dan internasional.

4 dari 4 halaman

Festival Lampion Waisak 2023 (4 Juni 2023)

Festival Lampion Waisak bakal kembali terselenggara pada Minggu, 4 Juni 2023, merujuk unggahan akun Instagram Borobudur Meditation, beberapa waktu lalu. Festival penerbangan lampion tahun ini terbagi atas dua sesi, yakni sesi 1 pukul 17.30--19.00 WIB dan sesi 2 pukul 20.00--21.30 WIB.

Disebutkan pula dalam poster acara bahwa seluruh peserta dapat mengikuti lomba foto dan video berhadiah logam mulia untuk 20 orang pemenang. Pastikan Anda sudah mengantongi tiketnya.

Wolobobo Ngada Festival (28--30 Juni 2023)

Wolobobo Ngada Festival (WNF) 2023 di NTT mengusung tema, "Kopi, Tenun, Bambu" untuk menampilkan kekayaan alam dan budaya Ngada yang telah lama jadi identitas daerah, Juga, menempatkan nama Ngada dalam peta agro maupun heritage nasional-internasional.

Festival Ulos dan Fashion (30 Juni--2 Juli 2023)

Rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan di festival di Tapanuli Utara, Sumatra Utara ini adalah Festival Tenun, Festival Ulos, Pesta Matumona, Pemilihan Putra/i Pariwisata, dan Gowes de Sibandang II. Festival ini merupakan upaya untuk mengembalikan aspek simbolik dan sakral dari ulos dalam ritus hidup orang Batak, selain juga membangun kapasitas penenun lokal.

Balikpapan Fest (30 Juni--3 Juli 2023)

Berangkat dari nilai-nilai yang dimiliki kota Balikpapan, Balikpapan Fest 2023 mengangkat tema "Cultural Diversity in Nusantara." Adapun rangkaian event tersebut di antaranya adalah pagelaran seni budaya, fashion festival, barista dan e-sport competition, festival kuliner dan UMKM, serta vaksinasi massal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini