Sukses

M Bloc Group Sulap Bangunan Bersejarah Jadi Ruang Kreatif, dari Jakarta hingga Lokananta

M Bloc Group yang bernaung di PT. Radar Ruang Riang telah menyulap deretan bangunan bersejarah Tanah Air menjadi ruang kreatif publik. Perjalanan "menghidupkan" kembali gedung yang memiliki nilai historis yang dikemas dengan balutan kekinian ini dimulai dari M Bloc Space.

Liputan6.com, Jakarta - M Bloc Group yang bernaung di PT. Radar Ruang Riang telah menyulap deretan bangunan bersejarah Tanah Air menjadi ruang kreatif publik. Perjalanan "menghidupkan" kembali gedung yang memiliki nilai historis yang dikemas dengan balutan kekinian ini dimulai dari M Bloc Space.

Glenn Fredly, Handoko Hendroyono, Jacob Gatot Sura, Lance Mengong, Mario Sugianto, dan Wendi Putranto adalah nama-nama yang berperan besar dalam kehadiran M Bloc Space. Ruang kreatif dan tempat pertunjukan musik itu resmi dibuka pada 26 September 2019.

M Bloc Space menempati bekas gudang percetakan uang Peruri yang berdiri pada 1955. Kompleks bangunan yang berada di pojok Jalan Melawai No.37, Jakarta Selatan itu sebelumnya bak rumah hantu, sepi dan gelap dengan pagar tinggi.

Wajah bekas kompleks gudang percetakan uang itu kini berubah 180 derajat. M Bloc Space berhasil membuat kawula muda Ibu Kota menyemut.

M Bloc terbagi dua area besar. Di bekas rumah modern tropis yang sempat ditempati keluarga pejabat Peruri kini dimanfaatkan sebagai tempat usaha sejumlah brand lokal, seperti kedai jamu Suwe Ora Jamu hingga tempat makan dan clothing. Sementara di bekas gudang disulap menjadi lounge dan venue berkapasitas 350 orang untuk konser musik serta pertunjukan seni lainnya.

M Bloc Space secara umum masih tetap mempertahankan fasad lama bangunan. Terlihat dari teralis jendela dari rumah modern tropis yang dibiarkan seperti aslinya, hanya dicat ulang saja. Begitu pula dengan beberapa sudut gudang yang membuat kesan retro begitu kental. Banyak sudut-sudut Instagramable di sana yang makin membuat anak-anak muda betah.

Uniknya, tempat itu tak menyediakan lahan parkir selayaknya fasilitas kebanyakan ruang publik. Glenn sempat menjelaskan alasannya.

"Parkiran ditiadakan agar pengunjung berjalan kaki dan menikmati berjalan di trotoar," ujarnya saat menggelar konser peluncuran album terakhirnya, Romansa ke Masa Depan, November 2019 lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pos Bloc hingga JNM Bloc

Berlanjut dengan kehadiran Pos Bloc, ruang kreatif yang berlokasi di Gedung Filateli Jakarta dengan alamat Jl. Pos, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Peresmian oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pada Minggu 10 Oktober 2021 ini dilakukan setelah menjalani renovasi fisik selama lebih dari tiga bulan lamanya.

Dikutip dari Bisnis Liputan6.com, Pos Bloc Jakarta merupakan proyek cipta ruang (placemaking) hasil kolaborasi antara PT Pos Indonesia (Persero) sebagai BUMN tertua di tanah air melalui anak perusahaan PT Pos Properti Indonesia dengan pihak swasta, PT Ruang Kreatif Pos. Tidak hanya pertunjukan musik, Pos Bloc juga mewadahi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang kuliner, film, fesyen, dan kriya.

Dari Jakarta, ruang kreatif lainnya hadir di Yogyakarta. Adalah JNM Bloc yang menyulap aset bekas Gedung Kampus Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) yang bersejarah.

JNM Bloc berlokasi di Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ruang kreatif ini turut mengusung semangat Arts, Culture, & Entertainment In A Historical Site.

3 dari 4 halaman

Pos Bloc Medan hingga Fabriek Bloc

Ruang kreatif M Bloc Group juga hadir di Medan, Sumatera Utara yang bernama Pos Bloc Medan. Dikutip dari Regional Liputan6.com, PT Pos Properti Indonesa berkolaborasi dengan PT Ruang Kreatif Pos segera merenovasi fisik Kantor Pos Medan yang berada di Jalan Pos, Nomor 1, Kesawan, menjadi ruang kreatif atau creative placemaking berbasis komunitas.

Direktur PT Pos Properti Indonesia, Handriani Tjatur Setiowati mengatakan, proyek Pos Bloc Medan bakal merevitalisasi Gedung Kantor Pos Medan yang telah berusia 111 tahun menjadi sebuah creative hub multi-fungsi bagi berbagai komunitas kreatif, pengembangan talenta lokal, pemberdayaan bisnis UMKM dan UKM.

Perjalanan berlanjut ke ruang kreatif yang dibuka di Padang, Sumatera Barat yang hadir dengan tajuk Fabriek Bloc. Dikutip Antara, lokasi Fabriek Bloc di bekas pabrik seng Polyguna Nusantara yang beralamat di Jan Profesor dr Hamka Kilometer 9,5, Kota Padang.

"Kehadiran Fabriek Bloc di Padang memiliki misi yang kongkret yaitu memperkuat ekosistem kekuatan kreatif lokal dengan para pemangku kepentingan yang akan saling memberdayakan," kata Handoko Hendroyono selaku Co-founder M Bloc Group, Rabu, 12 Januari 2022.

Fabriek Bloc merupakan proyek cipta ruang (placemaking) hasil kolaborasi antara PT Radar Ruang Riang dengan pihak swasta (PT Tropical Multi Co) yang kemudian melebur dalam PT Ruang Fabriek Kreatif dan menjadi bagian dari unit usaha M Bloc Group. Fabriek Bloc menjadi ruang kreatif publik bagi berbagai acara seni, budaya, hiburan, niaga, lab inkubator talenta lokal, hingga pemberdayaan bisnis UKM/UMKM yang terkurasi.

4 dari 4 halaman

Lokananta Bloc

Persembahan M Bloc Group yang akan segera hadir adalah Lokananta Bloc. Berdasarkan keterangan yang dikutip dari akun Instagram Lokananta Bloc, pada Selasa, 18 April lalu di Jakarta, telah dilakukan penandatanganan ringkasan utama kerjasama pengelolaan salah satu landmark kota Surakarta yang sangat legendaris, Lokananta.

"Penandatanganan ini dilakukan antara PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) diwakili oleh Rizwan Rizal Abidin (Direktur Investasi 1 & Restrukturisasi) dengan PT Ruang Riang Lokananta selaku operator yang diwakili oleh Wendi Putranto (CEO @lokanantabloc)," bunyi keterangan dalam unggahan pada 20 April 2023 tersebut.

Lokananta baru akan menjadi destinasi wisata cagar budaya sekaligus ruang kreatif publik komersial berbasis musik. Di dalam kawasan ini akan terdapat studio rekaman baru, galeri seni, musik, dan sejarah, toko cinderamata, ruang konser, ampiteater, berbagai gerai F&B, gerai UKM terkurasi, dan sebagainya.

"Ke depannya para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seru di kawasan Lokananta yang baru. Mulai dari nonton konser, atraksi seni budaya, rekaman musik, mengunjungi pameran musik, belanja vinyl, cinderamata musik, berkegiatan bareng komunitas, nongkrong di cafe, hingga sekadar bersantai menikmati sore di ampiteater Lokananta nan indah," lanjut keterangan itu.

Sementara pada bio Instagram akun ini tertulis, "Nantikan! Segera! Destinasi cagar budaya musik Indonesia."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini