Sukses

Kelas Scale Up Gratis untuk Kembangkan Bisnis Kuliner Kuliner, Digelar di 4 Kota

Roadshow yang berisi kelas-kelas yang berguna untuk mengembangkan bisnis F&B ini dapat diikuti secara gratis oleh para pebisnis kuliner lokal di empat kota, yakni Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan pemulihan kondisi ekonomi pasca pandemi COVID-19, bisnis pada sektor industri makanan minuman atau Food and Beverages (F&B) tengah berkembang pesat. Merespons pertumbuhan tersebut, PT Esensi Solusi Buana (ESB) menggandeng Foodizz Academy untuk menjalankan sebuah roadshow yang bertajuk F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal.

Roadshow ini berlangsung mulai Maret hingga Agustus 2023. Roadshow yang berisi kelas-kelas yang berguna untuk mengembangkan bisnis kuliner ini dapat diikuti secara gratis oleh para pebisnis kuliner lokal di empat kota, yakni Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bali.

"F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal adalah salah satu komitmen dari ESB dengan menggandeng Foodizz Academy untuk mendukung perkembangan bisnis kuliner lokal," ujar CEO dan Co-Founder ESB, Gunawan dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta Selatan pada Selasa, 23 Mei 2023.

Ia menambahkan, "Khususnya di Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Bali sebagai kota-kota besar yang potensi bisnisnya terus meningkat seiring pulihnya perekonomian pasca-pandemi." 

Pada 2019, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di Indonesia mencapai 3.996.325. Di Jawa Timur terdapat 746.732 UMK, kemudian di Jawa Tengah terdapat 569.896 UMK, di DKI Jakarta terdapat 285.880 UMK, dan di Bali terdapat 53.971 UMK. Angka tersebut menunjukkan bahwa pengembangan bisnis UMKM menjadi hal yang dibutuhkan masyarakat, terlebih UMKM merupakan penopang ekonomi Indonesia di masa pandemi Covid-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ilmu dari Pengusaha Berpengalaman

F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal dirancang untuk memberikan langkah-langkah strategis dan taktis pada bisnis kuliner yang siap melakukan scale up atau proses untuk meningkatkan skala bisnis. 

"Peserta tidak hanya mendapatkan full materi, namun juga diskusi dan best practices knowledge yang dilakukan selama dua hari berturut-turut dalam seminar yang dibawakan oleh Edukator Foodizz," ujar Founder dan Edukator Foodizz Academy, Rex Marindo.

Materi dalam kelas pada roadshow akan membahas berbagai hal terkait peningkatan skala bisnis F&B. Contohnya seperti menentukan bisnis model yang tepat untuk scale up atau ekspansi bisnis F&B. 

Selain itu, bagaimana memahami skema bisnis kuliner dalam bentuk kemitraan atau waralaba, merencanakan bisnis dan manajemen keuangan yang detail dalam proses scale up, hingga memahami peranan dan adopsi teknologi dalam mengembangkan bisnis untuk menjaga profitabilitas.

Rex Marindo mengatakan, "Tema kelasnya semua terkait scale up, terutama bagaimana teknologi membantu bisnis kuliner bisa scale up profitability, omzet, dan lain-lain. Karena suka tidak suka, teknologi jadi kunci."

3 dari 4 halaman

Tiga Materi Utama

F&B National Roadshow Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal telah berlangsung di Jakarta pada 13--14 Maret 2023. Sedangkan, yang terdekat akan diadakan di Surabaya pada 30-3-1 Mei 2023.  Selanjutnya Roadshow di Semarang akan digelar pada 17--18 Juli 2023 dan Bali pada 29--30 Agustus 2023.

Calon peserta di masing-masing kota dapat mendaftar melalui http://bit.ly/scaleup-daftar. Setelah itu, calon peserta akan dikurasi oleh ESB dan Foodizz untuk dapat mengikuti kelas ini secara gratis.

Pada dua hari penyelenggaraan kelas di masing-masing kota akan terdapat tiga materi utama yang diberikan kepada peserta. Materi pertama yaitu Scale Up & Expansion Business Model. Materi ini menjelaskan mengenai critical point dalam proses Scale Up Business dan Expansion Business Model, agar para pebisnis kuliner dapat menjaga usahanya untuk tetap berkelanjutan dan berkembang.

Terdapat pula materi Tech-enable for Profitability & Growth. Materi ini membahas mengenai teknologi apa saja yang digunakan perusahaan-perusahaan besar yang sudah memiliki banyak cabang dan dapat dijadikan contoh saat melakukan scale up nantinya. ESB bersama Foodizz Academy juga mengembangkan kelas Fundamental for Scale Up Company yaitu untuk mengetahui Business Plan serta Financial Model yang ada dalam Scale Up Company.

4 dari 4 halaman

Bantu Perekonomian Lokal Kota

F&B National Roadshow Kelas Scale Up Bisnis Kuliner Juara Lokal diharapkan dapat membantu para pebisnis kuliner serta memajukan perekonomian lokal di masing-masing kota melalui pembukaan lapangan pekerjaan. 

"Kami berharap roadshow ini dapat memperkuat bisnis para pengusaha kuliner lokal sehingga membantu bangkitnya perekonomian lokal, khususnya di bidang kuliner," ucap Gunawan.

Sejauh ini total terdapat 1.994 pendaftar yang berasal dari semua kota tempat diadakannya roadshow. Sedangkan pada penyelenggaraan di kota Jakarta kemarin, total 660 orang pebisnis hadir mengikuti kelas secara daring dan luring.

Manfaat dari kelas scale up bisnis yang dilakukan oleh ESB dan Foodizz juga dirasakan oleh brand minuman kekinian, MUNIM. "Saya merasa beruntung bisa mengikuti kelas ESB dan Foodizz karena kelas ini mengingatkan saya kembali bahwa industri F&B adalah industri yang rawan perubahan, sehingga kita tidak boleh terlena," ujar pemilik MUNIM, Affan Arisga.

"Kelas ini juga salah satunya mengajarkan pentingnya sistem ERP (Enterprise Resource Planning), karena data adalah intangible asset yang berguna bagi keberlangsungan bisnis," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.