Sukses

Tersangkut Kasus Korupsi, Johnny G. Plate Punya Koleksi Sepatu LV Seharga Belasan Juta Rupiah

Johnny G Plate beberapa kali kedapatan memakai sepatu mewah. Salah satunya adalah keluaran rumah mode terkenal Louis Vuitton (LV).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menjadi tersangka kasus dugaan korupsi penyediaan infrastrukur Base Transceiver Station (BTS) 4G pada Rabu, 17 Mei 2023. BTS 4G merupakan proyek dari Kemkominfo yang bertujuan mempercepat pembangunan BTS 4G untuk wilayah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T) agar pembangunan infrastruktur telekomunikasi yang merata.

Sebelum ditetapkan sebagai tersangka korupsi, Johnny G Plate yang kini sudah dicopot dari jabatannya sebagai Menkominfo beberapa kali kedapatan memakai sepatu mewah. Salah satunya adalah keluaran rumah mode terkenal dari Prancis, Louis Vuitton (LV).

Johnny G Plate memang sosok yang sangat memperhatikan fesyen dan gaya busana. Jadi, tidak heran jika ia kerap menggunakan sepatu mewah dengan harga fantastis saat menghadiri berbagai acara penting.

Salah satunya, sepatu Louis Vuitton Loafer Biru saat memantau vaksinasi Covid-19 pada Juni 2021 lalu. Dalam foto yang diunggah di akun Instagramnya, mantan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem itu terlihat memakai jaket biru dengan aksen tenun warna emas di bagian tengahnya. Ia mengenakan celana panjang hitam dan sepatu biru LV yang terlihat senada dengan jaket yang digunakannya.

Sepatu ini dibuat di Italia, menurut situs Ebay. Harga sepatu tersebut sekitar 1.090 dolar AS atau setara Rp17 juta. Sepatu ini dibuat menggunakan jahitan tangan, ditambah aksesori inisial LV dengan ukuran cukup besar di bagian tengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sepatu LV Lainnya

Dalam kesempatan lainnya, Johnny juga pernah terlihat menggunakan sepatu mewah LV saat menghadiri acara kenegaraan. Ia mengenakan jas dan kain tenun serta topi adat Nusa Tenggara Timur (NTT).

Potret ini dibagikan di akun instagram Jurnalis, Gina Sara Melati, @ginasaramelati. Johnny tetap tampil mewah dengan sepatu LV Major Loafer Damier, yang menurut situs Buyma dibanderol dengan harga 1.230 dollar AS atau setara Rp 18 juta.

Tak hanya sepatu, Johnny juga pernah beberapa kali terlihat menggunakan mobil mewah. Tidak main-main jenis mobil mewah yang ditumpangi Johnny adalah Mercedes-Maybach S650. Maybach merupakan ultra-luxury series dari Mercedes-Benz. Mobil tersebut dikenal dengan desain elegan, kemewahan, fitur kelas atas, serta kenyamanan tinggi.

Melansir kanal Otomotif Liputan6.com, tipe Maybach S 650 yang digunakan sediri merupakan salah satu tipe mobil paling mewah yang ditawarkan Mercedes-Benz. Saat ini, Maybach S-Class milik politisi partai Nasdem tersebut tidak lagi dijual oleh Mercedes-Benz Indonesia.

Populasinya juga sangat sedikit karena harganya yang fantastis. Menurut beberapa sumber, harga satu unit Mercedes Maybach S650 Johnny mencapai Rp6,9 miliar.

3 dari 4 halaman

Mobil Mewah Johnny G.Plate

Mobil super mewah ini dibekali mesin bertenaga karena di balik kap bersemayam mesin V12 berkubikasi 5.980cc.  Mesin tersebut diklaim mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 630 tk dan torsi maksimum 1.000 Nm. Tidak kalah menarik, mesin ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam 4,7 detik.

Namun, mobil mewah tersebut tak tercantum dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Johnny. Padahal, seluruh pejabat negara diwajibkan melaporkan harta kekayaanya ke LHKPN agar mereka terhidar dari menikmati harta yang tidak sah saat menjabat.

Dalam laporan yang tersebut, Johnny hanya mencantumkan tiga kendaraan, yakni Toyota Alphard 2013 seharga Rp320 juta, Mitsubishi Fuso Colt Truck 2013 yang nilainya ditaksir sekitar Rp140 jutaan, serta motor Honda Vario 2019 bernilai Rp13,5 juta. Sementara, Mercedes-Maybach S650 yang super mewah dan kerap ia tumpangi sama sekali tidak ditemukan.

Kabar terbarunya, Kejaksaan Agung (Kejagung) menyita kendaraan jenis mobil Johnny G. Plate. Kasubdit Penyidikan Direktorat Penyidikan Jampidsus Kejagung Haryoko Ari Prabowo membenarkan adanya mobil milik Johnny G. Plate yang disita penyidik sebagai barang bukti kasus tersebut.

4 dari 4 halaman

Mobil Johnny G. Plate Disita

"Iya, baru satu,” ucap Bowo singkat kepada wartawan, Minggu, 21 Mei 2023, mengutip kanal News Liputan6.com.

Bowo belum merinci lebih jauh terkait jenis dan kisaran harga mobil Johnny G. Plate yang disita penyidik. Meski begitu, terpantau sejak Jumat, 19 Mei 2023 ada mobil merek Renge Rover putih berplat B 10 HAN yang diduga milik Menkominfo Johnny G. Plate, telah terparkir di sekitaran Gedung Bundar Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung.

Selain melakukan penyitaan, penyidik juga memanggil kembali sejumlah saksi dalam rangka pemeriksaan untuk tersangka Johnny G. Plate pada Jumat, 19 Mei 2023. Mereka adalah Latifah Hanum (LH) selaku Kepala Divisi Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Pemerintah BAKTI Kominfo, dan Heppy Endah Palupy (HEP) selaku Kepala Bagian Tata Usaha Kominfo.

"Kedua orang saksi diperiksa untuk tersangka AAL, tersangka GMS, tersangka YS, tersangka MA, tersangka IH dan tersangka JGP," kata Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana dalam keterangannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.