Sukses

Insiden Pengunjung Museum Memakan Karya Seni Pisang Seharga Rp1,7 Miliar

Ini bukan kali pertama karya seni pisang karya seniman Italia Maurizio Cattelan seharga Rp1,7 miliar itu dimakan secara sembarangan.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan lalu, seorang mahasiswa seni dari Universitas Nasional Seoul memakan pisang yang merupakan karya seni ikonis seniman Italia, Maurizio Cattelan. Karya seni pisang itu diketahui tengah dipajang di dinding Museum Seni Leeum di Seoul, Korea Selatan.

"Mahasiswa itu mengatakan pada museum bahwa ia memakannya karena lapar," kata juru bicara museum pada CNN, dilansir Selasa, 2 Mei 2023. Berjudul "Comedian," karya tersebut jadi salah satu jejak terbesar di dunia seni saat terjual seharga 120 ribu dolar AS (sekitar Rp1,7 miliar) di Art Basel Miami Beach pada Desember 2019.

Dua edisi lain dari karya tersebut juga dijual di pameran tersebut. Setelah mengunyah buah pisang yang merupakan karya seni itu, mahasiswa tersebut menempelkan kembali kulitnya ke dinding. Kulitnya kemudian diganti museum dengan pisang segar.

"Itu terjadi tiba-tiba, jadi tidak ada tindakan khusus yang diambil. Seniman (Cattelan) diberitahu tentang kejadian itu, tapi ia tidak bereaksi apa-apa," tambah juru bicara museum.

Karya tersebut merupakan bagian dari pameran tunggal Cattelan WE yang saat ini berjalan di museum yang berbasis di Seoul hingga 16 Juli 2023. Pisang itu sendiri secara teratur ditukar setiap dua hingga tiga hari, dan tidak untuk dijual.

Seniman Italia ini dikenal dengan karya satir yang menantang budaya populer, sering memicu perdebatan seputar seni konseptual. Sayang, ini bukan pertama kalinya seseorang mengira karya seninya adalah "buah yang sudah matang dan bisa dipetik."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Kejadian Pertama

Setelah edisi pertama "Comedian" terjual kembali pada 2019, artis pertunjukan David Datuna tanpa basa-basi mengambil pisang yang dipajang di galeri Perrotin di Art Basel di Miami dan melahapnya sambil disaksikan para penonton yang terpana.

Datuna menikmati aksi tersebut, mengunggah ke Instagram pada saat mengatakan, "Saya sangat menyukai instalasi ini. Ini sangat enak." Ia kemudian membela tindakan tersebut, menyebutnya sebagai pertunjukan seni di konferensi pers dan bukan tindakan vandalisme.

Sebelum penjualan karya seni jadi tajuk utama, Perrotin mengatakan pada CNN bahwa pisang adalah "simbol perdagangan global, tujuan ganda, serta perangkat klasik untuk humor." Ia menambahkan bahwa Cattelan mengubah benda biasa jadi "kendaraan yang menyenangkan dan menyenangkan."

Dengan harga karya seninya yang tinggi, seniman penciptanya tidak memberikan petunjuk pada pembeli potensial tentang apa yang harus dilakukan ketika karya seni pisang itu mulai membusuk. Karya seni ini juga sempat terlibat dalam pertarungan hak cipta.

3 dari 4 halaman

Perselisihan Hak Cipta Karya Seni

Pada 2022, Joe Morford, seorang seniman dari Glendale, California, menuduh bahwa Cattelan menjiplak karya seninya pada 2000 berjudul "Banana & Orange." Karya itu memperlihatkan buah tituler ditempel dengan lakban pada latar belakang hijau yang dicat di dinding.

Menurut dokumen pengadilan, Morford, yang mewakili dirinya sendiri, telah mendaftarkan karya seni tersebut ke Kantor Hak Cipta AS dan mengunggah karya tersebut di situs webnya, Facebook, dan akun YouTube jauh sebelum Cattelan membuat "Comedian." Pengacara Cattelan berpendapat bahwa Morford "tidak memiliki hak cipta yang sah," atas elemen karya seni: pisang dan lakban yang menempel di dinding.

Salah satu karya seni viral Cattelan lain adalah toilet padat emas 18 karat "berjudul" Amerika, senilai sekitar 6 juta dolar AS. Ini pertama kali dipasang di Guggenheim New York pada 2016 dan terbuka untuk digunakan pengunjung.

Kemudian pada 2019, itu dicuri dari tempat kelahiran Winston Churchill di Istana Bleinheim di Inggris, tempat karya itu dipamerkan. Itu belum pernah ditemukan.

4 dari 4 halaman

Profil Maurizio Cattelan

Dalam profilnya, Cattelan diketahui sebagai seniman kelahiran Padua, Italia, pada 1960. Cattelan, yang tidak memiliki pendidikan formal dan menganggap dirinya sebagai "pekerja seni" daripada seniman, sering dicirikan sebagai pelawak istana dunia seni, catat laman Guggenheim Museum.

Label ini berbicara tidak hanya tentang seleranya akan ketidaksopanan dan absurd, tapi juga interogasi mendalam Cattelan terhadap norma dan hierarki yang mendarah daging secara sosial. Di awal kariernya, ia melontarkan ejekannya pada tokoh-tokoh di dunia seni.

Untuk Errotin, le vrai Lapin (1995) Cattelan meyakinkan gallerist dan womanizer terkenal Emmanuel Lapin untuk mengenakan kostum kelinci merah muda raksasa berbentuk lingga ke pembukaan galeri Cattelan. Pada 1998, seorang sukarelawan berparade di sekitar SITE Santa Fe mengenakan kostum karikatur Georgia O'Keefe dari papier-mâché yang terlalu besar.

Pada tahun yang sama, kedok Pablo Picasso yang sama lucunya menyambut pengunjung Museum Seni Modern di New York. Pada akhir 1990-an, Cattelan mulai membuat patung figural hiper-realistis, dan dalam karya-karya ini, ia secara teratur menusuk kepribadian dunia seni lain. Karya-karya, seperti Mini-me (1999), La Rivoluzione Siamo Noi (2000), dan We (2010) menggunakan citra sang seniman sendiri dengan nada yang jelas mengejek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini