Sukses

3 Terminal Bandara Soekarno-Hatta Siap Layani Delegasi KTT ASEAN 2023 Labuan Bajo

Ada 20 bandara AP II yang akan mendukung sosialisasi KTT ASEAN 2023, termasuk terminal penumpang di Bandara Soetta.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah persiapan dilakukan PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II untuk menyambut ASEAN Summit 2023 atau KTT ASEAN 2023 yang terlaksana pada 9--10 Mei 2023 di di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). AP II memastikan kelancaran dan pelayanan maksimal untuk menyambut kedatangan para kepala negeri dan delegasi peserta KTT ke-42 ASEAN.

Hal tersebut ditegaskan Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (29/4/2023).

"Kami sudah koordinasi dengan seluruh stakeholder Bandara Soekarno Hatta untuk memastikan keamanan, kelancaran penerbangan maupun proses kedatangan internasional serta keberangkatan domestik para delegasi menuju Labuan Bajo," terang Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, Sabtu, 29 April 2023, dalam keterangan tertulis dari Kemenparekraf yang diterima Liputan6.com.

Pertemuan para kepala negara Asia Tenggara tersebut dinilai sangat penting sehingga AP II selaku pengelola Bandara Soetta harus memastikan kelancaran dan pelayanan terbaik, termasuk sosialisasi demi suksesnya event internasional itu. Bandara Soetta, Tangerang, Banten yang dikelola AP II termasuk salah satu pintu masuk bagi para delegasi KTT ASEAN untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo, NTT. 

Meski begitu Awaluddin menegaskan jika seluruh bandara AP II lainnya akan ikut mendukung, terutama sosialisasi mengenai gelaran KTT ke-42 ASEAN. "Ada 20 bandara AP II yang akan mendukung sosialisasi KTT ke-42 ASEAN melalui seluruh digital banner yang ada di terminal penumpang," ucap Awaluddin.

Sementara itu, kedatangan delegasi dari luar negeri disiapkan melalui terminal 3 dan gedung VIP terminal 3 bagi para VVIP, VIP serta menteri dari negara-negara ASEAN. "Delegasi yang datang dari luar negeri dan tiba di terminal 3 akan menemui hospitality desk dan menjalani proses kedatangan internasional," jelas Executive General Manager Bandara Soetta Dwi Ananda Wicaksana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penerbangan Setiap Hari ke Labuan Bajo

"Bagi para delegasi VVIP, VIP, dan menteri negara-negara ASEAN akan menemui hospitality desk dan menjalani proses kedatangan internasional di gedung VIP terminal 3," sambungnya.

Terminal 1, terminal 2, dan terminal 3 juga disiapkan untuk keberangkatan rute domestik para delegasi menuju Labuan Bajo. "Saat ini terdapat penerbangan setiap hari (daily) dari Bandara Soetta ke Labuan Bajo yang dioperasikan oleh 3 maskapai, yaitu Garuda Indonesia, Citilink, dan Batik Air," ungkap Dwi.

Selain itu, Bandara Soetta juga membuka posko di gedung VIP yang berada di kawasan terminal 3 untuk memastikan kelancaran penanganan delegasi KTT ke-42 ASEAN. Posko juga terletak di area kedatangan internasional terminal 3.

Sementara itu, Direktur Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina mengatakan ada serangkaian pesta rakyat di KTT ASEAN 2023. Acara tersebut terselenggara melalui kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Gelaran yang akan berlangsung di sela-sela KTT ASEAN 2023, yakni street carnival, Festival Goa Batu Cermin, SMEs Hub, serta lainnya.

3 dari 4 halaman

Pesta Rakyat di Labuan Bajo

"Pesta Rakyat ini terdiri dari bazar kuliner, pertunjukan musik dan budaya, serta fashion show. Kehadiran side event ini ditujukan untuk melibatkan masyarakat lokal secara aktif, salah satunya melalui dukungan ekosistem kreatif atau UMKM di Labuan Bajo," terang Shana.

Ia menyebut semua kegiatan melibatkan masyarakat lokal secara aktif sebagai upaya mengakomodir antusiasme masyarakat melalui dukungan ekosistem kreatif dan UMKM di Labuan Bajo. Ekosistem ini turut menggandeng sanggar-sanggar budaya lokal setempat, para seniman, hingga para pelajar sekolah.

Harapannya, keterlibatan masyarakat secara aktif akan berdampak ekonomi yang positif bagi masyarakat Labuan Bajo. "Pesta Rakyat ini akan melibatkan berbagai konten budaya lokal, seperti kegiatan bazar yang berisi berbagai produk parekraf lokal seperti kuliner, tenun, suvenir, produk-produk lokal unggulan seperti kopi dan gula rebok, serta produk kerajinan tangan lainnya," kata Shana.

"Selain itu, secara khusus street carnival akan melibatkan lebih luas lagi masyarakat mulai dari siswa-siswi sekolah hingga sanggar-sanggar budaya lokal, serta para seniman lokal melalui pertunjukan musik. Juga mengundang artis ibu kota untuk menghibur masyarakat dan delegasi," lanjut Shana.

4 dari 4 halaman

Mengedukasi Masyarakat Labuan Bajo Tentang ASEAN

Sementara, Pesta Rakyat juga menghadirkan program ASEAN Youth yang akan melibatkan 22 anggota delegasi dari negara-negara ASEAN. Para peserta akan live on board, dialog dengan ASEAN Leaders, dan diskusi dengan pemuda lokal untuk lebih membumikan urgensi ASEAN di kalangan pemuda.

Menurut Shana, program ini selaras dengan upaya yang dilakukan oleh BPOLBF dalam mengamplifikasi dan mengedukasi masyarakat Labuan Bajo tentang ASEAN. Promosi dan edukasi dilakukan sejak awal melalui berbagai bentuk publikasi di berbagai media massa baik lokal, nasional, maupun internasional dan diamplifikasi digital dengan mendiseminasikan informasi melalui berbagai akun media sosial berbagai Kementerian dan Lembaga, juga akun-akun media sosial lainnya.

Di sisi lain, mengutip keterangan di Instagram resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), @kemenparekrafri yang diunggah pada Selasa, 25 April 2023, setidaknya ada 1.156 kamar dari 22 hotel dan resor di Labuan Bajo yang telah disiapkan. Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo meninjau kesiapan lokasi dan infrastruktur penunjang dalam kunjungan kerja 18--20 April 2023 ke Labuan Bajo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.