Sukses

Rekomendasi Wisata Kuliner di Jalur Mudik Lebaran Idul Fitri 2023, dari Bandung hingga Purwokerto

Momen mudik Lebaran Idul Fitri 2023 tak lengkap tanpa berwisata kuliner di sepanjang jalur mudik. Simak ulasannya di kawasan Bandung hingga Purwokerto berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Momen mudik Lebaran Idul Fitri 2023 tak lengkap tanpa berwisata kuliner di sepanjang jalur mudik. Setelah sebelumnya dibahas di kawasan Cilegon, Serang, Karawang, Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Semarang, Salatiga, Solo, Ngawi, Kertosono, Mojokerto, Surabaya, Pasuruan, Malang, Probolinggo, Situbondo, dan Banyuwangi kini rekomendasi bergeser ke Bandung, Tasikmalaya, Banyumas, dan Purwokerto.

Dikutip dari Buku "Yuk Mampir! - Peta Kuliner Jalur Lebaran Pulau Jawa" oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Rabu, 26 April 2023, berikut rangkuman selengkapnya:

Bandung

Banyak alasan untuk datang ke Bandung. Selain wisata alam yang indah, kota kreatif ini juga menyuguhkan menu kuliner lezat yang sayang untuk dilewatkan. Keindahan yang dimiliki kota inipun membuatnya dijuluki sebagai Paris van Java.

Rekomendasi kuliner:

1. Mie Kocok Bandung

Mie kocok dapat dijumpai di berbagai sudut kota Bandung. Mie kocok adalah hidangan mi yang berkuah kaldu sapi dan terdiri atas mi kuning yang disajikan dalam kuah kaldu sapi kental, irisan kikil, taoge, bakso, jeruk nipis, dan ditaburi irisan seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

Lokasi: Jl. Ternate No. 2 (Seberang Kramat Djati), Riau, Bandung

Jam Operasional: 09.30-20.00 WIB

2. Bubur Ayam Bandung

Makanan yang kini banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia ini tentu sudah menjadi favorit bagi banyak orang. Meski tak tentu asalnya, banyak yang meyakini bubur ayam mulanya berasal dari Kota Bandung. Bubur ayam pada dasarnya berisikan bubur nasi dengan isian suwiran ayam, cakwe, kacang kedelai, dan biasanya dengan bumbu santan ditambah kecap asin/ manis sesuai selera.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Tahu Susu Goreng Cihuni

Tahu Susu Cihuni menyajikan berbagai menu jajanan yang dibanderol dengan harga yang ramah di kantong. Tahu ini bertekstur sangat lembut seperti susu dan disajikan dengan sambal kecap dan irisan cabai. Selain menjual tahu susu, pada Tahu Susu Cihuni ini terdapat beberapa menu yang tak kalah enaknya.

Lokasi: Jl. Kebon Kawung Kios Barat, Pasirkaliki, Bandung, Jawa Barat

Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00-20.30 WIB

4. Pindang Pusaka Ma Ecot Dua

Untuk membedakan pindang Ma Ecot asli dan yang tidak bisa dibuktikan dengan rasa pindang dan teksturnya. Harga pindang ikan mas tersebut dijual Rp15 ribu dan Rp20 ribu tergantung ukuran.

Lokasi: Jl. Raya Bandung - Garut, Kec. Nagreg, Kab. Bandung, Jawa Barat

Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00-18.00 WIB

Tasikmalaya

Selain dikenal sebagai kota yang memiliki banyak pesantren, kota ini pun memiliki banyak jenis kuliner lezat. Salah satunya adalah pepes ikan paskot.

Rekomendasi kuliner:

1. Nasi Tutug Oncom Kalektoran

Biasanya Nasi Tutug Oncom dihidangkan dengan sambal, aneka gorengan renyah, telur ayam, hingga mentimun sebagai lalapan.

Lokasi: Jl. R. Ikik Wiradikarta, Tawangsari, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat

Jam Operasional: Senin-Sabtu, 07.00-11.00 WIB, Minggu, 07.00-13.00 WIB

3 dari 4 halaman

Banyumas

Banyumas adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibu kotanya adalah Purwokerto. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Brebes di utara; Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen di timur,serta Kabupaten Cilacap di sebelah selatan dan barat.

Rekomendasi kuliner:

1. Bakmi Nyemek Bu Trimo

Menu yang di sajikan yaitu mie nyemek, mie rebus goreng, nasi goreng, bihun rebus/goreng, ayam goreng sambal lalap bakmi nyemek ini berisi mie yang dicampur ayam suwir, telor, ati ampela. Tiap menu yang disajikan dijual dengan harga Rp25 ribu--Rp30 ribu.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, Karanganyar Berkoh, Kab. Banyumas, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00-22.00 WIB

2. Sate Bebek Wek-Wek

Lokasi strategis di tepi jalan raya Tambak (sebelah SMPN-1), daging bebeknya empuk dangurih dilengkapi sambal kecap plus mentimundan mendoan.

Lokasi: Jl. Raya, Kaligalih, Kamulyan, Tambak, Banyumas, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari, 08.00-00.00 WIB

Purwokerto

Purwokerto adalah ibu kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang banyak memiliki objek wisata alam. Di kota ini juga terdapat museum Bank Rakyat Indonesia, karena bank pelat merah itu pertama kali berdiri ada di sini dan pendiri bank ini adalah Raden Bei Aria Wirjaatmadja, putra daerah Purwokerto. Tak hanya wisata alam, Purwokerto punya banyak jenis makanan khas yang tentunya sayang jika Anda lewatkan saat berkunjung ke sini.

Rekomendasi kuliner:

1. Oemah Tahu Purwokerto

Oemah Tahu Sumedang ini pertama kali berdiri di Purwokerto, tepatnya di kawasan Tambaksogra Purwokerto. Menu andalannya aneka jenis tahu. Namun, beragam jenis masakan khas daerah juga turut menjadi menu favorit pelanggan Oemah Tahu Sumedang Mang Eman.

Lokasi: Jl. Raya Tambaksogra, Karangcegak, Kab. Banyumas, Jawa Tengah

Jam Operasional: Senin-Jumat, 09.00-21.00 WIB, Sabtu-Minggu, 09.00-22.00 WIB

4 dari 4 halaman

2. Kupat Tahu

Tahu kupat Mbah Djawi adalah makanan tradisional khas Banyumas. Makanan ini berbahan dasar ketupat dan tahu yang telah digoreng, karena itu sering disebut juga tahu goreng, tahu masak, atau tahu gecot. Tahu yang telah digoreng kemudian dipotong-potong, dan disajikan bersama irisan ketupat, kecambah, kubis, sambal, air gula, dan taburan bawang goreng.

Lokasi: Jl. Pegadaian Banyumas Sebelah Utara Klenteng Banyumas, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00-17.00 WIB

3. Mie Jogja Mbah Darmo

Bakmi Jawa Mbah Darmo merupakan tempat makan yang berada di Yogyakarta. Rumah makan ini menyajikan berbagai menu bakmie yang dibanderol murah dan bersahabat dnegankantong. Selain bakmie, di rumah makan ini terdapat menu nasi goreng hingga rica-rica.

Lokasi: Komplek Spbu, Jl. Senopati, Arcawinangun, Kab. Banyumas, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari, 14.00-22.00 WIB

4. Oemah Wedus

Omah Wedus yang terletak di Banyumas ini menyajikan menu komplit sate, gule, tengkleng, tongseng, dll. Rekomendasi untuk mendapatkan cita rasa kambing dengan berbagai bentuk olahan. Pelayan yang ramah dan suasana asri membuat tempat ini menjadi rekomendasi yang wajib untuk dikunjungi.

Lokasi: Jl. Raya Tambaksogra, Dusun III, Tambaksogra, Kab. Banyumas, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari, 11.00-20.30 WIB

5. Getuk Goreng Haji Tohirin

Getuk Goreng Haji Tohirin sudah berdiri sejak 1913. Ada berbagai varian rasa yang tersedia di antaranya rasa durian, nangka, cokelat dan nanas. Getuk goreng biasanya disajikan dengan menggunakan bungkus yang alami, yaitu kotak anyaman bambu berbentuk persegi.

Lokasi: Jl. Suparjo Rustam, Dusun II, Sokaraja Kulon, Kab. Banyumas, Jawa Tengah

Jam Operasional: Buka 24 Jam

6. Ayam Panggang Mba Lies

Kunci kelezatan dari Ayam Panggang Mba Lies berasal dari bahan-bahan pilihan segar yang terjaga mutunya serta teknik pengolahan dan cara memasak yang unik. Ayam panggang ini tersedia dalam dua rasa pedas dan original.Menu pilihan lainnya yaitu ikan gurame.

Lokasi: Jl. R. Soepeno, Dusun I, Beji, Kec. Kedungbanteng, Kab. Banyumas, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari, 10.00-21.00 WIB

7. Soto Sutri Komplit

Lokasi: Jl. Pramuka, Dusun II, Sokaraja Kulon, Kab. Banyumas, Jawa Tengah

Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00-14.00 WIB

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.