Sukses

Tips Jaga Hidrasi Tubuh Saat Puasa, Bantu Tetap Segar Saat Aktif Seharian

Berikut ini beberapa strategi yang perlu diterapkan untuk menjaga hidrasi tubuh selama berpuasa.

Liputan6.com, Jakarta Puasa bukan alasan buat mager dan nggak melakukan aktivitas apapun. Tahukah kamu kalau rahasia jaga tubuh tetap aktif dan bebas lemas walau sibuk seharian saat puasa adalah dengan menjaga kebutuhan hidrasi tubuh? 

Saat sedang berpuasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan saat beraktivitas. Hal ini yang sering membuat tubuh terasa lemas, mengantuk, dan susah konsentrasi. Supaya tetap aktif dan produktif melakukan berbagai kegiatan sepanjang hari, berikut ini beberapa strategi yang perlu diterapkan untuk menjaga hidrasi tubuh selama berpuasa. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perhatikan Asupan Air Putih Setiap Hari

Hal pertama yang perlu diperhatikan jika ingin menjaga hidrasi tubuh selama berpuasa adalah memastikan kebutuhan cairan lewat air putih terpenuhi dengan baik. Waktu untuk makan dan minum selama berpuasa memang terbatas. Jadi, penting untuk mengatur jadwal minum air putih dengan tepat untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. 

Selain untuk sumber hidrasi tubuh, air putih juga membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi dengan baik. Jadi, pastikan kebutuhan air putih harian terpenuhi dengan baik untuk menjaga kesehatan tubuh dengan maksimal. 

3 dari 5 halaman

Konsumsi Sayur dan Buah yang Kaya Kandungan Air

Selain dari air putih, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh yang lebih optimal dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya kandungan air selama berpuasa. Misalnya saja berbuka dengan buah-buahan seperti kurma, semangka, atau anggur yang lebih sehat dan bisa membantu mengembalikan kebutuhan cairan tubuh yang hilang selama puasa. 

Selain itu, memasukkan sayuran hijau seperti selada atau bayam ke dalam menu berbuka atau sahur juga bisa menjadi asupan cairan tambahan untuk tubuh. Nggak hanya dapat mencegah dehidrasi, buah dan sayur juga mengandung serat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan selama berpuasa.

4 dari 5 halaman

Hindari Minuman yang Mengandung Kafein

Teh dan kopi memang terasa nikmat dan dapat memberikan semangat untuk para pencintanya. Namun, sebaiknya hindari teh, kopi dan minuman yang mengandung kafein lainnya selama berpuasa untuk mencegah dehidrasi. Apa hubungannya sih? 

Ternyata, kedua minuman tersebut memiliki sifat diuretik yang dapat membuat tubuh jadi cepat haus dan lelah. Zat diuretik ini juga dapat meningkatkan frekuensi ke toilet yang menyebabkan banyak cairan tubuh yang hilang. 

Meskipun kafein dapat memberikan semangat, tapi sifatnya hanya sementara. Sahur dengan kafein berisiko membuat tubuh terasa lemas dan mudah haus karena efek diuretik dari minuman tersebut. Jadi, waktunya bijak memilih minuman yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka ya!

5 dari 5 halaman

Dapatkan #ExcellentHydration for #ExcellentRamadan Setiap Hari

Kebutuhan hidrasi tubuh yang maksimal sangat penting terlebih buat yang aktif seharian dengan berbagai kegiatan di luar rumah. Selain lewat asupan air putih dan makanan, konsumsi minuman isotonik juga bisa direkomendasikan demi hidrasi tubuh yang lebih optimal. Saatnya dapatkan #ExcellentHydration for #ExcellentRamadan dengan rutin mengonsumsi Isoplus Coco setiap hari. 

Minuman isotonik yang satu ini mengandung air kelapa muda Thailand dan 7 ion yang lengkap. Cairannya menyerupai cairan tubuh sehingga lebih cepat diserap untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Rasanya fresh dan tasty seenak kelapa muda Thailand. Nggak heran kalau minuman ini cocok menemani momen sahur dan berbuka. 

Yuk, saatnya penuhi kebutuhan hidrasi tubuh dengan Isoplus Coco! Jangan lupa follow juga Instagram @isoplus7ion untuk mendapatkan info menarik lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini