Sukses

6 Candaan April Mop yang Berubah Jadi Tragedi

Liputan6.com, Jakarta - April Mop yang dalam bahasa Inggris disebut April Fool's Day, adalah tradisi dilakukan setiap tanggal 1 April setiap tahunnya di seluruh dunia. Khusus di hari April Mop, orang-orang sering kali bermain lelucon, memperdaya, dan membuat kejutan untuk mengundang tawa korban lelucon atau orang disekitarnya.

Ada banyak teori tentang asal-usul Hari April Mop, tetapi beberapa sejarawan percaya bahwa hari itu berasal dari tahun 1582 ketika Prancis beralih ke kalender Gregorian, yang mengubah Hari Tahun Baru dari 1 April menjadi 1 Januari. Di luar dari tradisi April Mop, banyak lelucon yang justru menjadi bencana seperti dirangkum Liputan6.com dari dari laman Reader's Digest, Sabtu (1/4/2023).

1. Lelucon Tentang Letusan Gunung Great Blue Hill

Pada April Mop tahun 1980, seorang produser berita TV Boston bernama Homer Cilley, membuat candaan April Mop tentang siaran televisi sebuah bukit di Milton, Massachusetts yang mulai mengeluarkan lahar dan memuntahkan api. Dia memasukkan peringatan palsu dari presiden Jimmy Carter saat itu dan rekaman nyata dari letusan Gunung St. Helens yang menyiratkan bahwa gunung berapi Massachusetts telah meletus sepenuhnya.

Lalu yang mengejutkan ada kata-kata "April Mop" di akhir segmen siaran tersebut. Meski mulanya hanya lelucon, ratusan warga yang panik membanjiri saluran telepon penegak hukum terkait berita itu. Cilley segera dipecat lantaran gagal melakukan "penilaian kabar baik" dan melanggar peraturan. Candaan ini justru membawa tragedi April Mop yang seharusnya bisa jadi pelajaran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Lelucon Kapal Titanic

Pada tahun 2001, seorang DJ di Inggris memutuskan untuk mengerjai pendengarnya pada tanggal 1 April dengan menyiarkan bahwa sebuah kapal yang tampak mencurigakan seperti Titanic dapat dilihat dari tebing di Beachy Head, sebuah wilayah di East Sussex. Ratusan pendengar yang mempercayainya berjalan ke tebing untuk melihat sekilas. Sayangnya, semua lalu lintas pejalan kaki menyebabkan retakan besar di permukaan tebing. Beberapa hari kemudian, tebing itu jatuh ke laut. 

3. Mengaku Hamil ke Pacar

Untuk April Mop 2013, Tori Wheeler yang berusia 18 tahun dari Tulsa, Oklahoma, mengerjai pacarnya, Derek Bauer dengan berpura-pura hamil. Wheeler — lalu kesal karena Bauer tidak menganggap leluconnya lucu seperti yang dia harapkan, ia akhirnya menikamnya dan polisi harus menyelesaikan masalah ini.

Bisa ditebak, dia kemudian mengatakan bahwa pisau itu adalah lelucon lain. Sehingga lelucon yang tadinya dibuat untuk mengagetkan sang pacar justru menjadi sebuah bencana baru karena harus berurusan dengan polisi. 

 

 

3 dari 4 halaman

4. Burger Whoppers untuk Kidal

 

Pada 1 April 1998, Burger King mengumumkan akan menawarkan versi Whopper yang telah dirancang dengan hati-hati untuk orang kidal. Lelucon itu benar-benar terjadi di Burger King dan membuat heboh ketika toko-toko di seluruh negeri dibanjiri pesanan untuk Whopper kidal.  Inilah kisah lama rantai makanan cepat saji favorit Anda yang memiliki riwayat lelucon April Mop.

5. Lelucon yang Hampir Menyebabkan Perang

Pada 1986, seorang perwira intelijen Israel memainkan lelucon April Mop yang melibatkan berita palsu bahwa seorang pemimpin Islam telah terluka parah dalam upaya pembunuhan. Sebenarnya tidak terlalu lucu, tapi berita itu langsung memicu ketegangan di wilayah tersebut dan orang iseng berpangkat tinggi itu diadili di pengadilan militer.

6. Mengerjai Bos Toko Dirampok

Untuk April Mop tahun 2003, seorang karyawan toko pakaian di Columbus, Ohio, memutuskan untuk menelepon bosnya dan memberi tahu dia bahwa seseorang sedang merampok toko di bawah todongan senjata. Sebelum dia punya waktu untuk meneleponnya kembali dan mengakui lelucon itu, bosnya telah memanggil polisi. Empat mobil patroli meluncur ke toko. Karyawan itu ditangkap karena menimbulkan kepanikan. 

4 dari 4 halaman

Asal-usul April Mop

Mengutip kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (1/4/2023), terkait asal-usil Aptil Mop, sejarawan juga mengaitkan hari April Mop dengan festival, seperti Hilaria yaitu bahasa Latin untuk kegembiraan yang dirayakan di Roma kuno pada akhir Maret oleh pengikut kultus Cybele. Perayaan ini melibatkan orang-orang menyamar dan mengejek sesama warga hingga hakim dan dikatakan terinspirasi oleh legenda Mesir tentang Isis, Osiris dan Seth. 

Ada juga spekulasi, April Mop dikaitkan dengan vernal equinox, atau hari pertama musim semi di Belahan Bumi Utara, ketika Ibu Pertiwi membodohi orang dengan perubahan cuaca yang tidak dapat diprediksi. Hari April Mop mulai menyebar ke seluruh daratan Inggris selama abad ke-18. Di Skotlandia, tradisi ini digelar selama dua hari diawali dengan "berburu gowk".

Berburu Gwok sendiri adalah momen dimana orang dikirim untuk tugas palsu, gowk adalah kata untuk burung kukuk yaitu simbol untuk orang bodoh. Perayaan diikuti dengan hari Tailie, yang melibatkan warga nge-prank seseorang dengan cara memasang ekor palsu atau menempelkan secarik kertas bertuliskan "tendang saya" di punggung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.