Sukses

Hak Cipta Resep Ramyun Bulgeuri Kreasi Jungkook BTS Diklaim Produsen Mi Instan?

Liputan6.com, Jakarta - Produsen ramyun Korea Selatan, Nongshim, mengajukan hak cipta untuk "bulgeuri," resep ramyun kreasi Jungkook BTS. Sebagaimana dilaporkan, pelantun lagu Still With You ini kedapatan berbagai resep unik untuk ramyun melalui unggahan Weverse, plarform media sosial untuk penggemar K-pop, pada 16 Maret 2023.

Resepnya bernama "bulgeuri," kombinasi rasa ramyun "neoguri" dan "buldak," rangkum Koreaboo, Jumat (24/3/2023). Dalam instruksi khususnya, Jungkook mencampur mi dan bumbu Neoguri dan Buldak untuk menciptakan "perpaduan rasa yang sempurna."

Investigasi EToday mengungkap bahwa Nongshim telah mengajukan hak cipta untuk "bulgeuri" pada hari yang sama dengan unggahan Jungkook. Ketika dimintai pernyataan, seorang karyawan Nongshim menjelaskan bahwa mereka mencoba memblokir bisnis lain untuk memanfaatkan istilah tersebut.

Ia berkata, "Jungkook BTS secara pribadi memperkenalkannya dan itu jadi masalah besar, jadi kami hanya mengajukannya dengan tujuan mencegahnya digunakan secara tidak hati-hati untuk bisnis, melindungi hak cipta Neoguri. Ini hanyalah tindakan bisnis yang protektif."

Di sisi lain, beberapa warganet dan ARMY mengungkap kekecewaannya terhadap brand tersebut. Mereka percaya, hak cipta harus diberikan pada Jungkook, karena ia adalah orang pertama yang mempublikasikan resep tersebut.

"Yah… Melihat bagaimana mereka juga merilis produk Jjapaguri, saya merasa mereka akan merilis ini juga," komentar seorang pengguna, sementara yang lain menulis, "Karena sudah begini, mereka harus mengangkat Jungkook sebagai juru bicara."

2 dari 4 halaman

Pengajuan Hak Cipta Sebelumnya

Sebelumnya, Nongshim telah mengajukan hak cipta atas istilah "Jjapaguri" setelah jadi terkenal melalui film Parasite. Kemudian pada 2020, mereka merilis mi cup Jjapaguri. Contoh lain, setelah resep kari dan Neoguri jadi terkenal, mereka juga merilis mi Neoguri rasa kari.

Yang lain memilih percaya pada Nongshim karena Buldak milik Samyang Foods, sementara Neoguri milik Nongshim, membuat peluang salah satu merek menjual produk untuk mendapatkan keuntungan agak rendah. Sejauh ini, Jungkook belum angkat bicara soal itu.

Alih-alih, ia malah mengejutkan penggemar dengan siaran larut malam yang singkat, namun manis pada Jumat dini hari, (24/3/2023). Meski sudah hampir pukul empat pagi di Seoul, Jungkook mengaku belum makan dan ingin mamasak.

Setelah memasak makanannya, idol berusia 25 tahun ini memakannya di depan ARMY. Para penggemar tidak bisa tidak memperhatikan betapa dramatisnya Jungkook saat dia makan. Ia tampak sangat bangga dengan apa yang telah dimasaknya, mengatakan, "Saya membuatnya sendiri, tapi sangat enak."

3 dari 4 halaman

Reaksi Dramatis Jungkook

Secara khusus, reaksi Jungkook BTS terhadap makanan buatannya dianggap sangat lucu saat ia secara dramatis mengungkap cinta dan penghargaannya atas apa yang baru saja ia masak. Itu bahkan sangat enak sehingga Jungkook harus menyertakan tarian lagu PSY dan Suga That That. Meski sudah lama sejak ia menunjukkan kecintaannya pada lagu tersebut, sepertinya ini adalah kesempatan yang sempurna untuk memamerkannya.

Jungkook sebelumnya telah live dalam empat babak di Weverse pada 14 Maret 2023. Selama 2,5 jam, pelantun lagu My Time ini menghabiskan waktu dengan ARMY membahas banyak hal, termasuk soal kecintaannya pada whiskey, musik yang diputarkan, menyanyikan sejumlah lagu, dan topik acak lainnya.

Selama siaran langsung ke-3, ia memainkan musik santai di ruangannya seraya bercanda hendak mengajak ARMY meditasi dan akhirnya tertidur. Namun di akhir, ia terdiam dan memandang ke arah layar. Sejumlah penggemar melihat matanya berkaca-kaca sehingga mereka menduga Jungkook menangis.

4 dari 4 halaman

Jungkook Menangis?

Melansir Koreaboo, 17 Maret 2023, penggemar yang khawatir lalu bertanya pada Jungook. Maknae BTS ini pun segera mengklarifikasi bahwa ia tidak menangis, tapi sedang membaca komentar. Ia juga menyebutkan soal rhinitis sebagai penyebab ia pilek ketika meminum alkohol. Karena itu, ia terlihat seperti menangis.

Kejadian itu lalu dilaporkan penggemar pada J-Hope saat ia menggelar siaran langsung di Weverse, dua hari setelah itu. Selama livemain dancer BTS itu membaca komentar penggemar yang mengatakan bahwa Jungkook terlihat menangis selama siaran langsung. J-Hope spontan menanyai alasan Jungkook menangis.

Tidak berapa lama, J-Hope meyakinkan penggemar agar tidak perlu khawatir mengenai Jungkook. "Karena dia seorang anak yang kuat," kata pelantun lagu MORE tersebut.

Namun, sebagian ARMY tidak terima dengan laporan penggemar di kolom komentar J-Hope. Meski mengapresiasi sikap J-Hope yang menunjukkan perhatian pada Jungkook, mayoritas kesal karena J-Hope harus khawatir atas sesuatu yang tidak benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.