Sukses

Profil Babymetal yang Bakal Konser di Indonesia pada 26 Mei 2023

Indonesia jadi negara pembuka dari tur Asia Babymetal.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira datang dari grup metal perempuan asal Jepang, Babymetal, yang baru mengumumkan jadwal tur terbaru mereka. Babymetal siap menggelar konser di Indonesia pada 26 Mei 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD.

Informasi mengenai konser tersebut diumumkan melalui akun Instagram resmi Babymetal pada Rabu, 15 Maret 2023. Grup pelantun Ijime, Dame, Zettai ini mengungkap antusiasme mereka mengenai konser dalam tur kali ini.

"Kami sangat senang mengumumkan Tur Asia dan Australia pertama kami!!" demikian bunyi keterangan dalam unggahan di Instagram Babymetal.

Indonesia jadi negara pembuka dari tur Asia. Konser kemudian berlanjut ke Bangkok pada 28 Mei 2023, Hong Kong pada 31 Mei 2023, Taipei pada 2 Juni 2023, dan Kuala Lumpur pada 4 Juni 2023.

Sementara, tur Australia dibuka di Brisbane pada 8 Juni 2023, lalu berlanjut ke Sydney pada 9 Juni 2023. Tur di Negeri Kanguru akan ditutup di Melbourne pada 11 Juni 2023.

Dikutip dari Babymetal Fandom, Rabu (16/3/2023), Babymetal digawangi Nakamoto Suzuka sebagai "Su-metal" dan Kikuchi Moa sebagai "Moametal." Line-up live juga terdiri dari satu penari cadangan dari grup "Avengers" yang mengisi ruang ketiga yang ditinggalkan mantan personel mereka, Mizuno Yui ("Yuimetal").

Vokal mereka didukung instrumentasi heavy metal, dibawakan sekelompok musisi yang dikenal sebagai "Kami Band" di pertunjukan. Konsep grup ini merupakan perpaduan antara genre metal dan idol. Kedua perempuan dan band mereka dikelola agensi Amuse. Mereka merilis album debut dengan nama yang sama pada Februari 2014.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Awal Karier Babymetal

Babymetal awalnya dibentuk pada 2010 sebagai subunit dari grup idol perempuan Sakura Gakuin, yang bertujuan mewujudkan "perpaduan (musik) metal dan idol." J-pop, Kobametal (produser Babymetal) mengatakan bahwa ia telah membayangkan pembentukan grup di sekitar vokal utama Nakamoto Suzuka (Su-metal) pada 2009, sejak Suzuka Karen Girl's dibubarkan.

Kobametal mencari lebih banyak anggota dan akhirnya memutuskan bahwa karena penampilan panggung Suzuka yang unik, anggota lain harus menyeimbangkannya. "Bagaimana jika anak-anak lain menari di sekelilingnya seperti malaikat?" katanya.

Ia lalu meminta Mizuno Yui (Yuimetal) dan Kikuchi Moa (Moametal) (keduanya baru berusia 10 tahun saat itu) untuk berpartisipasi. Tak satu pun dari ketiga anggota itu tahu apa itu musik metal sebelum dimulainya band.

Nakamoto pernah berkata dalam sebuah wawancara dengan MTV 81, "Pertama kali kami mendengar ide untuk Babymetal, kami seperti 'What the?!'". Menurut Kobametal, nama Babymetal datang kepadanya melalui wahyu. Ini adalah plesetan dari kata "heavy metal", seperti dalam bahasa Jepang, kata "baby" (ベビー bebī) berima dengan "heavy" (ヘビー hebī).

"Baby" mungkin menunjukkan kelucuan, sementara "metal" sebagai intensitas. Juga, ia suka menafsirkannya sebagai "newborn metal."

Dalam sebuah wawancara untuk Razor TV saat berada di Singapura pada akhir 2013, para anggota band juga menggunakan interpretasi yang terakhir. Mereka menyatakan merek metal mereka adalah genre yang baru lahir, dan itulah arti "bayi" dalam "Babymetal."

3 dari 4 halaman

Penampilan Live Pertama Babymetal

Penampilan live pertama Babymetal adalah pada 28 November 2010, di konser solo pertama Sakura Gakuin. Lagu pertama mereka, Doki Doki ☆ Morning, awalnya dirilis pada April 2011 di album Sakura Gakuin, Sakura Gakuin 2010nendo: Message.

Band kemudian merekam video musik untuk lagu tersebut, dan pada Oktober 2011 merilisnya sebagai single DVD yang ditujukan untuk distribusi terbatas (hanya tempat live). Klip telah diunggah ke YouTube yang awalnya hanya menarik beberapa penggemar idola Jepang. Tapi, dalam waktu sekitar sebulan, video musik itu mulai populer di luar negeri dan mengejutkan orang-orang di seluruh dunia.

Pada 16 Desember 2011, klip itu ditonton 380 ribu kali dengan penayangan terbanyak, selain dari Jepang, dari Amerika Utara, Rusia, Swedia, dan Finlandia. Kebanyakan dari 1.300 komentar tertulis dalam bahasa Inggris.

Dalam setahun, pada akhir 2012, video tersebut ditonton lebih dari 1 juta kali. Selain itu, pada Juli 2011 di konser Sakura Gakuin, Babymetal menayangkan perdana lagu kedua, Ijime, Dame, Zettai dengan lirik sensasional melawan intimidasi.

Single CD pertama Babymetal merupakan kolaborasi dengan band bernama Kiba of Akiba dan diberi judul "Babymetal × Kiba of Akiba." Dirilis di sublabel indie dari Toy's Factory (Jūonbu Records, sublabel yang sama dengan "Doki Doki Morning" dan kemudian "Head Bangya!!") pada Maret 2012, karya itu menduduki peringkat ke-3 di tangga lagu Indie mingguan Oricon dan nomor satu di peringkat indie mingguan Tower Records Shibuya.

Pada Juli 2012, Babymetal merilis single berjudul Headbanger!!. Video musiknya disutradarai Hidenobu Tanabe, yang dinobatkan sebagai Sutradara Terbaik tahun itu (2012) di Space Shower Music Video Awards.

4 dari 4 halaman

Tampil di Berbagai Negara

Pada Agustus 2012, Babymetal memulai debutnya di salah satu festival rock terbesar di Jepang, Summer Sonic. Dengan usia rata-rata 12 tahun, band ini menjadi artis termuda yang pernah tampil di sana.

Pada Januari 2013, band ini memulai debutnya di label rekaman besar dengan single Ijime, Dame, Zettai. Itu terjual 19 ribu eksemplar di minggu pertama dan memulai debutnya di nomor 6 di Oricon Weekly Singles Chart.

Pada musim semi 2013, Nakamoto Suzuka lulus sekolah menengah pertama dan karena itu harus "lulus" dari grup Sakura Gakuin (yang terdiri dari gadis-gadis hingga SMP). Namun, manajemen mereka memutuskan bahwa Babymetal tidak akan bubar dan akan melanjutkan aktivitasnya sebagai sebuah band.

Grup ini merilis single berikutnya, berjudul Megitsune pada Rabu, 19 Juni 2013. Pada 10 dan 11 Agustus 2013, Babymetal kembali ambil bagian dalam Summer Sonic Festival, tampil di Tokyo dan Osaka.

Kabarnya, anggota Metallica datang untuk menonton pertunjukan mereka. Kemudian, pada Oktober 2013, Babymetal juga menjadi artis termuda yang pernah tampil di festival musik heavy metal, Loud Park.

Pada November 2013, Babymetal merilis video promo pemutaran perdana film Metallica di Jepang Through the Never. Pada 26 Februari 2014, Babymetal merilis album self-title pertamanya.

Untuk awal tur dunia mereka, Babymetal menampilkan pertunjukan di Paris dan Cologne, yang juga menjadi perayaan ulang tahun ke-15 untuk Yuimetal dan Moametal. Babymetal membuat penampilan debut mereka di Inggris Raya pada Festival Sonisphere 2014.

Mereka tampil di panggung utama Apollo bersama band-band, seperti Deftones, Carcass, dan Iron Maiden pada 5 Juli 2014. Mereka tampil debut di AS pada 27 Juli 2014 sebagai penampil utama di The Fonda Theatre, Hollywood.

Mereka memainkan Heavy Montréal 2014 di Kanada pada 9 Agustus 2014 bersama band-band, seperti Metallica, Slayer, dan remaja metal Unlocking the Truth. Juga, tampil di Summer Sonic 2014 di Jepang di Mountain Stage dengan band-band, seperti Avenged Sevenfold dan Megadeth.

Babymetal juga menjadi artis pembuka untuk lima konser Lady Gaga dalam turnya "ArtRave: The Artpop Ball" pada Agustus 2014 di sepanjang Amerika Serikat bagian barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.