Sukses

Dior Disemprot Warganet China karena Dianggap Terlalu Mengistimewakan Jisoo BLACKPINK

Dior dianggap menganakemaskan Jisoo BLACKPINK dan bertindak bias terhadap aktris China yang menghadiri show rumah mode itu di Paris Fashion Week.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, warganet China menunjukkan rasa frustrasi mereka karena Dior dinilai pilih kasih dengan mengistimewakan Jisoo BLACKPINK  ketika idol K-pop itu menghadiri show rumah mode itu di Paris Fashion Week. Bias ini terutama disoroti terhadap perwakilan China.

Melansir KBIZoom, Jumat (10/3/2023), secara khusus, menurut Weibo dan Sin, Zhang Zi Yi, dan Liu Yu Xin, duta merek Dior di China, duduk di antara penonton biasa. Zhang juga disebut membayar pengeluaran tertentu dari dana pribadinya dan tidak disambut baik oleh CEO atau Direktur Kreatif merek tersebut.

Selain itu, dia tidak diberi busana dari koleksi baru untuk dikenakan ke acara tersebut. Warganet menyuarakan pendapat mereka terhadap perlakuan bias ini, mengatakan bahwa Zhang juga seorang aktris yang terkenal secara global sehingga mereka tidak terima ia diperlakukan seperti itu.

"Lebih baik ia tidak datang! Bagaimana (perlakuan bias itu) dapat kami terima?" kritik seorang warganet.

Namun, sikap online yang lebih netral juga mengemuka. Beberapa pengguna mengatakan, setelah beberapa lama menggunakan produk Dior dan menghadiri pertunjukan mereka di dalam dan luar negeri, Zhang belum diumumkan dengan gelar apapun.

Liu Yu Xin telah ditingkatkan dari "Friend of the House" jadi "Brand Ambassador" di China, namun tidak dalam skala global. Di sisi lain, Jisoo menerima titel duta global dari merek tersebut melalui nilai tambahnya pada merek tersebut, menghasilkan keuntungan dan nilai dampak media untuk Dior.

Dengan mengingat informasi tersebut, warganet menyerukan sudut pandang yang lebih objektif untuk memahami bagaimana setiap selebritas menerima perlakuan berbeda ketika mereka menghadiri acara yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cetak Sejarah

Jisoo dan portofolionya di dunia fesyen memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebelumnya, idol K-pop yang tengah bersiap debut solo pada akhir bulan ini mengukir sejarah sebagai perempuan Asia pertama yang tampil di sampul eksklusif Vogue Prancis.

Melansir KBIZoom, 24  Februari 2023, majalah mode kenamaan itu meluncurkan sampul edisi Maret 2023 pada 22 Februari 2023. Di sana, Jisoo bergaya bak cewek mamba dalam balutan gaun hitam renda strapless dengan rambut hitam lurus dan berponi.

"Jisoo memakai (busana) @dior," begitu bunyi penggalan keterangan unggahan yang dimaksud.

Menyambut Jisoo di sampul majalahnya, Vogue Prancis juga menulis, "Ini adalah pertama kalinya megastar K-pop membintangi sampul Vogue France. Lebih dari bintang musik global, Jisoo adalah generasi baru ikon budaya pop."

Vogue Prancis juga mengakui ketenaran global Jisoo dan BLACKPINK dengan menyatakan, "Menjadi terkenal berkat BLACKPINK, salah satu grup yang paling populer di dunia sejak 2016, ia adalah bintang sampul yang sempurna. Ia berani, bersemangat, dan lembut, namun tidak pernah rapuh."

3 dari 4 halaman

Influencer Mode Global Paling Berpengaruh

Sebelumnya, platform pemasaran influencer Prancis, Lefty, mengumumkan bahwa Jisoo menempati posisi pertama dalam peringkat influencer mode global. Menurut Haute Couture Spring/Summer Industry Report 2023, kehadiran Jisoo di Christian Dior Haute Couture Show pada Januari 2023 menghasilkan nilai media sebesar 21,9 juta dolar AS.

Lead vocalist BLACKPINK ini memang menarik perhatian saat menghadiri show Dior pada 23 Januari 2023. Duta global rumah mode itu menjelma bak Audrey Hepburn dalam pagelaran busana tersebut.

Kehadiran Jisoo di show ini langsung mencuri perhatian berkat visualnya yang memesona. Ia datang mengenakan busana serba putih, terdiri dari gaun putih bertali lebar dengan detail korset bordir dan rok lipit, serta kemeja putih di balik kain transparan. Busana itu merupakan koleksi Haute Couture Dior Fall/Winter 2023.

Tidak menggerai rambutnya seperti biasa, Jisoo tampil dengan poni dan sanggul tinggi. Poni yang mengingatkan pada gaya rambut khas Lisa BLACKPINK itu membuatnya semakin imut. Riasan bernuansa pink pun menyempurnakan pesonanya.

Ia juga menenteng tas putih Micro ady D-Joy yang digambari bunga-bunga lavender. Sebagai alas kaki, Jisoo memilih pump slingback J'Adior berenda yang dikenakannya dengan anggun.

Menurut laporan Fashionista.com, dikutip pada 24 Januari 2023, ini adalah keenam kalinya Jisoo menghadiri pertunjukan Dior sejak ia terpilih sebagai duta global pada Maret 2021. Merek mewah itu mendeskripsikan sosoknya sebagai pemancar semangat "feminitas bebas yang disalurkan dan digambarkan Maria Grazia Chiuri."

4 dari 4 halaman

Tampil Sensual

Namun demikian, tampilan Jisoo BLACKPINK tidak selalu terkesan bak putri. Potretnya di sampul majalah GQ Korea untuk mengampanyekan seri jam tangan Cartier Tank bisa jadi salah satu contoh berbeda.

Aura Jisoo yang manis dan imut sekejap berubah jadi sensual saat berpose mengenakan gaun ruffle warna kulit disertai jam tangan emas bernama Tank Francaise Watch. Merujuk situs web Cartier, jam tangan itu memiliki bingkai berbahan emas putih 18 K dan bertakhtakan 23 berlian dengan total 0,78 karat.

Jarum jam terbuat dari baja berwarna biru dengan penutup terbuat dari kristal safir. Harga jam tangan yang dipakai Jisoo disebut senilai 27.500 dolar AS (sekitar Rp412 juta). Ada pula model yang berukuran medium dengan harga 30.700 dolar AS (sekitar hampir Rp460 juta).

Jisoo didapuk jadi duta Cartier pada Mei 2022. Jenama perhiasan itu sampai menggandakan nilai kontrak Dior untuk mengamankan kerja sama dengan bintang drama Snowdrop tersebut. Jisoo jadi personel ke-4 BLACKPINK yang jadi duta global untuk perhiasan mewah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.