Sukses

Tren Busana Lebaran di Koleksi Spesial Brand Fesyen Lokal untuk Ultah ke-11 Lazada

Lazada Indonesia meluncurkan kolaborasi yang mempertemukan enam brand fesyen lokal dengan enam sosok inspiratif. Di antaranya, rangkaian busana ini merupakan prediksi tren busana Lebaran 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang perayaan ulang tahun ke-11, Lazada Indonesia meluncurkan kolaborasi yang mempertemukan enam brand fesyen lokal dengan enam sosok inspiratif melalui kanal LazLook. Di antara koleksinya, Anda bisa mengintip prediksi tren busana Lebaran 2023.

Kolaborasi ini tercatat sebagai pelengkap rangkaian Lazada Epic 11 Collaborations yang sebelumnya sudah memperkenalkan kolaborasi lima jenama kecantikan dengan lima MUA kenamaan di kanal LazBeauty. VP Category Director Fashion Lazada Indonesia, Athina Tokan, menyebut bahwa enam lini mode lokal terkurasi ini merepresentasi tiga gaya populer: modest fashion, streetwear, dan kasual.

Dari kategori modest fashion, yang bisa menggambarkan tren busana Lebaran tahun ini, ada Klamby dan ZM by Zaskia Mecca. Klamby siap mempersembahkan sembilan family set, yang merupakan rekor bagi mereka, kata sales director-nya, Rizki Dwi Kusumo

"Terinspirasi dari berbagai wilayah di Sumatra, koleksi spesial ini memasukkan pattern maupun cerita (setempat) ke dalam koleksi baju kami," sebut Deka, sapaan akrabnya, saat jumpa pers di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis, 2 Maret 2023.

Busana kembaran sekeluarga, menurutnya, masih akan jadi tren baju Lebaran tahun ini. "Makanya kami sediakan lengkap dari (busana) ayah, ibu, dan anak-anak mereka," imbuhnya.

Sementara, chief of design and product development ZM by Zaskia Mecca, Tania Ray Mina, mengatakan bahwa koleksi kolaborasi dengan Lazada persembahan mereka masih bernaung di bawah kampanye "Jelita Indonesia" yang sudah dua tahun berjalan.

"'Jelita Indonesia' ini mau menyoroti berbagai wilayah cantik di dalam negeri," tuturnya di kesempatan yang sama. "Kali ini, kami mengangkat Banyuwangi. Karena lekat dengan desa nelayan, corak busana kami ada yang menyerupai sirip ikan, motif-motif (bergambar) perahu, dan batik Jawa Timur."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menemukan Gaya Personal

Melalui koleksi ini, Tania menyambung, pihaknya ingin mendorong lebih banyak orang untuk berani mengekspresikan diri. "Jangan takut pakai berbagai macam gaya (busana). Styling itu tidak terbatas, dan jadi cara kita untuk menemukan gaya personal yang paling pas," ia menyebut.

Seiring kembalinya kehidupan sosial setelah pandemi COVID-19 mereda, yang mana orang dianggap ingin menjalin hubungan lebih erat dengan sekitar mereka, tren busana Lebaran akan "lebih bermain dalam warna." "Akan lebih vibrant," sebutnya.

Namun demikian, ZM by Zaskia Mecca tidak akan keluar dari DNA mereka untuk menghadirkan busana yang nyaman dan elegan secara desain. "Saya juga setuju sama mas Deka bahwa (busana) family set masih akan jadi tren, karena silaturahmi sekarang sudah bisa dilakukan secara langsung," Tania menambahkan.

Dalam perpanjangan tangannya, owner Russ & Co, Diky, mengatakan bahwa melalui koleksi spesial dengan Lazada, pihaknya juga ingin menyentuh pasar modest fashion. Sementara akar jenamanya tetap dalam streetwear, kali ini, mereka juga ingin merangkul spirit Ramadan.

 

3 dari 4 halaman

Baju Koko sampai Langkah Inklusif

Diky berkata, "(Kami menghadirkan) 11 looks koleksi Ramadan. Kalau koleksi busana kami biasanya lebih kasual dan streetwear, kali ini kami menghadirkan baju koko dengan warna-warna basic, seperti khaki dan abu."

Langkah ini juga dilakukan Rown Division. Owner-nya, Aryo Baskoro, bercerita bahwa dalam koleksi spesial untuk ultah ke-11 Lazada, pihaknya membuat kemeja yang mengarah pada "Muslim shirt." "Kami tambahkan beberapa ornamen khas. Selain, kami juga menjadikan jaket sebagai basic gaya busana Lebaran," ucapnya.

Head of marketing communication This Is April, Cindy Hadi, menyambung bahwa pihaknya juga menyiapkan koleksi yang berbeda dari biasanya. Alih-alih monokrom dan earth tone, koleksi teranyar mereka membawa palet warna lebih cerah. "Ada motif bunga, misalnya, tapi secara desain tetap timeless," sebutnya.

Tidak ketinggalan, JINISO hadir dengan gagasan busana lebih inklusif. Melalui koleksi mereka, sebut co-founder-nya, Dian Fiona, pihaknya ingin membuat para pemakai jeans lebih percaya diri dan nyaman dalam berbusana. Ia berkata, "Para cewek tidak perlu lagi takut pakai jeans."

"Pinggul besar, paha besar, betis besar, tidak masalah, karena desain kami merangkul berbagai jenis bentuk tubuh perempuan," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Kolaborasi Brand Fesyen Lokal dan Sosok Inspiratif

Keenam jenama mode lokal itu kemudian dipasangkan dengan para sosok inspirasif yang dianggap tidak hanya bisa merepresentasi identias brand, namun juga spirit Lazada. "Spirit seperti apa? Tentunya kembali lagi ke pelanggan kami yang merupakan fashion enthusiast. Kami ingin merepresentasi ekspresi setiap konsumen dalam segmen berbeda," kata Athina.

Kombinasi brand fesyen lokal dan sosok inspiratifnya meliputi:

  1. Dara Arafah X ZM by Zaskia Mecca
  2. Amanda Rawles X This Is April
  3. Dwihanda X Klamby
  4. Rebecca Klopper X JINISO
  5. Rey Mbayang X Russ Co
  6. Gabriel Prince X Rown Division

Seluruh koleksi kolaborasi spesial ini tersedia secara eksklusif di kanal LazLook mulai hari ini, Jumat (3/3/2023) hingga 13 Maret 2023. "Tetap ada promo dengan gratis ongkir dan pengiriman prioritas, serta ekstra voucer diskon sampai 50 persen," Atina menyebut.

Di samping itu, terdapat pula penawaran gratis ongkir dan bonus dadakan sampai Rp1,1 Juta mulai 3 sampai 7 Maret 2023 dalam rangka ulang tahun ke-11 Lazada.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.