Sukses

6 Rekomendasi Kebun Raya yang Cocok untuk Piknik, Hijau dan Sejuk

Kebun Raya dapat menjadi tempat wisata yang asyik untuk berakhir pekan bersama keluarga, terutama jika ingin santai berpiknik dengan udara yang sejuk, jauh dari perkotaan.

Liputan6.com, Jakarta - Menikmati udara sejuk dan panorama alam yang penuh dengan tumbuhan hijau, dapat menjadi ide liburan seru akhir pekan bersama keluarga dan teman. Salah satu tempat yang cocok untuk menghabiskan akhir pekan adalah kebun raya. 

Selain tempatnya yang luas dan terbuka, pengunjung dapat melihat beraneka jenis pohon dan tanaman yang unik dan juga langka. Bahkan, tidak sedikit tanaman yang ada di kebun raya berasal dari luar negeri. Tentunya, tempat seperti ini cocok sekali untuk piknik sambil bersantai.

Kebun raya (atau bisa juga disebut kebun botani) adalah suatu area kebun yang ditanami berbagai jenis tumbuhan yang ditujukan terutama untuk keperluan penelitian dan konservasi. Selain untuk penelitian, kebun raya juga kerap kali digunakan sebagai sarana wisata dan pendidikan bagi pengunjung.

Dikutip dari laman resmi LIPI pada Kamis, 2 Maret 2023, Indonesia memiliki 39 kebun raya yang tersebar di seluruh penjuru negeri, yang mampu mencerminkan keragaman hayati Indonesia. Lima di antaranya dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang kini berada di bawah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Sementara 34 lainnya dikelola pemerintah daerah juga perguruan tinggi. 

Wisata alam merupakan salah satu Pilar Kebun Raya yang ditetapkan BRIN. Keberadaan Kebun Raya diharapkan dapat menciptakan wisata alam yang memiliki muatan ilmu pengetahuan, sekaligus juga menyegarkan dan insipartif untuk mendukung kehidupan sosial kemasyarakatan yang lebih baik.

Penasaran kebun raya mana saja yang asyik dijadikan tempat berwisata? Berikut disajikan enam rekomendasi kebun raya terbaik untuk menyegarkan pikiran. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kebun Raya Bogor, Jawa Barat

Hanya sekitar satu setengah jam dari pusat kota Jakarta, Anda bisa menenangkan diri di bawah rindangnya pohon di Kebun Raya Bogor atau yang juga dikenal dengan nama Kebun Botani Bogor. Dikutip dari laman resmi Kebun Raya, kebun raya yang terletak di kaki Gunung Salak ini memiliki lahan seluas 80 hektare menyimpan 400 jenis pohon palem, 5.000 jenis pepohonan tropik dari berbagai negara, 3.000 jenis anggrek dan ribuan jenis tanaman lainnya. 

Salah satu daya tarik utama Kebun Raya Bogor adalah bunga bangkai. Bunga ini dapat mencapai tinggi 2 meter dan merupakan bunga majemuk terbesar di dunia tumbuhan. Anda juga tidak perlu takut kelaparan karena terdapat restoran bernama Raasaa di Kebun Raya Bogor. Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor Rp16.500 pada hari biasa dan Rp26.500 pada akhir pekan.

2. Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat

Masih berlokasi di Jawa Barat, Anda bisa menemukan tempat piknik yang sangat asyik, yakni di Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Kabupaten Cianjur. Anda akan dimanjakan dengan berbagai koleksi jenis bunga, taman lumut, pakis dan pohon yang tumbuh rimbun.

Tempat ini memiliki topografi yang berbukit-bukit ini karena berada di kawasan Hutan Gunung Gede Pangrango. Cuacanya juga sangat dingin karena berada di ketinggian 1.300--1.425 meter di atas permukaan laut. 

Dikutip dari laman resmi Kebun Raya, Kawasan konservasi seluas 84 hektare ini memiliki koleksi yang khas, yakni Taman Lumut Cibodas yang memiliki 216 jenis lumut. Tempat ini sangat hijau dan asri sehingga sangat nyaman untuk bersantai sembari menghabiskan waktu bersama keluarga. Harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas Rp15.500 pada hari biasa dan Rp25.500 pada akhir pekan.

3 dari 4 halaman

3. Kebun Raya Eka Karya, Bali

Menjadi salah satu andalan objek wisata di Bali, Kebun Raya Bali atau yang juga disebut Kebun Raya Eka Karya menyajikan kelestarian lingkungan alam yang hijau, tertata rapi dan bersih. Kawasan konservasi yang terletak di kawasan Bedugul, Tabanan ini memiliki lahan seluas 175,5 hektare. Kebun raya ini dikhususkan untuk mengoleksi Gymnospermae (tumbuhan berdaun jarum) dari seluruh dunia karena jenis-jenis ini dapat tumbuh dengan baik di dalam kebun raya. 

Selain mengoleksi kaktus, Kebun Raya Bali juga memiliki koleksi anggrek, palem, bambu, tanaman obat, paku-pakuan serta tanaman upacara Hindu Bali, di antaranya Pohon Dadap, Sirih, Pisang, dan Paku Sayur. Di sini, Anda juga dapat menikmati fasilitas outbond sambil menikmati keindahan alami kebun raya. Harga tiket masuk Kebun Raya Bali Rp20.000 pada hari biasa dan Rp30.000 pada akhir pekan.

4. Kebun Raya Purwodadi, Jawa Timur 

Kebun Raya Purwodadi terletak di Jalan Raya antara Surabaya-Malang tepatnya di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Dengan luas 85 hektare, kebun raya ini diperkaya dengan 2.344 jenis anggrek, 30 jenis bambu, 150 jenis polong-polongan, 117 jenis palem-paleman, 60 jenis paku-pakuan, dan banyak lagi yang lainnya yang dikoleksi dalam rumah kaca yang indah, menurut laman resmi Kebun Raya. 

Sebagai salah satu Kebun Raya Indonesia yang dikelola LIPI, kebun raya ini memiliki fungsi mengoleksi tumbuhan yang hidup di dataran rendah kering. Kebun raya ini pun dilengkapi dengan bangunan-bangunan gazebo yang berdiri di tengah-tengah taman untuk beristirahat sejenak saat Anda letih mengitari kebun raya. Harga tiket masuk Kebun Raya Purwodadi Rp15.500 pada hari biasa dan Rp25.500 pada akhir pekan.

4 dari 4 halaman

5. Kebun Raya Baturraden, Jawa Tengah

Kebun Raya Baturaden terletak di Desa Kemutuk Lor, Baturraden, Banyumas. Kebun Raya Baturaden berada di kaki Gunung Slamet. Dengan luas 143,5 hektare, Kebun Raya Baturraden kaya akan berbagai potensi flora sebagaimana fungsi Kebun Raya sebagai konservasi berbagai spesies tumbuhan. 

Jenis-jenis flora yang berada dalam kawasan Kebun Raya Baturaden yang telah diidentifikasi oleh LIPI adalah damar, puspa, rasamala, mahoni, kaliandra, paku-pakuan, kantong semar dan jenis-jenis anggrek. Anda juga bisa menemukan air terjun kecil atau curug di kawasan ini, bernama Curug Beta. Liburan keluarga tentunya akan makin asyik dan menyegarkan karena ada playground juga untuk anak. Harga tiket masuk Kebun Raya Baturraden sebesar Rp 20.000 pada hari biasa dan Rp 25.000 pada akhir pekan. 

6. Kebun Raya Kuningan, Jawa Barat

Kebun Raya Kuningan berada di bawah kaki Gunung Ciremai, Kuningan, Jawa Barat. Dengan luas 156 hektare, Anda akan dibuat kagum dengan areal perbukitan yang dipenuhi oleh pepohonan yang mengitari bukit. Terdapat beberapa area di Kebun Raya Kuningan, seperti Rock Garden, Taman Endemik Ciremai dan Green House. 

Dari Area parkir menuju kebun raya, Anda akan menuruni jalan berundak dengan latar belakang perbukitan hijau yang sangat cantik untuk dijadikan spot foto. Tempat ini sangat terkenal dengan banyaknya bebatuan vulkanik yang besar yang terletak pada posisi artistik.

Persawahan yang berada di sekitar kawasan menambah pula daya tarik kebun raya ini. Harga tiket masuknya sendiri Rp4.000 untuk anak-anak dan Rp6.000 untuk dewasa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.