Sukses

Singapura Bakal Gandakan Cuti Ayah Jadi 4 Minggu, Apa Tujuannya?

Kebijakan cuti ayah yang baru itu akan mulai berlaku di Singapura sejak 1 Januari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah perusahaan di Singapura mengungkapkan rencana untuk menggandakan masa cuti ayah berbayar untuk para pekerja mereka dari dua minggu menjadi empat minggu. Hal itu sejalan dengan pengumuman Anggaran 2023 pada Selasa, 14 Februari 2023.

Dikutip dari Chanel News Asia, Jumat (17/2/2023), beberapa perusahaan mengaku siap menyediakan pengaturan kerja yang lebih fleksibel untuk para pekerja mereka sehingga dapat menyeimbangkan kehidupan keluarga dan komitmen profesional. Peningkatan masa cuti itu akan berlaku bagi ayah dari anak Singapura yang lahir pada 1 Januari 2024.

Para pekerja dapat memilih antara diberikan tambahan waktu cuti selama dua minggu didasarkan kesukarelaan dan akan dibayar oleh pemerintah. Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong juga mengatakan akan disiapkan skema untuk menjadikannya sebagai kewajiban pada waktunya.

Wong juga mengumumkan tentang cuti perawatan balita tidak berbayar yang bisa diambil dalam dua tahun pertama seorang anak. Jumlahnya akan dilipatgandakan dari enam menjadi 12 hari per tahun mulai dari 2024.

Sektor layanan publik akan menerapkan cuti ayah berbayar lebih dulu. Juru bicara Divisi Layanan Publik mengatakan saat ini petugas publik sudah diperbolehkan mengambil cuti perawatan balita tanpa dibayar selama empat minggu.

Dr Robert Yap, Presiden Federasi Pemberi Kerja Nasional Singapura mengatakan bahwa setiap peningkatan ketentuan cuti melahirkan harus 'diseimbangkan dengan tenaga kerja dan kebutuhan operasional pemberi kerja'.

"Mengambil pendekatan bertahap terhadap ketentuan cuti orangtua yang baru … akan memberikan waktu bagi pemberi kerja dan orangtua yang bekerja untuk menyesuaikan diri dengan cuti tambahan dan membuat pengaturan cuti yang sesuai, tunduk pada urgensi kerja," ia menekankan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makin Banyak Diambil

Dalam pidatonya, Wong mengatakan penambahan cuti ayah yang dibayar pemerintah secara sukarela akan memberikan lebih banyak waktu bagi pemberi kerja untuk menyesuaikan diri, terutama mengingat kondisi ekonomi yang ada serta tantangan tenaga kerja dan operasional. 

Lebih lanjut, ia mencatat bahwa tingkat pengambilan cuti ayah itu rendah ketika diperkenalkan satu dekade lalu. Tapi hari ini, lebih dari separuh ayah mengambilnya.

Mr Kurt Wee, Presiden Asosiasi Usaha Kecil dan Menengah, mengatakan penting bagi bisnis untuk mendukung kebijakan nasional negara mereka, terutama karena pemerintah membayar cuti ayah tambahan.

"Untuk perusahaan mendukung ini, aku pikir tidak akan menjadi masalah. Dari perspektif UMKM, mereka cenderung berpusat pada keluarga dengan kebijakan SDM mereka dan saling memberi dan menerima di sini dan di sana untuk membuatnya berhasil," ujar Wee.

Anna Low, kepala pajak pribadi dan layanan mobilitas global di KPMG di Singapura, mengatakan sejauh mana pemberi kerja mengambil skema tersebut akan dipengaruhi oleh perkembangan di pasar tenaga kerja serta keadaan ekonomi.

Dia mengimbau agar pemerintah bisa mempertimbangkan untuk memperkenalkan skema cuti ayah secara progresif. "Misalnya, perusahaan pertama hingga menengah hingga besar yang mungkin memiliki lebih banyak sumber daya tenaga kerja daripada entitas yang lebih kecil," kata Low.

3 dari 4 halaman

Tanggapan Perusahan Kecil

KC Kwa, CEO Just Login, sebuah perusahaan software, menanggapi kebijakan baru itu dengan positif. Meski, ia memahami bahwa sejumlah perusahaan kemungkinan akan menghadapi tantangan pelaksanaan kebijakan itu di awal, mengingat situasi tenaga kerja yang sangat ketat saat ini.

"Namun, karena bisa diambil secara fleksibel selama lebih dari 12 bulan, itu semestinya bisa diterima mayoritas UMKM mengingat biaya gaji nanti akan dibayarkan kembali oleh pemerintah," ucapnya. Ia menambahkan bahwa perusahaannya juga akan membantu pelanggannya untuk mengadopsi panduan baru ketika mereka sudah siap melakukannya.

Yang lebih penting dari cuti ayah tambahan itu, kata penyedia pelatihan APACSMA, adalah agar pemerintah mendorong dan memberi insentif bagi perusahaan yang mengadopsi sistem kerja dari rumah dan hybrid, sesuatu yang perusahaan banyak tawarkan kepada pekerjanya. Hal ini akan memungkinkan para ayah menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak-anak mereka dan membantu keluarga.

"Kami mengikuti aturan yang ditetapkan Kementerian Tenaga Kerja tentang peraturan cuti melahirkan. Peningkatan cuti ayah akan sangat membantu para ayah untuk tidak hanya menghidupi istri mereka tetapi juga memberikan lebih banyak waktu untuk menjalin ikatan dengan anak-anak mereka," kata CEO Zeenath Kuraisha.

 

4 dari 4 halaman

Kata Perusahaan Besar

Perusahaan-perusahaan yang lebih besar menunjukkan kesiapan lebih daripada perusahaan lebih kecil. Prudential misalnya, telah menyediakan cuti ayah berbayar selama tiga minggu sejak 2017. Sementara, para perempuan pekerja mereka juga berhak untuk mendapatkan cuti melahirkan berbayar hingga 24 minggu, lebih dari yang dimandatkan yang selama 16 minggu.

Perusahaan akan mulai menyediakan cuti ayah berbayar selama empat minggu dimulai dari tahun depan, kata Kepala HRD Sheela Parakkal. "Kami memahami bahwa ayah memainkan peran lebih besar dalam membesarkan anak dan ingin menggunakan cuti ayah mereka untuk membuat ikatan dengan anak mereka," ia menambahkan.

Senada, perusahaan teknologi multinasional Cisco juga sudah memberikan cuti ayah selama empat minggu sejak sebelum pandemi Covid-19 menghantam pada 2020. Mereka juga memberikan cuti bagi para kakek selama tiga hari untuk setiap cucu yang dilahirkan.

Mr Andy Lee, direktur pelaksana Cisco Singapura dan Brunei, mengatakan, "Kebijakan ini adalah bagian dari komitmen kami untuk mendorong keragaman dan inklusi dan mendukung keluarga dari semua jenis di semua perjalanan."

Firma hukum global Linklaters – yang berkantor pusat di London dan berkantor di Singapura – mengatakan bahwa sejak 1 Mei 2021, karyawannya yang berperan sebagai pengasuh utama anak-anak berhak atas cuti berbayar hingga 26 minggu. Orangtua baru yang bukan pengasuh utama bisa mendapatkan cuti berbayar hingga empat minggu.

"Keuntungan ini berlaku untuk semua staf kami di wilayah ini, terlepas dari jenis kelamin, kewarganegaraan, atau status perkawinan mereka," kata Ms Laure de Panafieu, kepala ketenagakerjaan dan insentif di Linklaters Asia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.