Sukses

Dubai Fashion Week Masuk Kalender Pekan Mode Dunia

Bakal masuk kalender pekan mode dunia, Dubai Fashion Week siap terselenggara pada 10--15 Maret 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Dubai Design District (d3), anggota TECOM Group PJSC, dan Arab Fashion Council (AFC) secara resmi meluncurkan Dubai Fashion Week. Ini disebut sebagai langkah signifikan guna memperkuat Dubai sebagai ibu kota mode global, sejajar dengan Paris, Milan, London, dan New York, yakni empat ibu kota mode dunia.

Berdasarkan siaran pers yang dikutip dari laman resmi Dubai Fashion Week, Selasa (14/2/2023), show pertama dari kalender pekan mode baru ini akan berlangsung pada 10--15 Maret 2023. Gelaran ini berkembang dari dari warisan sukses Arab Fashion Week, yang pada Oktober 2022 adalah edisi ke-21.

Dubai Fashion Week akan menjadi perlengkapan mode definitif yang muncul dari kawasan ini, menampilkan koleksi pria, wanita, pakaian siap pakai, dan adibusana. Ini menggarisbawahi komitmen TECOM Group untuk memperkuat Dubai sebagai modal kreatif global dan membangun status Dubai sebagai pusat global untuk pertumbuhan bisnis dan investasi.

Pengumuman dilakukan pada 8 Februari 2023 dalam acara eksklusif di Dubai Design District (d3) di hadapan Abdulla Belhoul, Chief Executive Officer TECOM Group, Ammar Al Malik, Executive Vice President – ​​Commercial, TECOM Group, Khadija Al Bastaki, Senior Vice Presiden Distrik Desain Dubai (d3), Jacob Abrian, CEO Dewan Mode Arab, di antara pejabat lainnya, termasuk pejabat pemerintah dan media mode dan budaya terkemuka.

Show direncanakan sejalan dengan kalender mode global. Dubai Fashion Week akan menyediakan platform internasional bagi desainer baru dan mapan untuk mengembangkan merek mereka. Desainer regional tidak hanya akan bertemu dan bisnis dengan pembeli dan distributor internasional, tetapi juga akan berfungsi sebagai pintu gerbang bagi talenta dan merek internasional untuk terus memperluas jejak global mereka melalui pasar regional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sorotan Dunia

"Di mana ada Paris, Milan, London, dan New York, sekarang ada Dubai. Dari aktivitas ekonomi hingga pariwisata dan kreativitas, Dubai telah mengukir ruangnya sendiri di antara ibu kota kosmopolitan dunia, dan fesyen adalah salah satu industri yang meningkatkan statusnya," kata Senior Vice President of Dubai Design District (d3) Khadija Al Bastaki.

Ia melanjutkan," Semua mata tertuju pada mode dan kreativitas Timur Tengah, dan sekarang langit adalah batasnya. Dubai memiliki visi, ambisi, dan inovasi untuk meningkatkan dampak dan jangkauan materi iklan secara global."

Khadija Al Bastaki menerangkan kemitraan pihaknya yang berkembang dengan Arab Fashion Council akan memperkuat jaringan pihaknya dengan mitra internasional dan regional. Ini juga diharapkan dapat meningkatkan kontribusi industri terhadap ekonomi kreatif.

CEO of the Arab Fashion Council Jacob Abrian menyebut Dubai telah tiba di panggung mode global. Materi iklan yang muncul dan mapan telah membentuk identitas yang berbeda untuk wilayah yang bergema jauh dan luas.

3 dari 4 halaman

Industri Kreatif

"Industri fesyen kawasan kami memasuki babak baru saat kami menjadi kontributor yang semakin aktif dalam narasi fesyen global. Arab Fashion Council dengan bangga memperkuat suara ini dan bermitra dengan d3 dan TECOM Group untuk meluncurkan Dubai Fashion Week, platform industri resmi. Menampilkan Dubai sebagai pusat kreatif global, Dubai Fashion Week akan meningkatkan ekspor mode dan menarik investasi kelas dunia," tambah Jacob Abrian.

Head Emerging Brands Initiative, Fédération de la Haute Couture et de la Mode, Serge Carreira mengatakan selama beberapa tahun terakhir, Dubai menjadi salah satu tempat paling dinamis untuk seni dan industri kreatif. Arab Fashion Council dan Dubai Design District telah berhasil mempromosikan dan mendukung talenta dari semua wilayah yang berfokus pada kreativitas, nilai, dan keunggulan.

"Fashion adalah ekspresi budaya yang didorong oleh tradisi tetapi juga oleh zeitgeist (semangat atau mood yang menentukan dari periode sejarah tertentu seperti yang ditunjukkan oleh ide-ide dan kepercayaan pada waktu itu). Saya sangat yakin bahwa Dubai kini memiliki kapasitas untuk menjadi pusat mode global yang menjawab pertanyaan masa kini tentang keberlanjutan, teknologi, dan keragaman," tutur Carreira.

4 dari 4 halaman

Warisan Sukses dari Arab Fashion Week

Dubai Fashion Week bertujuan untuk memperkuat pengaruh kota ini di panggung kreatif global di bawah D.U.B.A.I. pilar: Keanekaragaman; Persatuan; Bisnis; Ambisi; dan Inovasi, dan selanjutnya memungkinkan pengembangan rantai nilai industri mode. d3 menyediakan platform yang mapan untuk meluncurkan program sebagai ekosistem kreatif global tempat merek mode, desain, dan seni terkemuka dari seluruh dunia bertemu.

Menjelang Dubai Fashion Week, kalender resmi akan memungkinkan merek, desainer, dan pelaku industri untuk mengaktifkan program pertunjukan runway, presentasi, pameran, pop-up, perayaan khusus, dan lokakarya mereka sendiri di d3 dan di seluruh Dubai. Dubai Fashion Week dibangun di atas banyak tonggak Arab Fashion Week yang, selama tujuh tahun dan 21 edisi, meliputi:

- Menghadirkan ratusan desainer kreatif yang berbeda dari lebih dari 50 negara

- Menarik ikon industri dari seluruh dunia dan lebih dari 250.000 penggemar mode dan media mode internasional sejak awal

- Bekerja dengan berbagai mitra internasional bergengsi, termasuk Fédération de la Haute Couture et de la Mode (badan Prancis yang mengoordinasikan Paris Fashion Week) untuk memberikan peluang baru untuk bertukar bakat di kedua kalender

- Meluncurkan pekan mode pakaian pria pertama di Asia, Timur Tengah dan Afrika

- Meluncurkan program keragaman dan menunjuk model berlekuk pertama di kawasan ini pada runway.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.