Sukses

Mengapa Valentine's Day Dirayakan Setiap 14 Februari?

Ada beragam versi sejarah mengapa Valentine's Day yang identik dengan hari kasih sayang dirayakan setiap 14 Februari.

Liputan6.com, Jakarta - Valentine's Day atau akrab dikenal dengan hari kasih sayang dirayakan setiap 14 Februari. Di seantero dunia, ketika Hari Valentine saling menghadiahi mulai dari permen, cokelat, hingga bunga.

Lantas, mengapa Hari Valentine dirayakan setiap 14 Februari? Dikutip dari History, Senin, 13 Februari 2023, sejarah Valentine mengandung sisa-sisa tradisi Kristen dan Romawi kuno. Gereja Katolik mengakui setidaknya tiga orang kudus yang berbeda bernama Valentine atau Valentinus, yang semuanya menjadi martir.

Salah satu legenda menyatakan bahwa Valentine adalah seorang pendeta yang melayani selama abad ketiga di Roma. Ketika Kaisar Claudius II memutuskan bahwa pria lajang adalah prajurit yang lebih baik daripada mereka yang memiliki istri dan keluarga, dia melarang pria muda untuk menikah.

Valentine, menyadari ketidakadilan dekrit tersebut, menentang Claudius dan terus menikahkan kekasih muda secara rahasia. Ketika tindakan Valentine diketahui, Claudius memerintahkan agar dia dihukum mati.

Yang lain lagi bersikeras bahwa Santo Valentine dari Terni, seorang uskup, yang merupakan nama sebenarnya dari hari raya itu. Ia juga dipenggal oleh Claudius II di luar Roma.

Cerita lain menunjukkan bahwa Valentine mungkin dibunuh karena berusaha membantu orang Kristen melarikan diri dari penjara Romawi yang keras, tempat mereka sering dipukuli dan disiksa. Menurut salah satu legenda, seorang Valentine yang dipenjara benar-benar mengirim ucapan "valentine" pertama untuk dirinya sendiri setelah dia jatuh cinta dengan seorang gadis muda yang mengunjunginya selama kurungannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upaya Mengkristenkan Pagan

Sebelum kematiannya, diduga bahwa dia menulis surat bertanda "From your Valentine", sebuah ungkapan yang masih digunakan sampai sekarang. Meskipun kebenaran di balik legenda Valentine tidak jelas, semua cerita menekankan daya tariknya sebagai sosok yang simpatik, heroik, dan romantis.

Menjelang Abad Pertengahan, mungkin berkat reputasi ini, Valentine akan menjadi salah satu orang suci paling populer di Inggris dan Prancis. Sementara beberapa percaya bahwa Hari Valentine dirayakan pada pertengahan Februari untuk memperingati hari kematian atau penguburan Valentine -yang mungkin terjadi sekitar tahun 270 M- yang lain mengklaim bahwa gereja Kristen mungkin telah memutuskan untuk menempatkan hari raya St. Februari dalam upaya untuk "mengkristenkan" perayaan pagan Lupercalia.

Dirayakan pada ides Februari, atau 15 Februari, Lupercalia adalah festival kesuburan yang didedikasikan untuk Faunus, dewa pertanian Romawi, serta pendiri Romawi Romulus dan Remus. Untuk memulai festival, anggota Luperci, sebuah ordo pendeta Romawi, akan berkumpul di gua suci tempat bayi Romulus dan Remus, pendiri Roma, diyakini dirawat oleh serigala betina.

3 dari 4 halaman

Awal Mula

Para pendeta akan mengorbankan seekor kambing untuk kesuburan, dan seekor anjing untuk penyucian. Mereka kemudian akan mengupas kulit kambing menjadi potongan-potongan, mencelupkannya ke dalam darah korban dan turun ke jalan, dengan lembut menampar perempuan dan ladang dengan kulit kambing.

Jauh dari rasa takut, perempuan Romawi menyambut sentuhan kulit karena diyakini membuat mereka lebih subur di tahun mendatang. Kemudian, menurut legenda, semua perempuan muda di kota itu akan memasukkan nama mereka ke dalam guci besar.

Bujangan kota masing-masing akan memilih nama dan dipasangkan untuk tahun itu dengan wanita pilihannya. Pertandingan ini sering berakhir dengan pernikahan. Lupercalia selamat dari kebangkitan awal Kekristenan tetapi dilarang karena dianggap "tidak Kristen", pada akhir abad ke-5, ketika Paus Gelasius mengumumkan 14 Februari Hari St. Valentine.

Tidak lama kemudian, hari itu secara definitif dikaitkan dengan cinta. Selama Abad Pertengahan, orang Prancis dan Inggris umumnya percaya bahwa tanggal 14 Februari adalah awal musim kawin burung, yang menambah gagasan bahwa pertengahan Hari Valentine harus menjadi hari romantisme.

4 dari 4 halaman

Valentine Kini

Penyair Inggris Geoffrey Chaucer adalah orang pertama yang mencatat Hari St. Valentine sebagai hari perayaan romantis dalam puisinya pada 1375 "Parlemen Foules," menulis, "Untuk ini dikirim pada hari Seynt Valentyne / Ketika setiap pelanggaran datang untuk memilih pasangannya."

Valentine populer sejak Abad Pertengahan, meskipun tulisan Valentine baru muncul setelah era 1400. Valentine tertua yang diketahui masih ada sampai sekarang adalah sebuah puisi yang ditulis pada pada 1415 oleh Charles, Duke of Orleans, kepada istrinya saat dia dipenjarakan di Menara London setelah penangkapannya di Pertempuran Agincourt.

Sambutan tersebut sekarang menjadi bagian dari koleksi manuskrip Perpustakaan Inggris di London, Inggris. Beberapa tahun kemudian, diyakini bahwa Raja Henry V menyewa seorang penulis bernama John Lydgate untuk menulis catatan valentine untuk Catherine dari Valois.

Di masa kini, selain di Amerika Serikat, Hari Valentine dirayakan di Kanada, Meksiko, Inggris Raya, Prancis, dan Australia. Di Inggris Raya, Hari Valentine mulai populer dirayakan sekitar abad ke-17. Pada pertengahan abad ke-18, sudah umum bagi teman dan kekasih dari semua kelas sosial untuk bertukar tanda kasih sayang kecil atau catatan tulisan tangan, dan pada 1900 kartu cetak mulai menggantikan surat tertulis karena peningkatan teknologi pencetakan.

Kartu adalah cara mudah bagi orang untuk mengekspresikan emosi mereka di saat ekspresi langsung dari perasaan seseorang tidak dianjurkan. Tarif kirim yang lebih murah juga berkontribusi pada peningkatan popularitas pengiriman ucapan selamat Hari Valentine.

Orang Amerika mungkin mulai bertukar Valentine buatan tangan pada awal 1700-an. Pada 1840-an, Esther A. Howland mulai menjual Valentine pertama yang diproduksi secara massal di Amerika. Howland, yang dikenal sebagai "Mother of the Valentine", membuat kreasi rumit dengan renda asli, pita, dan gambar berwarna yang dikenal sebagai "memo".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.