Sukses

Kapan Waktu Terbaik Gunakan Body Lotion?

Menggunakan body lotion menjadi salah satu cara untuk menjaga dan merawat kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Kesehatan kulit dapat diwujudkan dalam berbagai cara. Salah satunya dengan menjaganya tetap lembap, seperti rajin menggunakan body lotion.

Tahukah Anda kapan waktu yang tepat untuk memakai body lotion? "Waktu terbaik untuk kita pakai adalah setelah kita mandi, karena kulit kita masih lembap," kata Skincare dan Aesthetic Expert dr. Yessica Tania dalam acara "Wonderly - Media Pampering Day" di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis, 9 Februari 2023.

dr. Zie, demikian ia akrab disapa, melanjutkan bahwa pemakaian body lotion setelah mandi disarankan karena penyerapan skincare atau bodycare lebih baik saat kulit lembap. Maka, ia menyebut dapat memakai lotion setelah mandi pagi atau sore hari. Ia juga mengingatkan bahwa losion dipakai tak hanya di area kulit terbuka.

"Sebenarnya ini tergantung dari kegiatan kita, kalau misalnya kegiatan outdoor, apa lagi terpapar sinar matahari, sebaiknya itu seluruh badan digunakan," katanya. "Karena tidak semua kain atau pakaian kita punya UVF, UVF itu semacam UV filter tapi dari baju."

Penggunaan lotion juga sebagai salah satu cara untuk mengatasi kulit kusam. Terkait salah satu masalah kulit ini, dr. Zie mengungkapkan ada beberapa hal yang menyebabkannya, termasuk penumpukan sel kulit mati.

"Karena setiap 28 sampai 30 hari akan terbentuk sel kulit yang baru. Yang kedua adalah adanya "noda", ini dalam arti warna kulit yang tidak rata, apa itu karena bekas jerawat, ada flek, melasma," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Atasi Kulit Kusam

Ia menyebut faktor penyebab kulit kusam lainnya adalah tekstur. "Kalau misalnya tekstur tidak halus, ada bruntusan," lanjut dr. Zie.

Cara mengatasi kulit kusam tergantung dari penyebabnya. "Yang pertama adalah eksfoliasi, karena disebabkannya sama sel kulit mati dan tekstur. Dua hal ini dan noda hitam bisa diatasi dengan eksfoliasi, itu fungsinya untuk mengangkat sel kulit mati bagian paling atas bisa pakai yang bentuknya physical atau yang chemical," kata dr. Zie.

Cara mengatasi selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan yang bisa menekan produksi melanin. Ini adalah pigmen atau zat warna gelap (cokelat tua atau hitam) yang ditemukan di kulit, rambut, bulu, dan mata. "Contohnya kayak niacinamide, dia menghambat ditransfer (melanin). Ini yang bisa kita pakai untuk mengatasi kulit kusam," ia menjelaskan.

Ia melanjutkan, "Ketiga adalah UV-nya, salah satu penyebab melanin bertambah adalah UV matahari, harus dilindungi dengan menggunakan sunscreen."

 
3 dari 4 halaman

Tentang Body Lotion

Dikutip dari WebMD, Kamis, 9 Februari 2023, body lotion digunakan sebagai pelembap untuk mengatasi atau mencegah kulit kering, kasar, bersisik, gatal dan iritasi kulit ringan (seperti ruam popok, kulit terbakar akibat terapi radiasi). Emolien adalah zat yang melembutkan dan melembapkan kulit serta mengurangi rasa gatal dan pengelupasan.

Beberapa produk (seperti zinc oxide, white petrolatum) kebanyakan digunakan untuk melindungi kulit dari iritasi. Kulit kering disebabkan oleh hilangnya air di lapisan atas kulit. Emolien atau pelembap bekerja dengan cara membentuk lapisan berminyak di bagian atas kulit yang memerangkap air di dalam kulit.

Petrolatum, lanolin, minyak mineral, dan dimethicone adalah emolien yang umum. Humektan, termasuk gliserin, lesitin, dan propilen glikol, menarik air ke lapisan luar kulit.

Banyak produk juga berbahan melembutkan zat terangsang (keratin) yang menyatukan lapisan atas sel kulit (termasuk urea, asam alfa hidroksi seperti asam laktat/sitrat/glikolat, dan allantoin). Ini membantu sel-sel kulit mati rontok, membantu kulit menahan lebih banyak air, dan membuat kulit terasa lebih halus dan lembut.

4 dari 4 halaman

Cara Memakai Body Lotion

Gunakan produk ini sesuai petunjuk. Beberapa produk memerlukan priming sebelum digunakan. Ikuti semua petunjuk pada paket produk.

Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda. Beberapa produk perlu dikocok sebelum digunakan. Periksa label untuk melihat apakah Anda harus mengocok botol dengan baik sebelum menggunakannya.

Oleskan ke area kulit yang terkena sesuai kebutuhan atau sesuai petunjuk pada label atau oleh dokter Anda. Seberapa sering Anda mengoleskan obat akan bergantung pada produk dan kondisi kulit Anda.

Untuk merawat tangan yang kering, Anda mungkin perlu menggunakan produk ini setiap kali mencuci tangan, mengaplikasikannya sepanjang hari. Jika Anda menggunakan produk ini untuk membantu mengobati ruam popok, bersihkan area popok dengan baik sebelum digunakan dan biarkan area mengering sebelum mengaplikasikan produk. Jika Anda menggunakan produk ini untuk membantu mengobati luka bakar kulit akibat radiasi, tanyakan kepada petugas radiasi untuk mengetahui apakah merek Anda dapat digunakan sebelum terapi radiasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.