Sukses

Sejarah Teknologi Pembuatan Jamu Nusantara di Zaman Kerajaan Majapahit

Sejarah jamu pada masa Kerajaan Majapahit diketahui lewat penemuan artefak berupa peralatan membuat jamu.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan jamu Nusantara tak terlepas dari sejarah masa kejayaan Kerajaan Majapahit. Bahkan melalui catatan dan artefak yang ditemukan, dapat diketahui teknologi pembuatan jamu di masa itu sudah cukup berkembang lewat alat-alat yang digunakan.

Istilah jamu berasal dari dua kata, "Djampi" yang bermakna penyembuhan menggunakan ramuan obat-obatan, doa-doa, atau aji-aji serta "Oesodho' yang artinya kesehatan. Dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, jamu merupakan obat yang dibuat dari akar-akaran, daun-daunan, dan sebagainya.

Jamu juga disebut sebagai herbal asal Indonesia yang diracik dan dihidangkan dalam bentuk minuman. Secara umum, jamu dianggap tak menimbulkan efek samping, sebalinya terkandung manfaat bagi tubuh dan dapat digunakan mencegah penyakit sehingga minuman kesehatan tradisional ini masih dikonsumsi sebagian besar masyarakat.

Pada zaman dahulu, jamu berwujud rebusan maupun cairan yang dikonsumsi. Di masa kini, masyarakat dengan perkembangan teknologi modern mengemas jamu dalam bentuk serbuk dan kapsul agar bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lebih lama.

Mengutip jurnal Universitas Negeri Surabaya berjudul “Minuman Jamu Tradisional Sebagai Kearifan Lokal Masyarakat di Kerajaan Majapahit pada Abad ke-14 Masehi”, Sabtu 4 Februari 2023, terdapat bukti-bukti yang menunjukkan jamu dikonsumsi masyarakat Hindu Buddha di Nusantara. Pada masa itu telah dikenal minuman jamu sebagai obat tradisional adalah dengan adanya benda-benda arkeologi yang ditulis dalam prasasti, daun lontar, serta relief candi. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Resep Jamu di Era Majapahit

Didukung oleh sumber literatur dan tradisi lisan hingga sekarang kedudukan jamu sebagai salah satu obat tradisional tetap dipercaya untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Pada masa Hindu Buddha, khususnya di Kerajaan Majapahit, budaya minum jamu sebagian besar disampaikan menggunakan tradisi lisan.

Sehingga diperkirakan bahwa naskah dan lontar-lontar yang membahas tentang obat-obatan mengalami kerusakan akibat bencana alam, peperangan, atau hancur akibat tidak ada perawatan. Mengutip dari buku The Power of Jamu: Kekayaan dan Kearifan Lokal Indonesia, Sabtu 4 Februari 2023, primbon terlengkap yang membahas tentang jamu ditulis oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom setelah zaman Kerajaan Kartasura di Surakarta pada 1742 tahun Jawa atau 1814 Masehi.

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom merupakan putra dari Kanjeng Susuhunan Pakubuwana IV yang bertakhta Sunan Pakubuwana V. Primbon tersebut dikenal dengan nama Serat Centhini atau Suluk Tambangraras. Ada juga kitab yang mengulas secara lengkap tentang resep dari obat-obatan tradisional yang bernama Serat Kaoro Bap Djampi-Djampi atau Serat Kawruh yang ditulis pada 1858 Masehi. 

Dalam proses perkembangannya, kedudukan minuman ini telah diwariskan secara turun temurun dan diawali sebagai minuman keluarga kerajaan. Memperkuat bukti lainnya adalah Kitab Usadha atau kitab obat-obatan yang berasal dari Bali.

 

3 dari 4 halaman

Acaraki Profesi Peracik Jamu

Kitab tersebut merupakan salah satu referensi yang dapat digunakan sebagai rujukan untuk mengidentifikasi tanaman yang digunakan. Dalam riwayatnya, Bali merupakan wilayah yang ditaklukkan oleh Kerajaan Majapahit sehingga budaya-budaya yang dimiliki oleh orang Bali memiliki kemiripan dengan budaya dari Kerajaan Majapahit.

Masyarakat Jawa kuno saat masa Majapahit juga telah mengenal pembagian profesi di bidang kesehatan, hal tersebut tertulis dalamkutipan Prasasti Balawi (1035) dan PrasastiSidoteka/Prasasti Jayanegara II (1323), serta Prasasti Madhawapura yang tidak berangka tahun. Dari tulisannya diperkirakan bahwa ini ditulis pada masa pemerintahan Kerajaan Majapahit.

Ketiga prasasti ini menyebutkan mengenai macam-macam pembagian profesi dibidang kesehatan, profesi tersebut ialah tuha nambi (tukangobat), kdi (dukun wanita), walyan (tabib), wli tamba (orangyang mengobati penyakit), dan acaraki (pembuat jamu). Profesi "Acaraki" disebutkan bertugas untuk meracik jamu pada saat itu.

Berdasarkan pada tradisi yang dilakukan oleh seorang acaraki, sebelum meracik atau membuat jamu, ia harus berdoa terlebih dahulu. Selanjutnya dianjurkan bermeditasi dan bepuasa agar acaraki bisa merasakan energi positif yang bermanfaat bagi kesehatan. Tradisi atau ritual ini dilakukan lantaran masyarakat telah mempercayai bahwa sang penyembuh adalah Tuhan.

 

 

4 dari 4 halaman

Teknologi Membuat Jamu

Kerajaan Majapahit telah mengenal perkembangan teknologi peralatan. Hal tersebut dibuktikan dengan ditemukkannya beberapa peralatan yang dapat dikelompokkan berdasarkan bidangnya seperti teknologi perkapalan, teknologi navigasi, teknologi kartografi.

Penemuan artefak dan terakota ini menjadi bukti bahwa peralatan tersebut digunakan oleh masyarakat di Kerajaan Majapahit untuk membuat obat-obatan tradisional berbahan dasar tanaman. Ditemukan juga sumber primer yang berlokasi di Candi Rimbi.

Candi ini diperkirakan dibangun pada pertengahan abad 14 Masehi dan terletak di Dusun Ngrimbi, Desa Bareng, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Pada salah satu relief tersebut digambarkan tentang tentang adanya tokoh yang sedang menghaluskan ramuan yang disampingnya terdapat sebuah wadah atau bakul.

Alat-alat yang dipakai dalam membuat jamu saat itu adalah pipisan, gandik, dan alu, lumpang, tungku atau anglo, termasuk wadah untuk meletakkan minuman jamu. Pipisan merupakan peralatan yang digunakan untuk menghaluskan atau melumatkan bahan-bahan seperti bijian-bijian dan ramuan yang terbuat dari tumbuhan, serta zat oksidasi besi sebagai pewarna.

Dalam proses penghalusan, pipisan atau dalam nama lain yaitu batu giling, batu bore, atau mortar digunakan secara bersama dengan gandik. Alat ini berfungsi hampir sama dengan gandik, yaitu sebagai alat penumbuk. Bentuknya mengecil di tengah sebagai tempat untuk pegangan. Sementara, alu digunakan secara bersama dengan lumpang, yakni peralatan yang digunakan untuk menumbuk pada saat itu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.