Sukses

Serba-Serbi Daun Sirih, Tanaman Rempah Bahan Jamu dengan Segudang Manfaat

Daun sirih selama ini diketahui sebagai tanaman penghilang bau badan, namun juga sering dipadukan dengan rempah jamu seperti kunyit.

Liputan6.com, Jakarta Hingga kini tanaman daun sirih masih banyak tumbuh di Indonesia, bahkan di sekitar rumah. Tanaman sirih ini digunakan sebagai obat herbal yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi, lantaran sejak dahulu diketahui manfaatnya sebagai obat alami untuk mengatasi sejumlah gangguan kesehatan. 

Mengutip dari laman Kemenkes RI, Selasa (31/1/2023), daun sirih yang juga kerap jadi bahan campuran jamu memiliki kegunaan beragam. Daun tanaman dengan bahasa latin peperomia Pellucida ini mengandung protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat,bahkan  flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenolat, dan minyak atsiri.

Terdapat dua jenis daun sirih yang biasa dijumpai yakni daun sirih hijau dan sirih merah. Kedua jenis ini sama-sama memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Namun ada beberapa manfaat yang sangat terkenal dari daun sirih seperti menjaga agar tidak bau mulut, hal ini terlihat dulu nenek moyang kita sering terlihat mengunyah daun sirih. Faktanya, daun sirih mampu menyehatkan saluran pencernaan dalam tubuh dan segudang manfaat lainnya antara lain:

1. Penyebuh luka

Daun Sirih, terutama yang berjenis merah memiliki kandungan saponin yang bersifat antiseptik. Senyawa ini beperan penting dalam penyembuhan luka. Selain saponin, sirih merah juga memiliki tanin yang berfungsi membentuk kolagen sehingga luka lebih cepat tertutup.

2. Cegah infeksi karena bakteri

Manfaat daun sirih selanjutnya yakni untuk mencegah infeksi karena bakteri. Kandungan fenol dan flavonoid di dalam sirih  ini mampu mencegah risiko infeksi. Bahkan daun tersebut juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus.

3. Cegah kadar gula dalam darah meningkat

Sebagai penyakit metabolisme kronis, diabetes melitus ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Biasanya, kondisi ini menyebabkan penderita mengalami beberapa gangguan organ tubuh. Mengonsumsi air rebusan daun sirih dapat membantu mencegah hal ini pada diabetes dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap utuh. Bahkan minyak daun sirih juga bisa digunakan oleh penderita diabetes.  

4. Cegah penyakit kanker

Daun sirih punya kandungan senyawa fenolik yang berkhasiat seperti anti bakteri, anti mutagenik, antioksidan, dan anti proliferatif. Daun sirih hijau juga memiliki kandungan fitokimia yang tinggi, yang dapat membantu melawan kanker mulut dan usus besar. Daun sirih juga membantu melawan stres oksidatif dan menghilangkan radikal bebas. Kedua faktor tersebut penting dalam mencegah kanker.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Atasi Masalah Kewanitaan

Sering kali bahan seperti daun siri digunakan dalam berbagai produk saat ini terkait merawat daerah kewanitaan, khususnya Miss V. Hal itu lantaran daun siri memiliki kandungan anti jamur.

Sifat anti jamur yang terdapat di dalam tanaman daun sirih, diketahui efektif melawan pertumbuhan jamur penyebab berbagai penyakit. Tentu ramuan ini pun sangat berguna bagi Anda yang sering mengalami masalah kulit yang disebabkan oleh jamur.

Termasuk yang dikenal sejak dulu daun sirih bisa mengatasi gatal di area kewanitaan. Kondisi ini umumnya dipicu oleh abcterial vaginosis. Guna mengatasi rasa gatal berlebihan, kamu bisa menggunakan air rebusan daun sirih dengan membasuh area kewanitaan.

Tetapi tentu penggunaan tidak disarankan untuk jangka panjang. Sebab, daun sirih dapat memicu perubahan pH pada area kewanitaan. Apabila rasa gatal tidak kunjung membaik, disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter.

Kemudian ada sifat anti bakteri yang kuat pada daun sirih. Minyak atsiri yang dibuat dengan melarutkan daun dan batang daun sirih terbukti bisa mencegah pertumbuhan bakteri dan dimanfaatkan untuk pembersihan radikal bebas.

Tetapi seringnya, untuk daerah kewanitaan daun sirih digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap. Manfaat ini didapat dari kandungan antioksidan, eugenol, dan chavicol pada daun sirih yang efektif membunuh mikroba penyebab peradangan yang bisa menimbulkan bau tidak sedap.

 

3 dari 4 halaman

Perpaduan Daun Sirih Kunyit

Mengutip dari kanal Hot Liputan6.com, 24 Februari 2020, beragam jamu dan manfaatnya bisa ditemukan dengan mudah salah satunya jamu kunyit daun sirih. Jamu kunyit asam sirih dikenal dengan perpaduan rasa yang asam, manis, dan menyegarkan.

Belum begitu banyak yang tahu manfaat jamu kunyit asam sirih. Rempah kunyit mengandung kurukumin yang punya sifat biologis kuat, sementara asam dan sirih memiliki kandungan senyawa herbal yang menyehatkan tubuh.

Utamanya jamu kunyit asam sirih digunakan untuk detoksifikasi tubuh atau mengeluarkan racun penyebab berbagai macam penyakit. Kunyit dan asam juga bisa mendukung fungsi hati agar terhindari dari keruksakan racun.

Dengan perpaduan kunyit asam sirih, orang yang meminumnya memperoleh manfaat dari kandungan antioksidan dan anti-inflamasi pada kunyit untuk menjaga fungsi pencernaan. Di samping itu, asam jawa telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi sembelit, ditambah daun sirih untuk meningkatkan produksi lendir yang dapat melindungi saluran pencernaan dari berbagai penyakit.

4 dari 4 halaman

Resep Jamu Kunyit Daun Sirih

Mengutip dari laman pertanian.go.id, Selasa (31/1/2023), daun sirih juga dikombinasikan bersama kunyit untuk memberikan manfaat kesehatan tertentu seperti mengatasi bau badan. Disebutkan sifat anti-bakteri yang dimiliki jamu ini pun akan membantu mengatasi bau tidak sedap yang disebabkan oleh bakteri yang memecah keringat dan sebagian besar terkait kelenjar apokrin.

Zat klavikula dan estradiol dalam jamu kunyit daun sirih akan membuat bau badan peminumnya berkurang sehingga mengontrol hormon dan kelenjar keringat. Berikut  adalah resep sederhana untuk membuat Jamu Kunyit Asam Sirih yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Bahan-bahan:

150 gram kunyit

5 lembar daun sirih

600 ml air

100 gram gula jawa

20 gr asam jawa

Cara membuat jamu kunyit asam sirih:

1. Cuci bersih kunyit yang masih segar, kemudian kupas kulitnya. Parut atau blender dengan sedikit air, kemudian peras airnya hingga benar-benar habis.

2. Didihkan air, kemudian rebus air perasan kunyit, gula, dan asam jawa dan daun sirihSetelah jamu mendidih, angkat dari kompor dan tunggu sampai dingin.

3. Saring ke dalam gelas atau botol.Sajikan kunyit asam sirih  dengan es batu atau simpan terlebih dahulu di dalam kulkas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.