Sukses

6 Fakta Menarik Slovakia, Negeri Berjuluk Seribu Gua di Eropa Tengah

Sebelumnya Slovakia dulunya merupakan bagian dari kerajaan Moravia Besar dan Austro-Hongaria, dengan julukan negeri seribu gua di Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - Slovakia merupakan negara terkurung daratan di Eropa tengah. Luas negara ini kira-kira sama dengan wilayah bersejarah Slovakia, wilayah paling timur dari dua wilayah yang dari tahun 1918 hingga 1992 merupakan Cekoslowakia.

Slovakia berbatasan dengan Polandia di utara, Ukraina di timur, Hungaria di selatan, dan Austria di barat daya. Bekas mitra federalnya, Republik Ceko, terletak di bagian sebelah barat.

Mengutip laman Britannica, Rabu, (11/1/2023), ibu kota Slovakia adalah Bratislava, satu-satunya ibu kota yang letaknya di perbatasan dua negara yaitu Hongaria dan Austria. Slowakia merupakan negara pegunungan dengan luas wilayah 49.000 km persegi, memiliki jumlah penduduk lebih dari 5.6 juta jiwa. 

Sebelumnya negara ini merupakan bagian dari kerajaan Moravia Besar dan Austro-Hongaria, hingga tergabung dengan federasi Cekoslowakia. Slovakia merdeka pada 1 Januari 1993, beberapa tahun setelah Revolusi Beludru berkat runtuhnya rezim komunis yang menguasai Cekoslowakia sejak 1948.

Slovakia menganut sistem pemerintahan negara kesatuan parlementer republik konstitusional yang dipimpin presiden dan perdana menteri. Masih banyak hal menarik mengenai Slovakia, berikut enam fakta menarik Slovakia yang dirangkum Liputan6.com pada Rabu, (11/1/2023).

1. Punya 18 Agama

Tedapat 18 agama yang terdaftar di negara Slovakia, sebanyak 16 di antaranya Kristen, Yahudi, dan satunya adalah Baháʼí Faith. Pada 2016, dua pertiga mayoritas parlemen Slovakia mengesahkan undang-undang baru yang menghalangi Islam dan organisasi keagamaan lainnya menjadi agama yang diakui negara dengan menggandakan ambang batas pengikut minimum dari 25 ribu menjadi 50 ribu, tetapi presiden Slovakia saat itu, Andrej Kiska, memveto RUU tersebut.

Pada 2010, diperkirakan terdapat 5.000 Muslim di Slovakia yang mewakili kurang dari 0,1 persen dari populasi negara itu. Namun Slovakia merupakan satu-satunya negara anggota Uni Eropa yang tidak memiliki masjid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sempat Jadi Negara Fasis

Sejarah bangsa Slovakia sudah dimulai jauh sebelum pembentukan Cekoslowakia dan bahkan sebelum adanya bahasa Slovakia sebagai bahasa sastra yang berbeda di abad ke-19. Sejak abad ke-11, Hungaria memerintah apa yang sekarang disebut Slovakia, dan nenek moyang orang Slovakia diidentifikasi sebagai penduduk Hungaria Atas, atau hanya "Dataran Tinggi", bukan oleh bahasa Slavik mereka.

Di abad ke-19 orang Slovakia telah menciptakan identitas yang sangat mitologi, menghubungkan diri mereka dengan kerajaan Slavia Moravia Besar abad ke-9. Lantaran kekurangan dinasti nasional, santo pelindung, dan aristokrasi pribumi atauborjuasi, pahlawan nasional mereka menjadi penjahat abad ke-18 Jánošík, terkadang disebut Slovakia Robin Hood.

Kemudian negara fasis Republik Slowakia didirikan 1939 yang diperintah oleh rezim klero-fasis totaliter yang merupakan boneka Jerman Nazi. Cekoslowakia didirikan ulang usai Perang Dunia II, setelah kudeta 1948 hingga lepas karena rezim komunis berakhir.

3. Etnis dan Bahasa

Lebih dari empat per lima populasi Slovakia adalah etnis Slowakia. Hongaria yang terkonsentrasi di distrik perbatasan selatan, merupakan minoritas terbesar yang jumlahnya kurang dari sepersepuluh populasi republik. Sejumlah kecil orang Ceko, Jerman, dan Polandia tinggal di seluruh negeri, sementara orang Ruthenia (Rusyn) terkonsentrasi di timur dan timur laut.

Di negara ini juga terdapat populasi Roma (Gipsi) yang cukup besar dan relatif bergerak, yang sebagian besar tinggal di bagian timur negara itu. Meskipun mayoritas populasi mengidentifikasi Slovakia sebagai bahasa ibunya, sebuah undang-undang yang mulai berlaku pada 1 Januari 1996, menjadikan bahasa Slovakia bahasa resmi negara kontroversial terutama karena pengaruhnya terhadap minoritas Hongaria di Slovakia.

3 dari 4 halaman

4. Negeri Seribu Gua

Terdapat lebih dari 6.000 gua yang bisa ditemukan, namun yang dibuka umum tak sampai 20 gua. Sebagian besar gua tersebut terdapat di Taman Nasional Low Tratas. Gua yang paling terkenal adalah Gua Araganit Ochtinska. Gua Aragonit Ochtinska berada di wilayah Roznava.

Gua ini merupakan gua yang langka di dunia dan gua ini merupakan satu-satunya gua di Eropa yang menjadi bagian dari Daftar Warisan Dunia UNESCO. Gua tersebut ditemukan pada 1954 ini termasuk langka dan berharga sebab terdapat ornamen aragonitnya yang sangat memesona.

Tak kalah menarik adalah Gua Es Demanovska, terletak di lembah Demenovska berada di bawah perbukitan Tatras Rendah. Informasi pertama mengenai gua ini berasal dari tahun 1299 dan merupakan terbesar kedua dari jenisnya di Slovakia ini terbuka untuk umum sejak 1880-an. Salah satu bagian yang akan membuat kagum pengunjung yaitu freezer, di mana mereka dapat menemukan es dan air terjun es yang sangat mengagumkan di dalamnya.

Kemudian ada Gua Liberty Demanovska merupakan gua yang cukup populer di kalangan pelancong dan yang terbanyak dikunjungi di Slovakia. Gua ini bisa ditemukan di Wilayah Liptovsky Mikulas dan salah satu yang paling menarik  pada bagian ornamennya terdapat batu tetes unik.

4 dari 4 halaman

5. Wisata di Kota Klasik

Negara Slovakia memiliki Bojnice, sebuah kota kecil bergaya klasik yang berada di bagian tengah Slovakia dan berada di tepi Sungai Nitra. telatknya berdekatan dengan kota Prievidza dan masih termasuk di wilayah region Trencin.

Selain itu di kota Zilina terdapat Budatin Castle, Lietava Castle, Starhrad, dan Museum of Povazie. Kastil Budatin merupakan puri yang terletak di barat laut Slovakia. Salah satunya, saat mengunjungi Starhrad, Anda dapat menikmati pemandangan perbukitan dan hutan di sekitarnya.

Bukan hanya bangunan kastil tua yang penuh sejarah, Slovakia memiliki wisata alam seperti Slovak Paradise National Park. Taman nasional ini terletak di Slovakia bagian timur. Tempat wisata ini mencakup area pegunungan Slovene Rudohorie yang memiliki banyak sistem perairan alami seperti sungai, air terjun, dan ngarai yang mempesona. Selain itu, ada juga gua dan lembah-lembah

Ada pula Tatra National Park, yang terletak di kawasan pegunungan Tatra dan memiliki luas kurang lebih 738 km persegi. Tujuan wisata ini terdiri dari Western Tatras, Eastern Tatras, dan High Tataras.

Puncak tertinggi yang dapat dicapai saat hiking ke sana yaitu 2.655 mdpl yaitu di Gerlachovsky stit. Jika ingin ke sana, Anda dapat naik kereta atau bus dari Bratislava menuju ke Popard kemudian melanjutkan perjalanan ke Tatranska Lomnica, Strbske Pleso, atau Stary Smokovec dengan kereta kecil.

6. Kuliner Pangsit Kentang

Mengutip dari Taste Atlas, Rabu, (22/1/2023), Halušky adalah jenis pangsit kentang yang sangat lembut, biasanya diasosiasikan sebagai kuliner Slovakia dan Republik Ceko. Adonan dibuat dengan kentang mentah parut dan tepung. Hidangan biasanya dimasak sehingga adonan disebarkan di atas papan kayu, dan potongan kecil adonan dipotong dan dijatuhkan langsung ke dalam air mendidih.

Kemudian kuliner lain adalah guláš tradisional adalah sup daging hangat yang disajikan dengan saus merah gelap yang dibumbui dengan banyak paprika. Sepanjang sejarah, hidangan asal Hongaria ini telah menjadi salah satu makanan paling umum di Republik Ceko dan Slovakia.

Kedua negara telah membuat versi uniknya sendiri, sedikit berbeda dari aslinya. Biasanya terdiri dari daging sapi, babi, atau daging buruan, dicokelatkan dan direbus bersama bawang selama berjam-jam sampai kaldu mengental. Ada banyak jenis hidangan pedesaan ini, termasuk yang memiliki potongan daging berbeda, jenis kaldu yang lebih kental dan lebih encer, kentang, biji jintan, marjoram, bahkan sosis dan jamur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.