Sukses

Saking Semangat Ijab Kabul, Pengantin Pria Nyaris Pecahkan Jam Tangan Wali Nikah

Usai ijab kabul dengan lancar, pengantin pria menghentakkan tangannya dengan penuh semangat.

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan termasuk momen spesial yang paling ditunggu-tunggu bagi banyak orang. Hal itu juga dirasakan seorang pria yang bisa menikah dengan wanita yang dicintainya. Ia merasa semangat dan sangat antusias saat mengucapkan ijab kabul di hari pernikahannya.

Namun momen sakral tersebut berubah menjadi lucu, usai hal tak terduga terjadi.  Dibagikan oleh akun Twitter @ndagels, Rabu, 4 Januari 2023, sebuah video memperlihatkan mempelai pria yang siap untuk mengucapkan ijab kabul pernikahannya, di depan wali, penghulu, para saksi dan mempelai perempuan.

Ia terlihat mengenakan pakaian pengantin Sunda berwarna putih, sambil menggenggam tangan wali nikah dari pihak perempuan. Lucunya, usai ijab kabul dengan lancar, ia pun menghentakkan tangannya dengan penuh semangat.

Tanoa sadar ia menghentakkan tangan wali nikah tinggi-tinggi hingga jam tangannya terpentok ke meja. Hal tersebut membuat wali nikahya langsung mengelus-ngelus aksesori miliknya sambil melihat kondisinya.

Sementara prang di sekitarnya tak bisa menahan tawa, termasuk pengantin perempuan. Ada juga yang ikut memeriksa keadaan tangan wali nikah yang baru saja dibanting si mempelai pria.

Si pria pun jadi merasa tak enak hati dan memperlihatkan ekspresi lucu. Video ini langsung menjadi perhatian bahkan telah dilihat lebih dari 604 ribu kali dengan komentar beragam. "Punya dendam pribadi kayaknya," komentar seorang warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Bisa Senyum

"Alon alon mas, jangan buang bunag tenaga untuk yang tidak perlu. Tenagamu masih dibutuhkan untuk suatu hal," komentar warganet lainnya.  "Mas nya gugup banget sampe ga bisa ikutan ssnyum haha," timpal warganet lainnya.

Momen akad nikah yang biasanya hanya terjadi sekali seumur hidup ini seringkali membuat calon pengantin gugup. Saking gugupnya, tak jarang tercipta momen-momen unik dan tidak terduga dari pengantin sehingga suasana yang tadinya serius berubah menjadi lucu.

Sama halnya yang dilakukan mempelai pengantin pria satu ini. Terlalu grogi saat proses ijab kabul, ia justru mengulangi ucapan wali nikah. Melansir kanal Citizen6 Liputan6.com, 20 April 2021, momen itu pun lantas membuat para saksi dan tamu undangan yang hadir tak kuasa menahan tawa.

Melalui akun TikTok @ippank.gokiel, sebuah video menampilkan acara akad nikah yang mengundang tawa karena pengantin pria salah menjawab ijab kabul. Hal itu pun ramai menjadi perbincangan warganet di media sosial.

 

3 dari 4 halaman

Mengulangi Ucapan Wali Nikah

Dalam videonya, tampak pengantin pria yang mengenakan pakaian serba merah itu terlihat grogi saat ijab kabul akan dimulai. Dengan kepala menunduk, ia tampak tegang menjawab ijab tersebut.

Namun, alih-alih menjawab ijab dengan lantang, ia justru mengulangi ucapan sang wali dari mempelai wanita. "Saya nikahkan dan kawinkan Citra Safitri," ucap pengantin pria yang mengulangi kata-kata wali nikah tersebut.

Momen itu pun lantas membuat banyak individu yang menyaksikan akad tertawa geli dibuatnya. Bahkan sang wali nikah terlihat heran usai mendengar perkataannya malah diulangi oleh pria di hadapannya.

Sementara, mempelai pria tampak menyadari telah melakukan kesalahan. Dari tertunduk, ia tiba-tiba mengangkat kepala menatap wali nikah dengan mata terbelalak dan kebingungan. Video yang merekam momen salah mengucapkan ijab kabul itu pun sempat viral di media sosial.

Kejadian lucu juga terjadi saat akad nikah putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jomowi) yaitu Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

4 dari 4 halaman

Akad Nikah Kaesang

Akad nikah Kaesang dan Erina berlangsung di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022), pukul 13.15 WIB. Kaesang tertangkap kamera beberapa kali tertawa ke arah kamera. Bahkan Kaesang sempat melempar finger heart ke arah kamera yang tengah menyorotnya.

Meski begitu, akad nikah Kaesang dan Erina berjalan lancar. Kaesang Pangarep berhasil mengucapkan ijab kabul dalam satu kali tarikan napas. "Saya terima nikahnya Erina Sofia Gudono binti Mohammad Gudono dengan mas kawin tersebut dibayar tunai," ucap Kaesang Pangarep.

Mas kawin yang diberikan Kaesang berupa seperangkat alat sholat, logam mulia 10, 12, 20 dam 22 gram, serta uang tunai senilai Rp300 ribu. Berat dari logam mulia sendiri pun menandakan tanggal akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Keluarga kedua mempelai tampak mengenakan kebaya dan sorjan bernuasana putih, emas, dan pink.

Menariknya keponakan Kaesangan, Jan Ethes dan Sedah Mirah juga ikut mengenakan kebaya serta sorjan dan jarik. Prosesi ijab kabul pun berjalan kurang lebih 30 menit yang artinya Kaesang pun harus 'cosplay' untuk anteng, meski dari raut muka dirinya terlihat tegang dan ingin cepat selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.