Sukses

Lokasi Syuting The Menu, Restorannya Ternyata Tak Ada yang Riil

The Menu merupakan film bergenre horor yang mengambil setting di sebuah restoran.

Liputan6.com, Jakarta - The Menu, sebuah film bergenre horor dengan latar restoran fine dining tengah jadi perbincangan hangat. Film tahun 2022 yang masih tayang di bioskop ini berkisah tentang pasangan muda, diperankan Anya Taylor-Joy dan Nicholas Hoult, yang melakukan perjalanan ke pulau pesisir untuk makan di restoran eksklusif di mana sang koki telah menyiapkan menu mewah dengan beberapa hal mengejutkan.

Mengutip CNTraveler, Rabu, (4/1/2023), diceritakan bahwa Restoran Hawthorne dengan tarif 1.250 dolar AS atau setara Rp19,5 juta per kepala adalah sebuah restoran gastronomi di pulau pribadi yang dipimpin Chef Slowik (Ralph Fiennes). Di antara pengunjung, ada juga influencer yang membawa pengaruh makanan (Nicholas Hoult), kritikus makanan (Janet McTeer), dan selebritas (John Leguizamo).

Film tersebut, menurut desainer produksi Ethan Tobman, mengubah "restoran jadi mikrokosmos masyarakat." Tobman menceritakan bagaimana tepatnya dia mengemas setting film.

"Tidak seperti yang kami harapkan. Semula, lokasi syuting The Menu kami rencanakan di Skotlandia. Sebagian besar restoran Michelin bintang tiga berada di lingkungan yang dingin, hujan, dan musiman yang dramatis, sehingga Skotlandia sempurna," ujar Tobman. 

Tapi kemudian, hanya dua bulan sebelum syuting pada musim panas 2021, kasus COVID-19 mulai mencapai puncaknya di Inggris Raya, jadi pihaknya tiba-tiba memutuskan syuting di Pulau Tybee, Georgia.

"Sutradara Mark Mylod memberi tahu kami untuk mempertahankan tampilan itu, yang berarti membuat lanskap luar biasa dengan menutupi tanah rawa rendah Savannah," sambungnya.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Setting Suasana Horor

Setiap pohon lapuk dan potongan kayu apung yang sudah keriput pun jadi properti film. Lokasi syuting dibuat amat teliti dan sempurna, namun ternyata tidak ada yang sungguhan, termasuk restoran fine dining dalam tayangan.  

Keindahan Pulau Tybee juga berupa jalur ladang sangat panjang untuk menuju sebuah lokasi gudang tua. Itu memberi kesan dramatis untuk sebuah film horor. Simetri lanskap itu mengilhami, tapi setting juga menggunakan arsitektur Nordik dalam plot.

"Saya menyebutnya modernisme organik, di mana bentuknya diilhami alam dalam tampilan dinding batu atau jendela kaca yang menyimpulkan elemen drama. Jadi, kami menutupi jalan setapak dengan batu kapur putih, melapisinya dengan lampu Brutalis, dan menutupi semua tembok dengan beton," papar Tobman.

Pembuat film pada dasarnya membangun fasad restoran dan lorong yang cukup untuk memfilmkan aktor saat melewati pintu dan berjalan ke bagian utama restoran. Bagian pintunya terinspirasi pintu kandang ternak yang mengesankan bagaimana itu akan menjadi lokasi pembantaian.

"Saya ingin itu menjadi petunjuk terakhir bagi pemirsa bahwa semuanya tidak baik," jelasnya lagi. 

3 dari 4 halaman

Syuting di Pesisir Georgia

Pesisir Georgia adalah tempat ajaib untuk melakukan perjalanan. Para pemain dan kru film tinggal di Perry Lane Hotel di Savannah selama syuting. Memiliki atap bar yang indah dan makanan yang enak di restorannya, mereka mempekerjakan koki John Benhase, seorang penduduk setempat sebagai kru penasihat.

Mengutip kanal Showbiz Liputan6.com, film The Menu rilis di jaringan bioskop Indonesia pada 18 November 2022. Film ini memasang tiga bintang populer sebagai pemeran utama, yakni Ralph Fiennes, Anya Taylor-Joy, dan Nicholas Hoult. 

The Menu merupakan karya sutradara Mark Mylod. Di industri televisi, Mylod cukup populer, dengan ia pernah jadi sutradara beberapa episode Game of Thrones, Shameless, dan Succession.

Sebelum rilis secara reguler, film The Menu sempat diputar di ajang Toronto International Film Festival pada 10 September 2022. Sejauh ini, The Menu mendapat pujian dari kritikus internasional. Skor di situs aggregator Rotten Tomatoes menunjukkan angka 90 persen dari 114 ulasan yang masuk.  

4 dari 4 halaman

Sempat Ganti Pemain

The Menu merupakan komedi satir dengan unsur misteri dibalut kemasan kuliner mewah. Ada rahasia mengerikan di balik menu lezat Chef Slowik. Rupanya, para tamu yang hadir di restoran itu nantinya akan dimasak oleh Slowik.

Margot yang menyadari hal ini berusaha memberi tahu Tyler. Terungkap bahwa Tyler sebenarnya bukan kekasih Margot, ia hanya menyewa Margot untuk menemaninya.

Saat Margot memberi tahu soal Slowik yang membunuh tamunya untuk dimasak, reaksi Tyler di luar dugaan. Saking kagum pada Slowik, Tyler sampai rela mati di tangan chef itu. Kini, Margot harus berjuang sendiri agar lolos dari maut.

Penggemar film tak hanya akan mendapati cerita yang tak terduga saat menyaksikan The Menu. Akting pemainnya, seperti Anya Taylor-Joy tentu sudah tak asing.

Sebelumnya, pada April 2019, sempat diumumkan bahwa Emma Stone dan Ralph Fiennes yang akan membintangi The Menu, dengan Alexander Payne sebagai sutradara. Tapi, dengan sedikit konflik karena penjadwalan syuting, Anya ikut casting dan menggantikan Stone. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.