Sukses

Serba-serbi Penggunaan Tampon Saat Menstruasi

Jika menggunakan tampon selama menstruasi, penting untuk mengetahui cara menggunakannya dengan aman.

Liputan6.com, Jakarta - Tampon merupakan produk menstruasi yang tidak begitu populer di Indonesia dibandingkan pembalut. Seiring perkembangan pemasaran sekarang, beberapa ulasan penggunaannya mulai muncul dalam beberapa tahun belakangan di dalam negeri.

Tampon merupakan salah satu metode untuk menyerap aliran darah menstruasi. Tampon dirancang untuk dimasukkan ke dalam vagina dengan atau tanpa aplikator. Administrasi Makanan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA) mencatat, tampon dimaksudkan untuk digunakan sekali, dibuang.

"Tampon tidak boleh digunakan lebih dari sekali," mereka menegaskan, dikutip dari situs webnya, Selasa (27/12/2022). FDA menekankan bahwa selama menggunakan tampon saat menstruasi, penting untuk mengetahui cara menggunakannya dengan aman. 

Terkait penggunaan secara aman, pihaknya merekomendasikan, pertama, mengikuti semua petunjuk berlabel. Bahkan jika Anda pernah menggunakan tampon sebelumnya, baca petunjuk di kemasannya.

Kedua, cuci tangan Anda sebelum dan sesudah menggunakan tampon. Ini akan membantu mengurangi penyebaran bakteri. Lalu, hanya gunakan tampon saat Anda sedang menstruasi. Tampon tidak dimaksudkan untuk digunakan pada waktu lain atau untuk alasan lain.

Keempat, ganti tampon setiap empat hingga delapan jam. Jangan pernah memakai tampon tunggal selama lebih dari delapan jam sekaligus. Kelima, gunakan tampon dengan daya serap terendah yang dibutuhkan. Jika bisa memakai satu tampon hingga delapan jam tanpa menggantinya, daya serapnya mungkin terlalu tinggi.

Kemudian, hubungi penyedia layanan kesehatan jika mengalami nyeri, demam, atau gejala tidak biasa lainnya. Jika merasa tidak nyaman, nyeri, atau mendapati gejala tidak terduga lain, seperti keluarnya cairan yang tidak biasa saat mencoba memasukkan atau memakai tampon, atau jika mengalami reaksi alergi, hentikan penggunaan tampon dan hubungi penyedia layanan kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda-Tanda Sindrom Syok Toksik

Terakhir, FDA menyebut, penting mengetahui tanda-tanda sindrom syok toksik (TSS) dan cara mengurangi risikonya. Gejala dan tanda TSS mungkin termasuk demam mendadak, muntah, diare, pingsan, atau perasaan seperti akan pingsan saat berdiri, pusing, atau ruam yang terlihat seperti terbakar sinar matahari.

Jika mengalami gejala-gejala ini selama atau segera setelah menstruasi, hentikan penggunaan tampon dan segera dapatkan bantuan medis. Demi mengurangi risiko TSS, gunakan tampon dengan daya serap terendah yang diperlukan, kenakan tampon tidak lebih dari delapan jam, lalu buang, dan gunakan tampon hanya saat Anda sedang menstruasi.

Lalu, bagaimana cara memasang tampon dengan benar? Tampax menyebutkan langkah pertama adalah mencuci tangan dulu. Lalu, buka bungkus tampon dan pastikan Anda tahu cara kerjanya. Jika belum pernah benar-benar melihat tampon, mungkin terlihat mengintimidasi, tapi tampon itu ada di dalam aplikatornya.

Aplikator memudahkan memasukkan tampon ke dalam vagina. Beberapa plastik; ada yang karton; keduanya dapat digunakan dengan aman. Aplikator memiliki tabung luar lebih besar yang menahan tampon, area "pegangan" tempat Anda akan memegangnya, dan tabung yang lebih kecil di ujungnya dengan tali yang keluar. Tabung yang lebih kecil sebenarnya adalah "plunger" yang Anda gunakan untuk mendorong tampon keluar saat menggantinya.

3 dari 4 halaman

Memasang Tampon

Temukan vagina Anda. Ambil cermin dan lihatlah untuk memastikan Anda terbiasa dengan lubang vagina tempat tampon akan ditempatkan. Kemudian, bersikaplah secara nyaman dan siap untuk memasukkan tampon.

Temukan posisi nyaman yang memungkinkan Anda rileks dan tetap menjangkau vagina. Kebanyakan orang akan duduk di toilet atau berdiri sambil sedikit berjongkok untuk memasukkan tampon, tapi Anda juga dapat mencoba berbaring atau menopang satu kaki di pijakan atau permukaan lain yang ditinggikan.

Yang paling penting adalah menarik napas dalam-dalam. Jika menekan bokong atau otot-otot di sekitar vagina, memasukkan tampon tidak akan semudah itu.

Langkah berikutnya, yakni mengatur ujungnya. Pegang tampon pada pegangannya, dengan bagian yang lebih kecil tepat di atas pendorong, dan letakkan ujung tampon di lubang vagina Anda.

Setelah ujungnya terpasang, arahkan tampon ke punggung bawah, bukan lurus ke atas. Vagina Anda tidak langsung masuk ke tubuh Anda, sebenarnya memiliki sedikit sudut. Menemukan sudut yang tepat untuk Anda juga dapat membantu membuatnya terasa lebih nyaman untuk disisipkan.

 

4 dari 4 halaman

Mengganti Tampon

Sekarang Anda sudah siap. Masukkan aplikator tampon secara perlahan dari ujung, sampai ke pegangan. Saat memasukkannya cukup jauh, jari-jari Anda pada pegangan mungkin akan menyentuh vulva Anda.

Setelah memasukkan ujung ke pegangan, saatnya menggunakan jari telunjuk atau tangan lain untuk mendorong pendorong sepenuhnya dan melepaskan tampon.

Setelah Anda mendorong pendorong sepenuhnya, tarik aplikator keluar. Tali itu akan jadi satu-satunya yang tersisa di bagian luar di lubang vagina Anda.

Sedangkan untuk mengeluarkannya, pertama, pastikan mencuci tangan sebelum mengganti tampon. Tampon memiliki tali yang menempel di luar tubuh Anda. Tali pelepas itu dijahit seluruhnya ke atas, jadi tidak akan lepas. Tarik tali yang dibiarkan menggantung di luar tubuh Anda dengan lembut, namun cukup kuat, dan tampon Anda akan meluncur keluar.

Setelah berhasil melepas tampon, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membuang tampon. Pembuangan tampon juga sangat sederhana. Panduan sederhananya, yakni bungkus, lalu buang, namun jangan pernah membuangnya ke toilet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.