Sukses

4 Cara Cepat Bersihkan Dapur dari Minyak dan Kotoran Membandel

Cipratan minyak ini membuat tembok atau kompor itu menjadi kotor dan lengket. Apabila noda minyak tersebut tidak langsung dibersihkan biasanya akan mengendap dan akan sulit untuk dihilangkan.

Liputan6.com, Jakarta Dapur adalah tempat berlangsungnya aktivitas masak memasak. Ketika sudah seperti itu, tak jarang ada cipratan minyak yang jatuh di sekitar tembok atau kompor sehingga membuat permukaannya berminyak.

Cipratan minyak ini membuat tembok atau kompor itu menjadi kotor dan lengket. Apabila noda minyak tersebut tidak langsung dibersihkan biasanya akan mengendap dan akan sulit untuk dihilangkan.

Untuk menghindari hal tersebut, ikuti 4 cara berikut agar dapur tetap bersih dan tidak lengket! 

1. Serap Minyak dengan Garam atau Tepung Terigu

Untuk noda minyak yang cukup banyak di sekitar kompor, bisa taburkan garam atau tepung terigu pada area yang berminyak. Diamkan beberapa menit lalu lap menggunakan tisu atau kain. Setelah itu, bersihkan lagi menggunakan cairan pembersih agar permukaan kompor tidak lengket.

2. Gunakan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring dikenal ampuh membersihkan noda-noda bekas minyak. Memakai sabun cuci piring adalah cara yang tepat untuk membersihkan noda minyak di dapur.

Caranya juga mudah, cukup campurkan beberapa tetes sabun ke dalam air hangat. Lalu lap dinding atau permukaan sekitar kompor dengan spons atau kain. Ulangi sampai permukaan sudah tidak lengket lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Gunakan Baking Soda

Cara selanjutnya untuk membersihkan dapur yang berminyak adalah dengan campuran baking soda dan air. Caranya juga cukup mudah, campurkan baking soda dengan beberapa tetes air sampai menjadi adonan pasta. 

Kemudian usapkan adonan tersebut pada bagian yang dirasa berminyak. Diamkan beberapa menit lalu lap dengan kain bersih atau spons.

4. Gunakan Alkohol Gosok

Alkohol merupakan bahan yang dapat dijadikan disinfektan dan antiseptik untuk melawan kuman dan bakteri. Selain itu, alkohol juga bisa dimanfaatkan untuk mengangkat minyak yang ada di permukaan.

Semprotkan atau teteskan alkohol ke permukaan yang berminyak. Diamkan selama 5 menit lalu lap menggunakan kain basah. 

Itulah dia 4 cara membersihkan dapur yang berminyak dengan mudah dan cepat. Segera bersihkan dapur setelah dipakai agar noda-noda membandel mudah untuk dihilangkan. Selamat mencoba!

 

Penulis: Kadek Argyanti Paramahita

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.