Sukses

Festival Pokemon di PIK Sambut Libur Natal dan Tahun Baru di Jakarta

Festival Pokemon yang digelar di PIK itu digadang-gadang yang terbesar di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Festival Pokemon yang digadang-gadang terbesar di Indonesia kini digelar di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. Karakter anime monster asal Jepang itu menghibur warga yang menyambut libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Dalam festival ini, PT Anugerah Kreasi Gemilang (AKG Entertainment) selaku pemegang master lisensi Pokemon di Indonesia, bersama Pokemon Company menggelar empat tema di empat area berbeda di kawasan PIK. Tema natal bisa didapati di PIK Avenue, sedangkan pokemon air mendominasi Cove Batavia.

Selanjutnya, PIK Pantjoran menghadirkan koleksi pokemon air. Terakhir, Urban Farm menampilkan pokemon daun yang didominasi warna hijau. Festival itu juga disemarakkan dengan berbagai acara, seperti Pokemon Run, special in-game event dengan Pokemon GO, turnamen dan workshop Pokemon Game Kartu Koleksi, turnamen Pokemon UNITE, Pokemon Parade and Dance, Meet & Greet bersama Pikachu.

Acara yang digelar mulai 8 Desember 2022 – 8 Januari 2023 ini diharapkan untuk dapat menjadi salah satu destinasi keluarga saat liburan natal dan tahun baru. Saat pembukaan, pengunjung dihibur dengan Pikachu Dance yang dimainkan enam Pikachu.

"Kita bisa membawa family coming together untuk spend time together, lebih untuk kegembiraan sih," ujar Axton Salim, Executive Director of Salim Group pada acara pembukaan Festival Pokemon di PIK, Kamis, 8 Desember 2022.

Senada dengan Axton, Christina Lim, General Manager AKG Entertainment juga menambahkan, "Kami optimistis Pokemon Festival Jakarta dapat menjadi destinasi hiburan akhir tahun favorit bagi keluarga serta para penggemar Pokemon se-Asia Tenggara." 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berburu Pokemon

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno turut hadir dalam pembukaan festival tersebut. "Saya sangat berbahagia karena ini adalah bagian dari ekonomi kreatif, permainan dan penyuka gim di Indonesia berkembang pesat sehingga menyumbangkan dua miliar dolar terhadap perekonomian kita," kata dia.

Festival Pokemon Jakarta selanjutnya akan menggelar special in-game event untuk merayakan perilisan Pokemon Go versi Bahasa Indonesia. Para penggemar Pokemon Go ditugaskan untuk penelitian lapangan dan bisa menemukan pokemon spesial. Dalam acara gim spesial ini, pemain Pokemon Go juga akan mendapatkan bonus yang menarik, seperti catch XP ×3, jarak penetasan ×1/2 untuk telur, dan kesempatan untuk mengumpulkan stiker spesial in-game dengan memutar Disk Foto di PokéStop di venue event.

Pada hari ini, Sabtu (10/12/2022), akan diadakan pertarungan player vs player di lokasi yang melibatkan komunitas pecinta pokemon. Sementara pada Minggu, 11 Desember 2022, akan diselenggarakan Pokemon Run yang diikuti 3500 peserta dalam kategori Family Run 3K dan Fun Run 5K.

3 dari 4 halaman

Gaet Pecinta Pokemon

Rangkaian acara dilanjutnya dengan bermain Pokemon UNITE bersama para komunitas pecinta pokemon. Pokémon UNITE Indonesia Open adalah turnamen Pokémon UNITE resmi pertama di Indonesia yang bertempat di Menara Indomaret PIK. Turnamen ini memiliki jenjang berkelanjutan ke kancah internasional, Malaysia untuk mewakilkan Indonesia dengan total hadiah 20.000 dolar amerika. 

Festival masih berlanjut pada Sabtu dan Minggu, 17--18 Desember 2022, dengan diselenggarakannya Regional League Pokémon Game Kartu Koleksi Indonesia. Sebanyak 350 pemain kartu Pokémon akan bertanding di turnamen ini untuk bisa mendapatkan privilese di Championship Indonesia tahun depan. 

Axton menyebutkan bahwa festival tersebut digelar untuk semua kalangan. Di kawasan PIK Avenue terdapat ice skating, mewarnai, tempat merchandise, dan pameran koleksi kartu Pokemon. Sementara untuk ketiga tempat lainnya, selain ada maskot Pokemon terdapat juga berbagai gambar pokemon yang menghiasi tembok publik. Pengunjung juga dapat menikmati meet and greet bersama Pokemon setiap akhir pekan. 

  

4 dari 4 halaman

Sejak 2019

Kemitraan antara PT Anugerah Kreasi Gemilang (AKG Entertainment) dan The Pokemon Company sudah dilakukan sejak 2019 dan telah menuai kesuksesan dalam mendistribusikan berbagai merchandise Pokémon dan Pokémon Game Kartu Koleksi di Indonesia. Kemitraan ini terus berkembang, salah satunya dengan menggelar Pokémon Festival sebagai pilihan kegiatan rekreasi untuk keluarga.

Sejak pertama kali dirilis 2019 lalu, Pokémon Game Kartu Koleksi saat ini telah dimainkan oleh banyak orang hingga di pelosok daerah. Selain itu, Pokemon sudah hadir dalam bentuk gim, komik, anime, hingga film layar lebar. 

"Kami sangat senang karena pada kesempatan ini The Pokémon Company dapat hadir dan memberi dukungan kepada AKG Entertainment selaku penyelenggara Pokémon Festival pertama di Indonesia. Bagi kami, Pokémon adalah favorit semua generasi, yang tak hanya menghibur tapi juga edukatif. Kami berharap Pokemon Festival Jakarta dapat menjadi destinasi bagi keluarga Indonesia serta menjadi wadah berkumpulnya para penggemar Pokémon," ujar Christina Lim.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.