Sukses

Jan Ethes dan Sedah Mirah Bakal Jadi Pembawa Cincin Nikah Erina Gudono dan Kaesang Pangarep

Liputan6.com, Jakarta - Tak lama lagi Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menyandang status sebagai suami istri. Persiapan pernikahan mereka saat ini nyaris rampung. Urusan undangan, venue pernikahan, suvenir, sajian, hingga pakaian untuk pengantin sudah siap.

Menjelang pernikahannya, Selasa, 6 Desember 2022, Kaesang pun mengikuti gladi resik di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo. Dalam momen ini, Kaesang hanya datang sendiri karena Erina sedang dipingit.

Kaesang yang berkaus hitam dengan bawahan kain jarik terlihat serius mengikuti gladi resik untuk serangkaian acara pernikahannya. Dalam gladi resik ini terlihat ada peran dua cucu Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu Jan Ethes dan Sedah Mirah, di prosesi akad nikah Kaesang dan Erina.

Jan Ethes nantinya akan mendapat tugas untuk membawa baki perhiasan cincin dari Kaesang kepada Erina. Sedangkan, Sedah Mirah akan menjadi pembawa cincin tersebut sebelum diberikan ke Kaesang. Prosesi penyerahan cincin itu dilakukan setelah akad nikah.

Pemilik Wedding Organizer Pengantin Production Wigung Wratsangka membenarkan bahwa Jan Ethes dan Sedah Mirah akan membantu di acara pernikahan Kaesang sebagai pembawa cincin. "Iya Jan Ethes dan adik Sedah Mirah (akan menjadi pembawa cincin pernikahan Kaesang-Erina)," kata Wigung, dikutip dari Merdeka.com, Rabu, 7 Desember 2022.

Menurut Wigung, Jan Ethes dan Sedah Mirah ditunjuk karena keduanya merupakan anak-anak. Di samping, kedua keponakan Kaesang itu dirasa sudah cukup umur untuk mengemban tugas sebagai pembawa cincin nikah. Namun, dengan penunjukan mereka dimungkinkan akan mengundang gelak tawa karena tingkah lucu dua cucu Presiden Jokowi itu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Simbol Kesucian

Menurut Wigung, tampilan Jan Ethes dan Sedah Mirah tidak akan lebih mencolok dari kedua calon mempelai pengantin. Ia juga menjelaskan jika cincin pernikahan yang dibawa oleh anak kecil dianggap sebagai simbol kesucian.

"Ya, lucu dan tidak mencuri fokus. Karena, kalau yang bawa gede, kan pengantinnya tidak tampak. Mereka (Jan Ethes dan Sedah Mirah) masih anak-anak jadi dianggap lebih suci, tanpa dosa," terang Wigung.

Saat prosesi penyerahan cincin itu, Jan Ethes dan Sedah Mirah direncanakan menggunakan busana adat Solo. Sedangkan, kakek mereka yaitu Presiden Jokowi saat prosesi panggih pengantin akan menggunakan surjan. Surjan merupakan busana atas resmi adat Jawa untuk pria dan penggunaannya terbatas untuk wilayah Surakarta dan Yogyakarta.

Hal lainnya yang sudah terungkap adalah saksi nikah. Dua orang menteri ternyata akan bertindak sebagai saksi. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, disebutkan Kaesang, bakal bertindak sebagai saksi mewakili pihak keluarganya.

Sementara Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno bakal menjadi saksi dari pihak Erina Gudono. Menurut Kaesang, selain prosesi akad nikah, di Pendopo Ambarrukmo juga berlangsung acara "panggih" dan dilanjutkan resepsi dan sesi foto bersama dengan para tamu undangan.

3 dari 4 halaman

Wapres Jadi Khatib

Dalam acara itu, menurut dia, akan dihadiri sebanyak 150 tamu undangan. Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin akan menyampaikan khotbah nikah saat prosesi akad Kaesang dengan Erina di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu, 10 Desember 2022.

"Khatib (pembaca khotbah nikah)-nya Pak Wapres," kata Kaesang Pangarep usai mengikuti gladi bersih pernikahannya di Pendopo Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta, Selasa, 6 Desember 2022, dilansir dari Antara.  Sebelum pelaksanaan akad, sejumlah prosesi mengawali pernikahan Kaesang dengan Erina dimulai pada Kamis, 8 Desember 2022, di antaranya semaan kitab suci Alquran, pemasangan "bleketepe", sampai "midodareni".

Sedangkan, acara "ngunduh mantu" akan digelar di Pura Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah pada Minggu, 11 Desember 2022. Tak hanya dari dalam negeri, sejumlah tamu dari luar negeri juga dipastikan akan datang.

Salah satunya Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan atau Presiden MBZ. Presiden UEA itu mengonfirmasi siap kondangan ke pernikahan Kaesang Pangarep lewat Gibran Rakabuming Raka ketika melawat Solo pada November 2022. Konfirmasi ini disampaikan saat sarapan bareng.

4 dari 4 halaman

Mengundang SBY

Menindaklanjuti konfirmasi ini, sejumlah persiapan dilakukan untuk menyambut Presiden UEA. Duta Besar UEA untuk Indonesia dan ASEAN, Abdulla Salem Obaid AlDhaheri telah mengontak Gibran Rakabuming. Putra sulung Jokowi lantas memetakan sejumlah hotel berbintang sebagai tempat menginap para tamu penting di pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang digelar pada 10 dan 11 Desember 2022.

Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) rencananya juga akan datang ke pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Kaesang bertamu ke Puri Cikeas Bogor untuk menyerahkan undangan pernikahan secara langsung kepada SBY, baru-baru ini.

Setelah menghaturkan undangan pernikahannya dengan Erina Gudono, rupanya SBY mengajak putra bungsu Jokowi mengobrol santai. Bukan soal politik melainkan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Momen SBY dan Kaesang ngobrol Piala Dunia 2022 Qatar diungkap Sekretaris Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat Andi Mallarangeng dalam wawancara via telepon dengan Showbiz Liputan6.com, Selasa (6/12/2022). "(Setelah menghaturkan undangan pernikahan) sempat ngobrol soal sepak bola dan Piala Dunia. Pak SBY tahu Mas Kaesang kini di klub Persis Solo, kan," ungkap Andi Mallarangeng.

"Pak SBY juga nonton Piala Dunia malam yang pertandingan jam 10," imbuhnya. Salah satu pertandingan yang ditonton yakni laga Jepang kontra Kroasia yang berakhir dengan kekalahan Tim Samurai Biru.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS