Sukses

T.O.P BIGBANG Jadi Idol Korea Pertama yang Ikut Perjalanan Luar Angkasa Pada 2023

T.O.P BIGBANG masuk daftar Proyek #dearMoon yang dijadwalkan akan dilaksanakan 2023. Ia diajak Maezawa Yusaku, seorang miliarder jepang untuk melakukan perjalanan luar angkasa.

Liputan6.com, Jakarta - T.O.P BIGBANG menjadi idol Korea pertama yang akan bepergian ke luar angkasa. Ia terpilih sebagai salah satu dari delapan artis untuk berpartisipasi dalam proyek perjalanan luar angkasa "#dearMoon", yang direncanakan oleh miliarder terkenal Jepang Yusaku Maezawa.

Mengutip dari Kbizoom, Selasa (6/12/2022), pria dengan nama asli Choi Seung Hyun ini dikabarkan masuk daftar Proyek #dearMoon yang dijadwalkan akan dilaksanakan 2023. Maezawa Yusaku sendiri adalah pengusaha miliarder yang terkenal karena mendirikan perusahaan e-commerce Start Today dan pusat perbelanjaan online terbesar di Jepang, Zozotown.

Dia juga dikenal sebagai kolektor seni, dan disebut "Elon Musk Jepang" karena ide unik dan cara-caranya yang tidak konvensional. Pada 2018 ia menarik perhatian publik karena dilaporkan menjadi warga sipil pertama yang melakukan tur bulan dengan pesawat ruang angkasa BFR SpaceX pada 2023.

Bersamaan dengan itu, Maezawa Yusaku mengumumkan bahwa ia akan berkolaborasi dengan delapan seniman dalam penerbangan luar angkasanya sebagai bagian dari proyek seni bertajuk "#dearMoon". Dia secara khusus menarik perhatian dengan mengungkapkan bahwa semua biaya perjalanan untuk delapan orang terpilih akan ditanggung sepenuhnya.

Pada saat yang sama, ia mengajukan dua syarat kualifikasi: kemungkinan membantu umat manusia dan masyarakat dengan tumbuh secara signifikan melalui perjalanan luar angkasa, dan kemampuan untuk "mendukung" penumpang. Proyek spaceflight direncanakan akan berjalan selama enam hari pada tahun 2023. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diajak sang Miliarder

Sebelumnya, Maezawa Yusaku mengungkapkan persahabatannya dengan mengunggah foto pertemuan T.O.P dan Lee Byung Hun di media sosialnya pada bulan September. lantaran itu, perhatian sedang difokuskan pada apakah T.O.P dan Lee Byung Hun akan bergabung dengan proyek perjalanan luar angkasa Maezawa Yusaku, karena Lee Byung Hun belum dikonfirmasi untuk bergabung dalam proyek tersebut bersama dengan T.O.P.

Sementara itu, T.O.P yang memulai debutnya sebagai anggota grup BIGBANG pada 2006, meninggalkan YG Entertainment pada bulan Februari. Mendeklarasikan untuk berdiri sendiri, dia berubah menjadi pengusaha anggur dan mengungkapkan situasinya saat ini. Dia belum mengambil langkah apa pun terkait kembalinya ke industri hiburan.

Sebelumnya, setelah kembali dari perjalanannya di luar angkasa, miliarder Jepang, Yusaku Maezawa, mengungkapkan dirinya berkeinginan untuk menjelajahi Palung Mariana. Beberapa bulan lalu Maezawa dan sang asisten Yozo Hirano, menghabiskan 12 hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Mereka mendokumentasikan kesehariannya di luar angkasa dan diunggah ke YouTube.

3 dari 4 halaman

Lebih Menghargai Bumi

Mengutip kanal Tekno Liputan6.com, Senin, 10 Januari 2022, menurut Maezawa, perjalanannya membuat dia lebih menghargai Bumi. "Berpergia ke luar angkasa membuat kamu semakin terpesona dengan Bumi," ujarnya dikutip dari Japan Today dalam konferensi pers pertama sejak ia kembali ke Jepang.

"Anda belajar menghargai bagaimana merasakan angin, mencium sesuatu, mengalami musim," kata Yusaku Maezawa. "Saya pikir: Bumi itu luar biasa,"

Petualangan dirinya di Stasiun Luar Angkasa adalah yang pertama dari penjelajahan luar angkasa yang direncanakan oleh Maezawa. Pria berusia 46 tahun itu dijadwalkan bakal kembali mengelilingi Bulan pada 2023, dengan operasional yang dilayani oleh SpaceX milik Elon Musk.

Tetapi, Maezawa juga mengatakan ada eksplorasi lain di dalam pikirannya. Dia mengatakan tidak hanya ingin pergi bulan. "Tidak hanya melakukan perjalanan ke atas tetapi juga ke bawah adalah impian saya yang lain," ungkap Maezawa.

"Saya sedang berpikir untuk pergi ke Palung Mariana, jauh di bawah laut," ujarnya lagi.

4 dari 4 halaman

Hobi Hedonistik

Lebih jauh Maezawa mengatakan, dia ingin terus menghadapkan dirinya dengan tantangan. Palung Mariana  merupakan tempat terdalam di Bumi dan jarang dikunjungi manusia. 

Maezawa menambahkan, sudah ada beberapa elemen dari perjalanan yang direncanakan, termasuk kapal selam yang akan ia gunakan dan berapa lama ekspedisi akan dilakukan, semua sudah diputuskan.

Meski demikian, Maezawa masih menolak untuk mengungkapkan rinciannya. Perjalanan Maezawa ke luar angkasa sendiri menelan hingga 10 miliar Yen. Beberapa kritik menyebutnya pendiri Zozotown itu memiliki "hobi yang hedonistik."

Terkait kritik, Maezawa hanya mengatakan mungkin ada beberapa orang yang takut dan berhenti saat dirinya menghadapi kritik. "Bagi saya, saya tidak selalu berhasil. Saya tidak membuat semua impian saya menjadi kenyataan. Namun saya tetap percaya bahwa menerima tantangan itu menyenangkan," kata Maezawa.

Sebelumnya ia menjadi pria yang sering menuai perhatian. Belum lama ini sang miliarder e-commerce Jepang itu menjual salah satu lukisan karya seniman Jean-Michel Basquiat seharga USD 85 juta atau setara Rp 1,2 triliun di rumah lelang Phillips di New York, Amerika Serikat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.