Sukses

Miss Kroasia Tampil Seksi di Tengah Aturan Wajib Berpakaian Sopan di Piala Dunia Qatar 2022

Liputan6.com, Jakarta - Mantan ratu kecantikan dan model asal Kroasia, Ivana Knoll, mendapat sorotan banyak orang di Piala Dunia 2022. Sebab, ia menyaksikan laga-laga yang dijalani tim nasional atau timnas Kroasia di Piala Dunia 2022 Qatar dengan mengenakan pakaian seksi.

Mengutip dari The Sun, Sabtu, 3 Desember 2022, Miss Kroasia ini sudah melakukan hal tersebut sejak Kroasia pertama kali bertanding pada 23 November kemarin saat menghadapi Maroko. Saat itu ia memakai gaun slim fit hoodie warna putih merah dengan kerah v-neck yang memperlihatkan belahan dadanya dengan jelas.

Kemudian di laga kedua Kroasia, Knoll memakai gaun dengan setelan yang lebih pendek sehingga beberapa bagian tubuhnya tampak jelas. Karena itu, tingkah Ivana terus mendapatkan kecaman karena dianggap tidak menghormati Qatar sebagai tuan rumah.

Wanita berusia 30 tahun ini kembali berulah saat menyaksikan laga Kroasia vs Belgia pada Kamis malam, 1 Desember 2022 waktu Indonesia. Ivana Knoll terlihat mengenakan pakaian seksi, padahal tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar, sudah menetapkan aturan perihal berpenampilan.

Knoll awalnya berpakaian sopan saat menyaksikan laga tersebut. Namun, ia tiba-tiba membuka pakaiannya dan hanya mengenakan bikini dengam motif kotak-kotak warna putih dan merah yang merupakan bendera Kroasia.

Ia juga memakai celana panjang ketat warna merah.  Kendati begitu, Ivana belum mendapatkan teguran soal penampilan terbukanya di dalam stadion.

Menanggapi kontroversi aksinya di stadion Piala Dunia 2022,  Ivana mengaku tidak mengetahui aturan berbusana yang ditetapkan di Qatar.. Bukan itu saja, dia juga mengunggah sebuah video sedang jalan-jalan di area pantai di Kota Doha dengan hanya mengenakan bikini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pujian dan Hujatan

Di video itu dia tampak berjalan di tengah beberapa pria Qatar yang sedang duduk santai. Ada yang memuji keberanian Knoll di kolom komentar Instagram-nya. Namun, tak sedikit pula yang menghujat.

"Anda berada di Qatar bukan di Kroasia, Anda harus menghormati peraturan, ini adalah negara Muslim," komentar seorang warganet. "Jika Anda tidak tahu bahwa mengenakan pakaian ini dilarang di negara Arab, dan Anda harus menghormati adat, tradisi, dan agama kami," komentar warganet lainnya.

Pengguna lain menyebutnya "tidak menghormati budaya Qatar".  Namun Knoll tak tinggal diam. Dia menyatakan di media sosial bahwa Qatar juga perlu menghormati cara hidupnya, dan itu "tidak adil untuk semua penggemar". "Di Eropa kami menghornati mereka yang memakai hijab atau penutup kepala lainnya. Begitu juga saat saya berada di Qatar, mereka juga tidak boleh melarang pakaian apa saja yang kami kenakan," tulisnya.

Qatar memiliki aturan berpakaian bagi turis yang menghadiri acara olahraga, dengan mengharuskan mereka untuk tetap berpakaian sopan.  Dewan pariwisata negara teluk ini menegaskan kembali kepada penggemar sepak bola bahwa mereka harus “menunjukkan rasa hormat terhadap budaya lokal dengan menghindari pakaian yang terlalu terbuka di depan umum.”

3 dari 4 halaman

Terancam Dideportasi

Meski begitu, Knoll menegaskan tidak berkeinginan mengganti cara berbusananya tersebut. Jika hukuman dijatuhkan, Ivana Knoll mendapatkan ancaman dipenjara atau dideportasi karena kelakuannya tersebut.

Terlepas dari itu, Knoll masih akan terlihat berada di Qatar, karena Kroasia sudah memastikan tempat di 16 besar Piala Dunia 2022 setelah finis sebagai runner-up Grup F.  Di 16 besar, Kroasia akan menantang juara Grup E, Jepang, pada Senin 5 Desember 2022 pukul 22.00 WIB untuk memperebutkan tempat di babak perempat final.

Tak hanya Ivana yang berpakaian seksi, ada cerita lain yang tak kalah menarik seputar Kroasia di Piala Dunia 2022.  Mantan presiden Kroasia, Kolinda Grabar-Kitarovic turut hadir dalam pertandingan Kroasia mennghadapi Belgia.

Membawa syal Palestina, Kolinda menjadi perhatian khalayak.  Sebuah video di Twitter memperlihatkan saat sang mantan presiden membawa syal Palestina di tribun stadion. Kolinda tersenyum sambil mengacungkan ibu jari tangannya.

Perempuan pertama yang menjadi presiden Kroasia itu lalu menunjukkan syal dengan tulisan Palestina. Seseorang di belakang kamera kemudian mengucapkan terima kasih kepadanya. "Former Croatian President Kolinda Grabar-Kitarović was seen wearing a Palestinian scarf during today's Croatia vs. Belgium match at #FIFAWorldCup in Qatar. 🇵🇸 ," cuit akun @QudsNen pada Jumat (2/12/2022).

4 dari 4 halaman

Mantan Presiden Kroasia

Kolinda memang kerap hadir di setiap pertandingan Piala Dunia negaranya tersebut. Saat laga Kroasia melawan Kanada, Senin (28/11/2022), nampak Kolinda yang menonton di Khalifa International Stadium, Doha.

Hasil pertandingan menunjukkan kemenangan Kroasia atas Kanada dengan skor 4-1.  Mengutip kanal Citizen6 Liputan6.com, Presiden keempat Kroasia itu juga berbaur bersama penggemar lainnya.

Melalui akun Twitter @KolindaGK, dia mengunggah kebersamaan bersama penggemar sepak bola lainnya. "Suasana yang luar biasa di #SouqWaqif dengan penggemar sepak bola dari seluruh dunia. Kami bertarung di lapangan permainan di piala @FIFAWorldCup #Qatar, tetapi kami merayakan persahabatan setiap saat!" ungkapnya dalam keterangan unggahan itu.

Saat masih menjabat sebagai presiden Kroasia, Kolinda juga turut hadir di laga Piala Dunia 2018 Rusia. Pertandingan final Kroasia melawan Prancis itu melahirkan Prancis sebagai juara di Piala Dunia 2018.  Momen yang kala itu ramai diperbincangkan yaitu saat Kolinda memeluk kapten Timnas Kroasia, Luka Modric usai pertandingan. Sejumlah warganet kemudian mengapresiasi tindakan Kolinda yang nampak begitu tulus.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS