Sukses

Agar Tak Salah Pilih, Simak Tips Memilih Buah-buahan Segar dan Matang

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang kita ketahui bahwa buah mengandung berbagai vitamin yang baik untuk tubuh. Buah juga merupakan salah satu sumber air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Mengonsumsi buah adalah salah satu cara mencegah diri kita terserang penyakit. Para ahli pun menyarankan agar kamu mengonsumsi buah-buahan dan sayuran setidaknya 400 gram/hari agar tubuh tetap sehat.

Namun, permasalahan yang sering kali dialami adalah sulitnya memilih buah yang segar dan matang. Lalu bagaimana caranya? Yuk simak tips berikut!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

Perhatikan Warnanya

Salah satu indikator penting dari kematangan adalah warna. Buah dengan warna yang cerah biasanya mempunyai kualitas yang baik dan matang. 

Sebaiknya jangan memilih buah dengan warna terlalu pucat atau terlalu tua. Biasanya warna terlalu pucat menandakan buah tersebut belum matang, dan jika terlalu tua biasanya buah tersebut sudah terlalu matang atau busuk. 

3 dari 8 halaman

Tekan Buah dan Lihat Teksturnya

Beberapa buah seperti apel harus memiliki tekstur yang keras. Menandakan bahwa apel tersebut masih segar. Namun beberapa buah lainnya memiliki tekstur lembek menandakan buah tersebut sudah matang, seperti buah persik, mangga, alpukat, dan sebagainya.

4 dari 8 halaman

Cium Aromanya

Tips menentukan buah yang segar dan matang yaitu dengan mencium aromanya. Aroma buah yang matang biasanya aroma segar dan manis. Jangan memilih buah dengan aroma yang menyengat karena bisa jadi buah tersebut sudah terlalu matang dan mendekati busuk.

5 dari 8 halaman

Periksa Tanda-tanda di Permukaan Buah

Buah yang segar terkadang dapat terinfeksi oleh patogen, yaitu bakteri atau virus berbahaya seperti Salmonella, E. coli, dan Hepatitis A. Saat membeli buah segar, carilah yang memiliki bentuk, tekstur, dan warna yang bagus. Buah segar yang berjamur, memiliki bercak atau yang menunjukkan bukti kerusakan serangga. 

6 dari 8 halaman

Berat Buah

Berat adalah tanda kematangan yang baik bagi buah. Biasanya buah yang baik adalah buah yang lebih berat daripada ukuran biasanya. Hal tersebut menandakan bahwa buah tersebut tumbuh dengan sempurna, dan akan segera matang.

7 dari 8 halaman

Dengar Bunyi Ketukan

Jika kamu ingin membeli semangka atau melon yang utuh, coba ketuk dengan jari. Apabila bunyi yang terdengar seperti tepukan di dada, berarti buah tersebut sudah matang. Ciri-ciri semangka atau melon yang belum matang adalah apabila diketuk, maka bunyi yang keluar akan nyaring atau hampa. 

8 dari 8 halaman

Pilih Buah pada Musimnya

Untuk mendapatkan buah dengan kematangan yang sempurna, pilih buah saat sedang musimnya. Karena biasanya kamu akan mendapatkan rasa yang manis dan juga buah yang segar. 

Itulah beberapa tips memilih buah yang segar dan matang. Setelah membaca tips-tips di atas, semoga kamu bisa mendapatkan buah yang segar dan matang sempurna ya! 

 

Penulis: Kadek Argyanti Paramahita

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS