Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Tak Semua Lemak Jahat, Kenali Mana yang Baik

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini, antara lain seputar lemak yang kerap distigmakan sebagai sesuatu yang enak, tetapi negatif bagi tubuh. Dengan pandangan itu, banyak masyarakat cenderung menghindari lemak, tanpa tahu apa yang mereka kurangi merupakan lemak yang baik atau tidak. 

"Padahal, lemak itu punya guna yang penting sekali," ujar Dr. dr. Luciana Sutanto, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinik saat Virtual Press Conference forVita Hari Kesehatan Nasional 'Bebas Lemak Trans, Bebaskan Hidupmu', Jumat, 12 November 2022.

Menurut dr. Luciana, terdapat beberapa manfaat dari lemak. Pertama, lemak berfungsi sebagai sumber energi yang jika tidak dipakai, akan disimpan sebagai lemak tubuh. Kedua, lemak bermanfaat sebagai komponen membran sel dan regulator fisiologi.

Selanjutnya berita kedua yang paling banyak dibaca adalah mengenai anggunnya Rachel Amanda saat menikah, berbusana adat Jawa tanpa paes. Wanita berusia 27 tahun itu tampak anggun mengenakan kebaya putih yang dirancang Mutiara Meddyan.

Rachel memadukannya dengan kain batik sidomukti yang menjadi doa untuk calon pengantin mendapatkan kemakmuran dan masa depan yang lebih baik setelah berumah tangga. Wajah Rachel dirias simpel oleh MUA Jasmine Elishava.

Berita ketiga yang paling banyak dibaca adalah 6 fakta menarik Maroko. Maroko dengan ibu kota Rabat adalah satu-satunya negara Afrika dengan paparan pantai ke Samudra Atlantik dan Laut Mediterania. Wilayah tidak termasuk Sahara Barat, yang dikuasai Maroko sedikit lebih besar dari negara bagian California di AS. Selengkapnya, berikut Top 3 Berita Hari Ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tak Semua Lemak Jahat, Kenali Mana yang Baik untuk Tubuh

Menurut dr. Luciana, terdapat beberapa manfaat dari lemak. Pertama, lemak berfungsi sebagai sumber energi yang apabila tidak dipakai, disimpan sebagai lemak tubuh. Kemudian, lemak bermanfaat sebagai komponen membran sel dan regulator fisiologi.

Kemudian lemak dapat memberikan rasa kenyang dan rasa enak pada makanan. Lemak juga bermanfaat sebagai pengikat vitamin larut lemak, yaitu vitamin A, D, E, dan K. Tanpa lemak, vitamin esensial itu tidak dapat diserap tubuh.

Luciana menyebutkan ada tiga macam asam lemak secara umum, antara lain lemak trans, lemak jenuh, dan lemak tak jenuh. Lemak jenuh merupakan jenis lemak yang rantai semua asam lemaknya memiliki ikatan tunggal, sebaliknya lemak tak jenuh merupakan asam lemak yang terdiri dari karbon dan hidrogen. 

Asapun lemak trans adalah sejenis lemak tak jenuh yang secara alami terdapat dalam jumlah sedikit pada lemak daging dan susu. Menurut Luciana, jenis lemak ini tak menguntungkan dari segi kesehatan karena meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

3 dari 4 halaman

Anggunnya Rachel Amanda Saat Menikah, Berbusana Adat Jawa Tanpa Paes

Rachel Amanda resmi menikah dengan Narawastu Indrapradna pada Sabtu, 12 November 2022. Sejumlah kerabat mengaku baru menerima undangan pada subuh jelang akad nikah digelar di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Mempelai wanita terlihat anggun saat mengenakan kebaya putih yang dirancang oleh Mutiara Meddyan. Bintang film Mencuri Raden Saleh itu memadukannya dengan kain batik sidomukti yang bermakna agar calon pengantin mendapat kemakmuran dan masa depan yang lebih baik setelah berumah tangga.

Wajah manis Rachel dirias simpel namun tetap glamor oleh MUA Jasmine Elishava. Riasannya semakin menonjolkan mata Rachel yang bulat, sedangkan bibirnya dipulas dengan pipi dan lipstik bernada koral. "Thank you Mba Jasmine telah membuatku cantik," tulis Manda di Instagram Story-nya.

Tak lupa rambut Manda ditata menyesuaikan busana pengantin adat Jawa yang dikenakannya, yakni disanggul. Woko S yang bertugas menangani konde Manda sengaja tidak terlalu menyasaknya tinggi-tinggi agar mudah diganti dengan tatanan resepsi. Hal itu terungkap dari komentar sesama hairstylist, Chika Wantie.

4 dari 4 halaman

6 Fakta Menarik Maroko, Dijuluki Sebagai Negeri Maghribi

Negara pegunungan yang terletak di barat Afrika Utara ini berada tepat di seberang Selat Gibraltar dari Spanyol. Maroko berbatasan dengan Aljazair di timur dan tenggara, Sahara Barat di selatan, Samudra Atlantik di barat, dan Laut Mediterania di utara.

Maroko dengan ibu kota Rabat adalah satu-satunya negara Afrika dengan paparan pantai ke Samudra Atlantik dan Laut Mediterania. Wilayahnya tidak termasuk Sahara Barat, namun yang dikuasai Maroko sedikit lebih besar dari negara bagian California di AS. 

Populasi penduduk Maroko kini didominasi Arab, merupakan keturunan pengungsi dari Spanyol yang melarikan diri dari Reconquista akibat penaklukan kembali Semenanjung Iberia oleh Kristen di abad ke-15. Perdagangan dan perbudakan membawa populasi Maroko signifikan dari Afrika sub-Sahara ke Maroko, dan keturunan mereka sekarang tinggal di oasis selatan dan di kota-kota besar.

Sekarang Maroko adalah satu-satunya monarki di Afrika Utara yaitu sistem pemerintahan monarki konstitusional dengan parlemen yang dipilih. Raja Maroko memegang kekuasaan eksekutif dan legislatif, juga merupakan komandan tertinggi militer, kebijakan luar negeri serta urusan agama.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS