Sukses

Fakta-Fakta NCT 127 yang Gelar Konser di Indonesia Hari Ini, Apa Bedanya dengan NCT U dan NCT Dream?

NCT 127 akan menggelar konser di Indonesia dalam gelaran tur dunia mereka pada hari ini dan besok, 4 dan 5 November 2022.

Liputan6.com, Jakarta - NCTzen, sebutan penggemar NCT, tengah menyudahi penantian melihat aksi grup idola mereka. Kali ini, sub-unit NCT 127 yang akan menggelar konser hari ini dan besok, 4 dan 5 November 2022, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Kabupaten Tangerang, Banten.

Kendati sudah begitu populer, ketika berbicara tentang konsep NCT, formasi Taeyong dkk bisa jadi sedikit membingungkan bagi mereka yang baru bergabung ke dalam fandom. Merangkumnya, berikut fakta-fakta tentang salah satu sub-unit NCT tersebut.

Memahami Konsep NCT

Sebelum jauh membicarakan NCT 127, sebaiknya Anda memahami dulu konsep NCT secara umum. Mengutip situs web SBS, Jumat (4/11/2022), NCT adalah singkatan dari Neo Culture Technology. Idenya, mereka adalah sekelompok anggota tidak terbatas yang terus-menerus berpindah ke sub-unit yang berbeda di berbagai kota di seluruh dunia.

Styleupk mencatat, arti kata neo adalah "baru" atau "dimodifikasi." Karena itu, agensi mereka, SM Entertainment, ingin NCT menciptakan budaya baru. Itu berarti menciptakan kelompok yang menargetkan budaya tertentu dan berhubungan dengan mereka.

Karena itu, NCT juga dikenal sebagai boy group yang "tidak terbatas." Mereka memiliki banyak anggota dan segudang konsep musik.

Secara utuh, setelah menggabungkan sub-unit, NCT punya 23 anggota. Mereka adalah Taeyong, Taeil, Johnny, Yuta, Kun, Doyoung, Ten, Jaehyun, WinWin, Jungwoo, Lucas, Mark, Xiaojun, Hendery, Renjun, Jeno, Haechan, Jaemin, YangYang, Shotaro, Sungchan, Chenle, dan Jisung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapa NCT 127?

Seperti telah disinggung, melansir Kpop Herald, NCT 127, yang diucapkan "NCT satu-dua-tujuh," berasal dari NCT. Grup ini terdiri dari Haechan, Mark, Winwin, Taeyong, Jaehyun, Yuta, Taeil, Doyoung, Johnny dan Jungwoo.

Namun, konser di Indonesia akhir pekan ini akan dihadiri sembilan personel: Taeyong, Taeil, Johnny, Yuta, Doyoung, Jaehyun, Jungwoo, Mark, dan Haechan.

NCT 127 merupakan sub-unit ke-2 NCT yang debut pada 7 Juli 2016, dengan Fire Truck. NCT 127 adalah unit NCT yang berbasis di Seoul, dan "127" dalam nama mereka mengacu pada koordinat bujur Seoul.

Meski NCT 127 adalah unit tetap, sub-unit ini telah mengalami beberapa perubahan pada lineup mereka. NCT 127 awalnya debut sebagai grup beranggotakan tujuh orang: Taeil, Yuta, Taeyong, Jaehyun, Winwin, Mark, dan Haechan. Tapi, untuk EP kedua mereka Limitless, SM mengumumkan dua anggota baru, Johnny dan Doyoung (anggota NCT U), bergabung dengan NCT 127.

Grup ini juga menambahkan anggota baru, Jungwoo (anggota unit Boss NCT U), sehingga jumlah member-nya jadi 10. NCT 127 dipromosikan secara singkat sebagai grup dengan 10 anggota. Namun, Winwin tidak bergabung dengan mereka untuk promosi repackage LP karena sedang bersiap untuk debut dengan WayV, dan Haechan hiatus akibat cedera.

Haechan kembali ke grup beberapa bulan setelahnya, tapi Winwin telah berhenti berpromosi dengan NCT 127 sejak 2018.

3 dari 4 halaman

Beda dengan NCT U dan NCT Dream

Setelah memahami konsep NCT, sebenarnya tidak akan sulit membedakan NCT 127 dengan NCT U dan NCT Dream. Secara singkat, mereka merupakan sub-unit dalam NCT.

NCT U merupakan sub-unit pertama NCT. Mereka debut dengan single ganda, The 7th Sense dan Without You, pada 9 April 2016. Lineup-nya terdiri dari Jaehyun, Taeyong, Taeil, Ten, Mark, dan Doyoung. Namun demikian, NCT U adalah sub-unit yang paling membingungkan, karena merupakan unit rotasi. Ini berarti lineup untuk NCT U tidak tetap.

Selain, NCT U juga disebut sebagai sub-unit paling tidak aktif. Terlepas dari single debut, diskografi mereka hanya terdiri dari OST drama dan lagu dalam album bersama NCT.

Lalu, NCT Dream merupakan sub-unit ke-3 yang debut pada 25 Agustus 2016, dengan lagu Chewing Gum. Lineup debut terdiri dari tujuh anggota: Mark, Haechan, Jaemin, Jeno, Renjun, Chenle, dan Jisung. Berbeda dengan konsep dan musik NCT 127 yang lebih berorientasi hip hop, NCT Dream bernuansa jauh lebih muda.

Namun, musik mereka telah matang selama bertahun-tahun seiring pertambahan usia para anggota. Awalnya, NCT Dream dimaksudkan untuk mengikuti sistem kelulusan. Anggota akan meninggalkan grup setelah berusia 20 tahun (19 usia internasional), dan anggota baru akan ditambahkan.

Mark adalah anggota pertama yang lulus, dan NCT Dream melakukan comeback pertama mereka tanpanya pada 2019. Namun, SM Entertainment kemudian secara resmi mengumumkan penghapusan sistem kelulusan ini pada 2020. Mark (yang sebelumnya telah lulus dan tidak berpromosi bersama grup sejak 2018) kembali dimasukkan ke dalam lineup resmi.

Sementara anggota tidak akan lagi meninggalkan grup, lineup untuk NCT Dream akan bergilir. Ini berarti bahwa tidak setiap comeback akan menampilkan semua member. Ini memungkinkan para anggota berpromosi dengan sub-unit NCT lainnya, seperti NCT 127, di mana Mark dan Haechan adalah anggota tetap.

4 dari 4 halaman

Catatan Kesuksesan

NCT 127 tercatat menduduki puncak tangga lagu program musik The Show dua minggu berturut-turut dengan single Regular. Album studio pertama grup, NCT #127 Regular-Irregular, juga menduduki puncak sejumlah tangga lagu streaming, termasuk Gaon Chart.

Grup ini juga telah mendaratkan album full-length di chart album Billboard, memulai debutnya di No. 86 dan jadi boy band Korea dengan charting tertinggi kedua setelah BTS. Grup K-pop lain yang telah masuk dalam 200 besar, termasuk BLACKPINK dan 2NE1.

NCT 127 juga sempat dinobatkan sebagai artis "Up Next" terbaru Apple Music, tercatat sebagai artis k-pop pertama yang dipilih layanan streaming tersebut. NCT 127 juga telah beberapa muncul di berbagai acara televisi Amerika Serikat selama karier mereka.

Sementara, konser di Indonesia akhir pekan ini bertajuk "TOUR NEO CITY: JAKARTA – THE LINK." Pada hari pertama, konser akan dimulai pukul 19.00 WIB. Kemudian di hari kedua akan dimulai pukul 14.00 WIB.

Grup itu diketahui telah berangkat dari Bandara Incheon, Korea Selatan menuju Jakarta, Indonesia pukul 4 sore waktu setempat dan tiba pukul 21, waktu Jakarta. Saat keberangkatan, merujuk sederet konten di media sosial, mereka terlihat antusias menyapa para penggemar dan media yang telah menunggu di sekitar Bandara Incheon.

Sebelumnya, NCT 127 juga pernah datang ke Indonesia untuk tampil dalam acara musik gabungan Spotify On Stage pada 2017 dan menghadiri sebuah acara penghargaan di salah satu stasiun televisi pada 2019. Tahun ini, merupakan kali ketiga mereka dapat mengunjungi Indonesia melalui tur dunia NCT 127 2nd Tour "Neo City-The Link."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.